Modul 2.1. Keterampilan Mengajar PJOK
yang Efektif
LK2 MODUL 2.1. BERBAGI
REFERENSI INSPIRATIF “Penyajian Tugas Gerak”
Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
pengendalian sadar atas jumlah waktu yang dihabiskan untuk aktivitas tertentu,
terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.
1. Memahami
Penggunaan Waktu. Penggunaan waktu yang efisien dalam pembelajaran PJOK
(Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) melibatkan pengaturan waktu yang
baik untuk setiap aktivitas. Ini termasuk waktu untuk belajar teori, berlatih,
dan beristirahat.
2. Menyusun
Jadwal. Buatlah jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu untuk:
a. Belajar
teori PJOK (misalnya, 30 menit)
b. Berlatih
keterampilan fisik (misalnya, 1 jam)
c.
Istirahat (misalnya, 15 menit setelah setiap
sesi)
3. Prioritaskan
Kegiatan. Tentukan kegiatan mana yang paling penting dan harus dilakukan
terlebih dahulu. Misalnya, jika ada ujian teori, prioritaskan waktu belajar
teori.
4. Evaluasi
dan Penyesuaian’ Setelah beberapa waktu, evaluasi efektivitas jadwal yang
telah dibuat. Apakah Anda merasa cukup waktu untuk belajar dan berlatih?
Sesuaikan jadwal jika diperlukan.
Kesimpulan
Penggunaan waktu yang efisien dalam pembelajaran PJOK
melibatkan pemahaman waktu, penyusunan jadwal, prioritas kegiatan, dan evaluasi
berkala.
Contoh 1.
1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik
a.
Menetapkan Tanda / Prosedur
- Memasang
cones
- Membubuhkan
garis
- Menyimpan
media pembelajaran / tiang / bendera
- Meniupkan
peluit
- Mengatasi
Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
- Memanfaatkan
koridor kelas untuk pelajaran PJOK
- Pemanfaatan
kelas / aula
- Pemanfaatan
halaman sekolah (tempat parkir dll)
- Kolaborasi
antar kelas apabila lapangan penuh
- Penjadwalan
/ pemetaan materi bagi semua guru yang mengajar
- Memastikan
Peserta Didik Mendengar dan Melihat
- Meniupkan
pluit
- Memanfaatkan
teknologi dengan visual (video, gambar, dll)
- Memposisikan
guru agar terlihat dan terdengar oleh siswa
- Penguasaan
kelas dengan bahasa yang jelas, instruksi yang efektif
- Volume
dan intonasi suara yang jelas agar terdengar jelas oleh siswa
-
- Penggunaan
Waktu yang Efisien
- Pemetaan
alokasi waktu pembelajaran
- Manajemen
transisi yang baik
- Pemantauan
dan evaluasi penggunaan waktu
|
2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Urutan Pengajaran yang dilakukan
|
- Roll
depan
|
- Berdiri
selebar bahu di atas matras
- Simpan
kedua telapak tangan di depan ujung kaki di atas matras
- Dagu
tempelkan ke dada
- Simpan
tengkuk di matras
- Berguling
kedepan dengan sikut ditekuk kesamping
- Tangan
menangkap lutut
- Kemudian
berdiri tegak
|
2.
Service bawah bola voli
|
- berdiri
, salah satu kaki depan
- Pegang
bola dengan tangan kiri lurus kedepan
- Tangan
tarik kebelakang
- Ayunkan
tangan kanan kedepan bersamaan bola dilepaskan
- Timing
perkenaan bola dengan lengan bagian bawah arahkan keatas depan
|
3. Isyarat (cue) Pembelajaran
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Isyarat (cue) yang bisa digunakan
|
- Roll
depan
|
- Verbal
(menekuk sikut, mengangkat bokong, tengkuk tempelkan, dll)
- Visual
(guru mencontohkan, video atau gambar, warna atau simbol)
- Gestur
atau bahasa tubuh (tanda dengan tangan
- Bunyi
(peluit, hitungan,)
- Lingkungan
(beri tanda di matras)
|
2.
Service bawah bola voli
|
- Verbal
(ayunkan tangan, kaki satu kedepan, kencangkan lengan,
- Visual
(warna, angka,
- Gestur
(mencontohkan gerakan service bawah
- Bunyi
(peluit untuk menandakan untuk gerak service bawah)
|
Contoh 2.
1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik
a.
Menetapkan Tanda / Prosedur
- Menyiapkan
cones sebagai tanda untuk anak-anak berbaris dengan rapih, tujuannya
untuk mengkondisikan siswa ketika mau memulai pembelajaran
- Memberi
tanda dengan peluit pendek 2x untuk peserta berkumpul
- Memberi
isyarat dengan tangan untuk membentuk kelompok sesuai dengan jari tangan
yang diacungkan
- Guru
memberi tanda dengan kata di respom oleh peserta didik misalnya
Pagi : tepuk 1x
Siang : tepuk 2x
Malam : siswa berkata ssssttttttttt
- Mengatasi
Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
- Melihat,
memastikan kondisi lapangan atau tempat untuk melaksanakan KBM aman dan
tidak berbahaya untuk digunakan pembelajaran olahraga
- Menghentikan
sejenak aktivitas pembelajaran apabila ada kebisingan atau kegiatan yang
dapat menganggu jalannya pembelajaran
- Memastikan
Peserta Didik Mendengar dan Melihat
- Membuat
suatu yel-yel atau gerakan tertentu terhadap peserta didik agar dapat
menarik perhatian mereka, sehingga mereka bisa fokus mengikuti
pembelajaran
- Mengeluarkan
suara yang lantang dalam pemberian intruksi
- Memperhatikan
dengan seksama dari masing - masing peserta didik
- Menghampiri
peserta didik yang kedapatan ngobrol atau tidak memperthatikan.
- Menyebut
nama peserta didik yang dalam keadaan kurang fokus
- Penggunaan
Waktu yang Efisien
- Membuat
alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
- Penjelasan
materi secara singkat dan pemilihan bahasa yang dapat dimengerti dan
mudah dipahami oleh peserta didik.
- Pemberian
jeda waktu untuk minum
|
2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Urutan Pengajaran yang dilakukan
|
1. Keterampilan dasar lokomotor, non lokomotor dan
manipulatif
|
- Berjalan
- Berlari
- Meloncat
- melempar
|
2. Permainan olahraga bola besar (Sepak Bola)
|
- Mengoper
bola
- Menendang
bola
- Menggiring
bola
|
3. Isyarat (cue) Pembelajaran
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Isyarat (cue) yang bisa digunakan
|
1.Keterampilan dasar lokomotor, non lokomotor dan
manipulatif
|
- lokomotor:
tangan kanan mengepal
- nonlokomotor
: tangan kiri mengepal
- manipulatif
: kedua tangan mengepal
|
2.Permainan olahraga bola besar (Sepak Bola)
|
- Hijau
: mengoper bola
- Hitam
: menendang bola
- Biru
: menggiring bola
|
Contoh 3.
1. Mendapatkan Perhatian dari Peserta Didik
a.
Menetapkan Tanda / Prosedur
- Memberikan
hitungan
- Menggunakan
peluit
- Menggunakan
isyarat tangan
- Mengatasi
Faktor Lingkungan dalam Pembelajaran
- Memanfaat
sumber daya/fasilitas yg dimiliki
- Siswa
berbaris membelakangi sinar matahari
- Memanfaat
lingkungan sekitar
- Memastikan
Peserta Didik Mendengar dan Melihat
- Menggunakan
instruksi/nada/bahasa yang jelas
- Menggunakan
aktivitas yang menarik perhatian (ice breaking)
- Penggunaan
Waktu yang Efisien
- Perencanaan
pembelajaran
- Konsep
pembelajaran yang baik
- Penyampaian
materi/tugas gerak yang jelas
|
2. Menahapkan Konten dan Aspek Organisasi Penugasan
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Urutan Pengajaran yang dilakukan
|
- Kombinasi
gerak dasar lokomotor dan manipulatif
|
- Berlari
- Melompat
- Melempar
|
2.
Permainan bola kecil
|
- Lempar
tangkap bola
- Saling
mengoper sesama teman
- Lempar
bola ke target
|
3. Isyarat (cue) Pembelajaran
|
Keterampilan Gerak yang diajarkan
|
Isyarat (cue) yang bisa digunakan
|
- Keterampilan
variasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif
|
- Pembagian
kelompok dengan hitungan (yang sama angka nya 1 tim)
- Pembagian
tugas gerak dengan tanda…
|
2.
Variasi gerak manipulatif dengan menggunakan
bola kecil
|
- Pembagian
kelompok dengan memilih bola yang ada nomor nya
Pelaksanaan pembelajaran
- Siswa
mengambil bola sesuai intruksi guru (ambil bola angka/warna)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar