1.6.e.
Refleksi - Perencanaan Pembelajaran PJOK
1.
Setelah mempelajari modul ini
pencapaian apa yang Ibu/Bapak dapatkan?
Setelah mempelajari modul Perencanaan Pembelajaran
membuat saya menjadi lebih memahami dalam menyususn perencanaan pembelajaran
PJOK dengan menggunakan backward Desain untuk membuat Langkah – Langkah
perencanaan yang komprehensif dan terstruktur untuk merancang pembelajaran PJOK
yang berkualitas seperti :
1) Pemahaman
Konsep Perencanaan Pembelajaran PJOK yang Efektif
2) Kemampuan
Menyusun Rencana Pembelajaran PJOK yang Berkualitas
3) Peningkatan
Keterampilan Mengajar PJOK yang Efektif
4) Penguasaan
Penilaian Pembelajaran PJOK yang Tepat
5) Kemampuan
Memahami dan Menerapkan Kurikulum PJOK Terbaru
6) Peningkatan
Keterampilan Kolaborasi dan Komunikas
7) Peningkatan
Keterampilan Refleksi Diri dan Pengembangan Profesional
2.
Hal apa yang menjadi kekuatan dan
kelemahan Ibu/Bapak dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran?
Ada Unsur Kekuatan dan Kelemahan saya
dalam mengembangkan Perencanaan Pembelajaran PJOK dengan Menggunakan Backward
Desain :
Kekuatan Yang saya miliki:
Saya dapat memahami dan membuat
pengembangan perencanaan pembelajaran PJOK Bacward Desain yang berpusat pada
peserta didik, Memahami kebutuhan, minat, dan kemampuan individu peserta didik.
Sehingga peserta didik merasa senang, menarik minat dan antusias peserta didk
di dalam mengikuti setiap materi PJOK pada saat proses pembelajaran
Kelemahan Saya :
Terkadang Muncul Rasa Capek dan Jenuh setiap membuat
perencanaan pembelajaran yang menarik seperti Modul Ajar di setiap materi dan
harus juga tetap memperhatikan diferensiasi peserta didik.
3. Langkah-langkah
apa yang akan Ibu/Bapak kembangkan pada diri Ibu/Bapak agar menjadi guru PJOK
yang profesional?
a. Saya
Selalu Memempelajari Ulang Dari setiap materi dan Modul dalam Pelatihan PPKG
PJOK ini dan Mengingat apa yang telah di sampaikan oleh Fasilitator saya
b. Membuat
dan mempraktikkannnya dari setiap pengetahuan yang di dapat untuk mengembangkan
perencanaan pembelajaran PJOK
c. Meningkatkan
kemampuan dan Mengembangkan Variasi Metode Mengajar, seperti Manfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung proses belajar
mengajar PJOK, seperti video pembelajaran, aplikasi edukasi, dan media sosial.
d. Menerapkan
Diferensiasi Pembelajaran: Sesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan
kemampuan individu peserta didik untuk memaksimalkan potensi belajar mereka.
e. Berbagi
Pengalaman dan Praktik Terbaik: Berkolaborasi dengan rekan guru PJOK untuk
saling berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik dalam mengajar.
f. Melakukan
Refleksi dan Pengembangan Diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar