MODUL PKG PJOK 1.6.c KUATKAN PEMAHAMAN - REFLEKSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PJOK KERJAKAN 4 SOAL

 

1.6.c. Kuatkan Pemahaman - Refleksi Perencanaan Pembelajaran PJOK kerjakan 4 soal

Soal 1

Apa yang Ibu/Bapak harapkan dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan perencanaan yang Ibu/Bapak susun?

JAWABAN

Harapan saya terhadap partisipasi dan kinerja siswa dalam suatu pembelajaran PJOK antara lain :

1.       Bsa mencakup pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, atau kemampuan berkolaborasi.

2.       Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, atau metode lainnya? Ini akan mempengaruhi harapan yang diinginkan.

3.       Membuat kriteria penilaian yang jelas untuk mengukur pencapaian peserta didik. Ini bisa berupa tugas, ujian, atau proyek yang menunjukkan pemahaman dan keterampilan yang telah diajarkan.

4.       Mengkomunikasikan harapan tersebut kepada peserta didik. Ini penting agar mereka memahami apa yang diharapkan dari mereka dan dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Saya berharap peserta didik dapat memahami materi, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan berkolaborasi dengan baik, melalui metode pembelajaran yang telah direncanakan dan kriteria penilaian yang jelas.

Soal 2

Bagaimana cara Ibu/Bapak mengetahui ketika mereka telah berhasil mencapainya?

JAWABAN

Pencapaian tujuan mengacu pada penyelesaian tujuan yang berhasil. Hal ini melibatkan penetapan tujuan yang jelas, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu / SMART (setting clear, measurable, achievable, relevant, and time-bound), pengembangan rencana untuk mencapainya, mengambil tindakan, memantau kemajuan, dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan. Pertanyaan ini bersifat reflektif dan dapat dijawab dengan langkah-langkah berikut:

1.       Identifikasi tujuan yang ingin dicapai. Apakah itu tujuan pribadi, profesional, atau akademis? Mengetahui apa yang ingin dicapai adalah langkah pertama.

2.       Tentukan kriteria atau indikator yang menunjukkan bahwa tujuan tersebut telah tercapai. Ini bisa berupa pencapaian tertentu, pengakuan dari orang lain, atau perasaan pribadi.

3.       Lakukan evaluasi diri secara berkala untuk melihat apakah kriteria keberhasilan tersebut telah terpenuhi. Ini bisa dilakukan melalui refleksi, jurnal, atau diskusi dengan orang lain.

4.       Dapatkan umpan balik dari orang lain yang relevan, seperti mentor, teman, atau kolega. Umpan balik ini dapat memberikan perspektif tambahan tentang pencapaian Anda.

Sehingga saya dapat mengetahui keberhasilan dengan menetapkan tujuan yang jelas, menentukan kriteria keberhasilan, melakukan evaluasi diri, dan mencari umpan balik dari orang lain.

Soal 3

Apakah perencanaan pembelajaran yang Ibu/Bapak susun sudah mempertimbangkan  tingkat perkembangan, minat, dan kebutuhan khusus peserta didik? Jika iya, jelaskan dan jika tidak, mengapa?

JAWABAN

Perencanaan kurikulum adalah proses merancang, mengembangkan, dan menerapkan kurikulum. Proses ini melibatkan pertimbangan kebutuhan peserta didik, tujuan sistem pendidikan, dan sumber daya yang tersedia. Adapun langkah-langkah adalah sebebagai berikut :

1.       Pertanyaan ini meminta untuk mengevaluasi apakah perencanaan pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) telah mempertimbangkan aspek perkembangan, minat, dan kebutuhan khusus peserta didik.

2.       Perencanaan pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, sosial, dan emosional peserta didik. Misalnya, untuk anak-anak, aktivitas yang lebih menyenangkan dan interaktif mungkin lebih efektif.

3.       Mengetahui minat peserta didik sangat penting. Jika perencanaan mencakup olahraga atau aktivitas yang mereka sukai, maka motivasi dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran akan meningkat.

4.       Peserta didik dengan kebutuhan khusus memerlukan pendekatan yang berbeda. Perencanaan harus mencakup modifikasi atau adaptasi untuk memastikan semua siswa dapat berpartisipasi secara aktif.

5.       Evaluasi menyeluruh, jika perencanaan sudah mempertimbangkan ketiga aspek di atas, maka dapat dikatakan sudah baik. Jika tidak, perlu dilakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan semua peserta didik.

Perencanaan pembelajaran PJOK harus mempertimbangkan tingkat perkembangan, minat, dan kebutuhan khusus peserta didik untuk mencapai efektivitas pembelajaran. Jika belum, perlu dilakukan penyesuaian.

Soal 4

Apa yang Ibu/Bapak maknai ketika menyusun perencanaan pembelajaran PJOK jika dimulai dari capaian akhir yang diinginkan?

JAWABAN

Pendekatan perencanaan pembelajaran yang dimulai dengan hasil pembelajaran yang diharapkan, kemudian bekerja mundur untuk merancang penilaian dan pengalaman belajar yang akan membantu siswa mencapai hasil tersebut. Adapun capaian akhir yang ingin dicapai adalah :

1.       Capaian akhir dalam perencanaan pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) adalah tujuan yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan.

2.       Setelah memahami capaian akhir, langkah selanjutnya adalah menentukan indikator keberhasilan yang spesifik. Indikator ini akan membantu dalam mengukur apakah siswa telah mencapai capaian akhir yang ditetapkan.

3.       Berdasarkan capaian akhir dan indikator keberhasilan, rancanglah aktivitas pembelajaran yang relevan. Aktivitas ini harus mampu mendukung siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4.       Evaluasi perlu dirancang untuk mengukur pencapaian siswa terhadap capaian akhir. Ini bisa berupa tes, observasi, atau penilaian praktik yang sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.

Menyusun perencanaan pembelajaran PJOK dari capaian akhir berarti memulai dengan tujuan yang jelas, menentukan indikator keberhasilan, merancang aktivitas yang mendukung, dan menyusun evaluasi untuk mengukur pencapaian siswa.

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar