MODUL PKG PJOK 1.3.b.3.1 PEMBELAJARAN DEFERENSIASI DALAM PJOK

 

1.3.b.3.1. Diskusi Elaborasi Isi - Pembelajaran Diferensiasi dalam PJOK

 

Langkah-langkah yang disajikan pada aktivitas sebelumnya (Contoh Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi) merupakan salah satu contoh yang bersifat inspiratif dalam mengembangkan beragam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sesuai dengan konteks yang dihadapi di sekolah masing-masing. Kami akan mengajak Ibu dan Bapak mengelaborasi pembelajaran diferensiasi pada forum diskusi LMS. Berikut pertanyaan pemantik dalam diskusi :

1.    Pernahkah Ibu dan Bapak melakukan strategi penerapan langkah diferensiasi yang sama meskipun dengan menggunakan istilah yang berbeda? 

2.    Bagaimana perasaan Ibu dan Bapak setelah mencermati kedua situasi pembelajaran tersebut? mengapa?

3.    Apa hal positif dari kedua situasi pembelajaran tersebut?

4.    Gagasan baru apa yang Ibu dan Bapak dapatkan dari kedua situasi pembelajaran tersebut

 

1.Pastinya saya pernah melakukan strategi penerapan langkah diferensiasi yang sama tetapi menggunakan istilah yang berbeda.  karena dalam pendidikan variasi terminologi yang digunakan guru sebagai sumber pemberian materi. Misalnya, satu guru mungkin menyebutnya "penugasan berdasarkan tingkat kemampuan" sementara guru lain menyebutnya "diferensiasi berdasarkan kesiapan belajar siswa". Kedua istilah tersebut merujuk pada konsep yang sama yaitu menyesuaikan tugas dan kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan individu siswa.

2.Perasaan yang Dirasakan oleh diri saya setelah mencermati kedua situasi pembelajaran adanya rasa:

o   Kepuasan: Keberhasilan strategi diferensiasi dalam kedua situasi menunjukkan bahwa pendekatan tersebut bermanfaat bagi siswa.

o   Pencerahan: Menyadari bahwa istilah yang berbeda dapat digunakan untuk mengartikulasikan konsep yang sama dapat membantu dalam mengkomunikasikan ide-ide dengan rekan sejawat atau dalam mengikuti berbagai pelatihan.

3.Hal positif dari kedua kedua situasi pembelajaran diferensiasi yang sama meskipun dengan menggunakan istilah yang berbeda diantaranya :

·       Keberhasilan Diferensiasi: Menunjukkan bahwa strategi diferensiasi efektif diterapkan dalam berbagai konteks.

·       Fleksibilitas Guru: Guru mampu mengadaptasi pendekatan yang berbeda sesuai kebutuhan tanpa terikat pada terminologi tertentu.

·       Pengembangan Siswa: Siswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka.

·       Pembelajaran Berkelanjutan: Memperoleh wawasan baru tentang penerapan strategi diferensiasi dapat mendorong pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru. 

4. Gagasan baru yang saya dapatkan dari pembelajaran diferensiasi

·       Pentingnya Adaptasi dan Fleksibilitas: Menyadari bahwa metode yang sama dapat diterapkan dengan berbagai cara dan istilah yang berbeda.

·       Kolaborasi dan Komunikasi: Pentingnya berbagi dan mendiskusikan strategi dengan rekan sejawat untuk memperkaya pemahaman bersama.

·       Pemahaman Holistik tentang Diferensiasi: Mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang bagaimana diferensiasi dapat diterapkan secara efektif dalam berbagai konteks.

·       Inovasi dalam Pengajaran: Mendorong eksplorasi metode baru dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar