MODUL PKG PJOK 1.5.c KEKUATAN PEMAHAMAN PENGEMBANGAN KURIKULUM


 

1.5.c. Kuatkan Pemahaman - Pengembangan Kurikulum PJOK

SOAL

1.      Apa yang Bapak dan Ibu harapkan dari peserta didik, agar mereka mampu mengetahui (pengetahuan) dan mampu melakukan (keterampilan) sebagai hasil dari program PJOK?

2.      Bagaimana cara Bapak dan Ibu mengetahui ketika mereka telah berhasil mencapainya?

3.      Bagaimana Bapak dan Ibu menghantarkan mereka sampai pada tujuan yang diharapkan dengan cara-cara yang semenantang dan semenarik mungkin?

4.      Apa yang Ibu/Bapak dan Ibu maknai ketika mencoba mengembangkan kurikulum berdasarkan program PJOK tadi jika dimulai dari harapan akhir atau capaian akhir yang diinginkan?

 

JAWABAN

1.     Hal ini mengacu pada pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan diperoleh siswa dari program pendidikan jasmani. Hal ini mencakup pemahaman kognitif tentang aktivitas fisik dan kemampuan praktis untuk melakukan berbagai latihan dan aktivitas.

1.1.Identifikasi Harapan Pengetahuan

Bapak dan Ibu berharap peserta didik memiliki pengetahuan tentang konsep dasar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), termasuk pemahaman tentang pentingnya aktivitas fisik, kesehatan, dan kebugaran.

1.2. Identifikasi Harapan Keterampilan

Peserta didik diharapkan mampu melakukan berbagai keterampilan fisik, seperti teknik dasar dalam olahraga, gerakan senam, dan permainan, serta mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

1.3. Penekanan pada Sikap

Selain pengetahuan dan keterampilan, diharapkan peserta didik juga mengembangkan sikap positif terhadap olahraga dan kesehatan, seperti disiplin, kerja sama, dan sportivitas.

Bapak dan Ibu berharap peserta didik dapat memahami konsep PJOK, menguasai keterampilan fisik, dan mengembangkan sikap positif terhadap kesehatan dan olahraga.

 

2.     Pencapaian tujuan mengacu pada keberhasilan penyelesaian suatu tujuan. Hal ini melibatkan penetapan tujuan yang jelas, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu (SMART), pengembangan rencana untuk mencapainya, dan pemantauan kemajuan selama proses tersebut. Keberhasilan ditentukan oleh sejauh mana tujuan tercapai.

Pertanyaan ini bersifat reflektif dan lebih berkaitan dengan pencapaian pribadi atau tujuan hidup. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjawabnya:

2.1. Tentukan Tujuan

Identifikasi apa yang ingin dicapai. Misalnya, apakah itu tujuan karir, pendidikan, atau kehidupan pribadi.

2.2. Kriteria Keberhasilan

Tentukan kriteria atau indikator yang menunjukkan bahwa tujuan tersebut telah tercapai. Ini bisa berupa pencapaian tertentu, pengakuan dari orang lain, atau perasaan pribadi.

2.3. Evaluasi Diri

Lakukan evaluasi diri secara berkala untuk melihat apakah kriteria keberhasilan tersebut telah terpenuhi. Ini bisa dilakukan melalui refleksi, jurnal, atau diskusi dengan orang lain.

2.4. Umpan Balik

Dapatkan umpan balik dari orang lain, seperti teman, keluarga, atau mentor, untuk mendapatkan perspektif tambahan tentang pencapaian Anda.

Keberhasilan dapat diketahui melalui pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, kriteria yang jelas, evaluasi diri, dan umpan balik dari orang lain.

 

3.     Motivasi dan keterlibatan mengacu pada strategi dan teknik yang digunakan untuk menginspirasi dan melibatkan individu dalam mencapai suatu tujuan. Fokusnya adalah menciptakan lingkungan yang merangsang dan menantang untuk menumbuhkan minat dan komitmen.

3.1 Identifikasi Tujuan

Tentukan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pengantaran. Misalnya, apakah tujuannya untuk memberikan pendidikan, pengalaman, atau keterampilan tertentu?

3.2. Pilih Metode Pengantaran

Pilih metode yang menarik dan menantang, seperti:

a.      Menggunakan permainan atau simulasi.

b.      Mengadakan diskusi interaktif.

c.      Menggunakan teknologi, seperti video atau aplikasi pembelajaran.

3.3. Rencanakan Aktivitas

Rencanakan aktivitas yang sesuai dengan metode yang dipilih. Pastikan aktivitas tersebut melibatkan partisipasi aktif dari mereka.

3.4. Evaluasi dan Umpan Balik

Setelah aktivitas, lakukan evaluasi untuk mengetahui apakah tujuan tercapai. Berikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan di masa depan.

Menghantarkan mereka dengan cara yang menarik dan menantang melibatkan identifikasi tujuan, pemilihan metode yang sesuai, perencanaan aktivitas yang interaktif, dan evaluasi hasil.

 

4.       Pengembangan kurikulum adalah proses merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pendidikan. Proses ini melibatkan penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan konten yang sesuai, dan pemilihan metode pengajaran yang akan membantu siswa mencapai tujuan tersebut.

4.1. Memahami Konsep Kurikulum

Kurikulum adalah rencana pembelajaran yang mencakup tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Dalam konteks PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan), penting untuk memahami apa yang ingin dicapai melalui program ini.

4.2. Menentukan Capaian Akhir

Capaian akhir adalah hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Dalam PJOK, ini bisa berupa:

a.      Peningkatan kebugaran fisik siswa.

b.     Pengembangan keterampilan olahraga.

c.      Pemahaman tentang pentingnya kesehatan dan gaya hidup aktif.

4.3. Mengembangkan Kurikulum Berdasarkan Capaian

Setelah menentukan capaian akhir, langkah selanjutnya adalah merancang kurikulum yang mendukung pencapaian tersebut. Ini meliputi:

a.      Menyusun materi ajar yang relevan.

b.     Menentukan metode pengajaran yang efektif (misalnya, praktik langsung, teori, dan diskusi).

c.      Merancang evaluasi untuk mengukur pencapaian siswa.

4.4. Mengintegrasikan Nilai dan Sikap

Selain aspek fisik, penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai seperti kerja sama, disiplin, dan sportivitas dalam kurikulum. Ini akan membantu siswa tidak hanya dalam aspek fisik tetapi juga dalam pengembangan karakter.

 

Mengembangkan kurikulum PJOK berdasarkan capaian akhir berarti merancang rencana pembelajaran yang fokus pada peningkatan kebugaran fisik, keterampilan olahraga, dan pemahaman kesehatan, sambil mengintegrasikan nilai-nilai karakter.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar