MODUL PKG PJOK 1.6.d. LAKUKAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PJOK


 1.6.d. Lakukan - Perencanaan Pembelajaran PJOK

TUGAS

  1. Menyempurnakan RPP/Modul Ajar berdasarkan hasil analisis pada sesi sinkronus bersama fasilitator dan mengunggah hasil perbaikan RPP/Modul Ajar sesuai dengan langkah-langkah backward design.
  2. Pada bagian lakukan modul 1.6. Perencanaan Pembelajaran PJOK ini akan menjadi bagian awal dari penilaian aksi nyata di akhir paket modul 2. Ibu/Bapak diberikan waktu pengerjaan dan akan diunggah bersamaan dengan perangkat tugas lakukan lainnya pada alur aksi nyata.

JAWABAN

1.      Desain mundur merupakan pendekatan desain kurikulum yang dimulai dengan hasil pembelajaran yang diinginkan dan kemudian bekerja mundur untuk merencanakan penilaian dan kegiatan pengajaran. Adapun hasil analisis dengan fasilitator adalah sebagai berikut :

A.     Memahami Konsep Backward design adalah pendekatan perencanaan pembelajaran yang dimulai dengan menentukan hasil belajar yang diinginkan, kemudian merencanakan penilaian, dan terakhir merancang kegiatan pembelajaran.

B.      Tentukan Hasil Belajar. Identifikasi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam modul PJOK. Misalnya, siswa dapat memahami dan menerapkan teknik dasar dalam olahraga tertentu.

C.      Rencanakan Penilaian. Tentukan bagaimana saya akan mengukur pencapaian hasil belajar. Ini bisa berupa tes praktis, kuis, atau proyek. Pastikan penilaian tersebut relevan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

D.     Rancang Kegiatan Pembelajaran. Buat rencana kegiatan yang mendukung pencapaian hasil belajar. Misalnya, jika tujuan belajar adalah teknik dasar sepak bola, rencanakan sesi latihan, diskusi, dan evaluasi.

E.      Untuk Perbaiki RPP/Modul Ajar. Berdasarkan analisis dari sesi sinkronus, lakukan perbaikan pada RPP atau modul ajar Anda. Pastikan semua elemen backward design sudah terintegrasi dengan baik.

Setelah RPP/Modul Ajar selesai diperbaiki, dokumen tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh fasilitator. RPP/Modul Ajar yang telah diperbaiki berdasarkan backward design siap diunggah setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas.

 

2.      Perencanaan pelajaran adalah proses sistematis untuk merancang dan mengatur kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Proses ini meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan metode pengajaran yang tepat, pembuatan kegiatan yang menarik, dan penilaian pembelajaran siswa.

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Senam Lantai dengan Konsep Backward Design :

1: Identifikasi Hasil Belajar

Tentukan tujuan akhir dari pembelajaran senam lantai. Misalnya:

  • Siswa dapat melakukan gerakan dasar senam lantai dengan baik dan benar.
  • Siswa memahami manfaat senam lantai bagi kesehatan.

2. Tentukan Bukti Pembelajaran

Tentukan bagaimana siswa akan menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tujuan tersebut. Misalnya:

  • Siswa melakukan demonstrasi gerakan senam lantai di depan kelas.
  • Siswa mengisi kuis tentang manfaat senam lantai.

3. Rencanakan Aktivitas Pembelajaran

Rencanakan kegiatan yang akan membantu siswa mencapai hasil belajar. Misalnya:

  1. Pendahuluan (10 menit):
    • Penjelasan tentang senam lantai dan manfaatnya.
    • Diskusi singkat tentang gerakan yang akan dipelajari.
  2. Inti (30 menit):
    • Demonstrasi gerakan dasar (misalnya: roll depan, roll belakang, dan handstand).
    • Latihan gerakan secara berkelompok.
    • Umpan balik dari guru dan teman sekelas.
  3. Penutup (10 menit):
    • Tanya jawab tentang gerakan yang telah dipelajari.
    • Penugasan untuk mempraktikkan gerakan di rumah.

4. Penilaian

Tentukan cara penilaian untuk mengukur pencapaian siswa. Misalnya:

  • Penilaian praktis: Mengamati siswa saat melakukan gerakan.
  • Penilaian tertulis: Kuis tentang teknik dan manfaat senam lantai.

5. Sumber Belajar

Identifikasi sumber belajar yang akan digunakan. Misalnya:

  • Buku panduan senam lantai.
  • Video tutorial gerakan senam lantai.

Jawaban Akhir

RPP senam lantai ini mengikuti konsep backward design dengan fokus pada hasil belajar, bukti pembelajaran, aktivitas yang mendukung, penilaian, dan sumber belajar yang relevan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar