MODUL PKG PJOK MODUL 2.1 KETERAMPILAN MENGAJAR PJOK YANG EPEKTIF - LK2 BERBAGI REFERENSI INSPIRATIF


 

Modul 2.1. Keterampilan Mengajar PJOK yang Efektif

LK2 MODUL 2.1.  BERBAGI REFERENSI INSPIRATIF “Penyajian Tugas Gerak

 

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pengendalian sadar atas jumlah waktu yang dihabiskan untuk aktivitas tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

1.       Memahami Penggunaan Waktu. Penggunaan waktu yang efisien dalam pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) melibatkan pengaturan waktu yang baik untuk setiap aktivitas. Ini termasuk waktu untuk belajar teori, berlatih, dan beristirahat.

2.       Menyusun Jadwal. Buatlah jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu untuk:

a.       Belajar teori PJOK (misalnya, 30 menit)

b.       Berlatih keterampilan fisik (misalnya, 1 jam)

c.        Istirahat (misalnya, 15 menit setelah setiap sesi)

3.       Prioritaskan Kegiatan. Tentukan kegiatan mana yang paling penting dan harus dilakukan terlebih dahulu. Misalnya, jika ada ujian teori, prioritaskan waktu belajar teori.

4.       Evaluasi dan Penyesuaian’ Setelah beberapa waktu, evaluasi efektivitas jadwal yang telah dibuat. Apakah Anda merasa cukup waktu untuk belajar dan berlatih? Sesuaikan jadwal jika diperlukan.

Kesimpulan

Penggunaan waktu yang efisien dalam pembelajaran PJOK melibatkan pemahaman waktu, penyusunan jadwal, prioritas kegiatan, dan evaluasi berkala.

 

Contoh 1.

 

1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik

a.                   Menetapkan Tanda / Prosedur

  • Memasang cones
  • Membubuhkan garis
  • Menyimpan media pembelajaran / tiang / bendera
  • Meniupkan peluit
  1. Mengatasi Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
  • Memanfaatkan koridor kelas untuk pelajaran PJOK
  • Pemanfaatan kelas / aula
  • Pemanfaatan halaman sekolah (tempat parkir dll)
  • Kolaborasi antar kelas apabila lapangan penuh
  • Penjadwalan / pemetaan materi bagi semua guru yang mengajar
  1. Memastikan Peserta Didik Mendengar dan Melihat
  • Meniupkan pluit
  • Memanfaatkan teknologi dengan visual (video, gambar, dll)
  • Memposisikan guru agar terlihat dan terdengar oleh siswa
  • Penguasaan kelas dengan bahasa yang jelas, instruksi yang efektif
  • Volume dan intonasi suara yang jelas agar terdengar jelas oleh siswa
  •  
  1. Penggunaan Waktu yang Efisien
  • Pemetaan alokasi waktu pembelajaran
  • Manajemen transisi yang baik 
  • Pemantauan dan evaluasi penggunaan waktu

2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Urutan Pengajaran yang dilakukan

  1. Roll depan
  • Berdiri selebar bahu di atas matras
  • Simpan kedua telapak tangan di depan ujung kaki di atas matras
  • Dagu tempelkan ke dada
  • Simpan tengkuk di matras
  • Berguling kedepan dengan sikut ditekuk kesamping
  • Tangan menangkap lutut
  • Kemudian berdiri tegak

2.                   Service bawah bola voli

  • berdiri , salah satu kaki depan
  • Pegang bola dengan tangan kiri lurus kedepan
  • Tangan tarik kebelakang
  • Ayunkan tangan kanan kedepan bersamaan bola dilepaskan
  • Timing perkenaan bola dengan lengan bagian bawah arahkan keatas depan

3. Isyarat (cue) Pembelajaran 

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Isyarat (cue) yang bisa digunakan

  1. Roll depan 
  • Verbal (menekuk sikut, mengangkat bokong, tengkuk tempelkan, dll)
  • Visual (guru mencontohkan, video atau gambar, warna atau simbol)
  • Gestur atau bahasa tubuh (tanda dengan tangan
  • Bunyi (peluit, hitungan,)
  • Lingkungan (beri tanda di matras)

2.                   Service bawah bola voli

  • Verbal (ayunkan tangan, kaki satu kedepan, kencangkan lengan, 
  • Visual (warna, angka, 
  • Gestur (mencontohkan gerakan service bawah
  • Bunyi (peluit untuk menandakan untuk gerak service bawah)

 

Contoh 2.

1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik

a.                   Menetapkan Tanda / Prosedur

  • Menyiapkan cones sebagai tanda untuk anak-anak berbaris dengan rapih, tujuannya untuk mengkondisikan siswa ketika mau memulai pembelajaran
  • Memberi tanda dengan peluit pendek 2x untuk peserta berkumpul
  • Memberi isyarat dengan tangan untuk membentuk kelompok sesuai dengan jari tangan yang diacungkan
  • Guru memberi tanda dengan kata di respom oleh peserta didik misalnya 
  • tidak dicentang

Pagi : tepuk 1x

  • tidak dicentang

Siang : tepuk 2x

  • tidak dicentang

Malam : siswa berkata ssssttttttttt

  1. Mengatasi Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
  • Melihat, memastikan kondisi lapangan atau tempat untuk melaksanakan KBM aman dan tidak berbahaya untuk digunakan pembelajaran olahraga 
  • Menghentikan sejenak aktivitas pembelajaran apabila ada kebisingan atau kegiatan yang dapat menganggu jalannya pembelajaran
  1. Memastikan Peserta Didik Mendengar dan Melihat
  • Membuat suatu yel-yel atau gerakan tertentu terhadap peserta didik agar dapat menarik perhatian mereka, sehingga mereka bisa fokus mengikuti pembelajaran
  • Mengeluarkan suara yang lantang dalam pemberian intruksi
  • Memperhatikan dengan seksama dari masing - masing peserta didik
  • Menghampiri peserta didik yang kedapatan ngobrol atau tidak memperthatikan.
  • Menyebut nama peserta didik yang dalam keadaan kurang fokus
  1. Penggunaan Waktu yang Efisien
  • Membuat alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
  • Penjelasan materi secara singkat dan pemilihan bahasa yang dapat dimengerti dan mudah dipahami oleh peserta didik.
  • Pemberian jeda waktu untuk minum 

2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Urutan Pengajaran yang dilakukan

1. Keterampilan dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif

  • Berjalan
  • Berlari
  • Meloncat
  • melempar

2. Permainan olahraga bola besar (Sepak Bola)

  • Mengoper bola
  • Menendang bola
  • Menggiring bola

3. Isyarat (cue) Pembelajaran 

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Isyarat (cue) yang bisa digunakan

1.Keterampilan dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif

  • lokomotor: tangan kanan mengepal
  • nonlokomotor : tangan kiri mengepal
  • manipulatif : kedua tangan mengepal

2.Permainan olahraga bola besar (Sepak Bola)

  • Hijau : mengoper bola
  • Hitam : menendang bola
  • Biru : menggiring bola

 

Contoh 3.

1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik

a.                   Menetapkan Tanda / Prosedur

  • Memberikan hitungan
  • Menggunakan peluit
  • Menggunakan isyarat tangan
  1. Mengatasi Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
  • Memanfaat sumber daya/fasilitas yg dimiliki
  • Siswa berbaris membelakangi sinar matahari
  • Memanfaat lingkungan sekitar
  1. Memastikan Peserta Didik Mendengar dan Melihat
  • Menggunakan instruksi/nada/bahasa yang jelas
  • Menggunakan aktivitas yang menarik perhatian (ice breaking)
  1. Penggunaan Waktu yang Efisien
  • Perencanaan pembelajaran
  • Konsep pembelajaran yang baik
  • Penyampaian materi/tugas gerak yang jelas

2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Urutan Pengajaran yang dilakukan

  1. Kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif
  • Berlari 
  • Melompat
  • Melempar 

2.                   Permainan bola kecil

  • Lempar tangkap bola
  • Saling mengoper sesama teman
  • Lempar bola ke target

3. Isyarat (cue) Pembelajaran 

Keterampilan Gerak yang diajarkan

Isyarat (cue) yang bisa digunakan

  1. Keterampilan variasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif
  • Pembagian kelompok dengan hitungan (yang sama angka nya 1 tim)
  • Pembagian tugas gerak dengan tanda…

2.                   Variasi gerak manipulatif dengan menggunakan bola kecil

  • Pembagian kelompok dengan memilih bola yang ada nomor nya

Pelaksanaan pembelajaran

  • Siswa mengambil bola sesuai intruksi guru (ambil bola angka/warna)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar