MODUL PKG PJOK 1.6.e. REFLEKSI - PERENCANAAN PEMBELAJARAN PJOK


 

1.6.e. Refleksi - Perencanaan Pembelajaran PJOK

 

1.    Setelah mempelajari modul ini pencapaian apa yang Ibu/Bapak dapatkan?

Setelah mempelajari modul Perencanaan Pembelajaran membuat saya menjadi lebih memahami dalam menyususn perencanaan pembelajaran PJOK dengan menggunakan backward Desain untuk membuat Langkah – Langkah perencanaan yang komprehensif dan terstruktur untuk merancang pembelajaran PJOK yang berkualitas seperti :

1)    Pemahaman Konsep Perencanaan Pembelajaran PJOK yang Efektif

2)    Kemampuan Menyusun Rencana Pembelajaran PJOK yang Berkualitas

3)    Peningkatan Keterampilan Mengajar PJOK yang Efektif

4)    Penguasaan Penilaian Pembelajaran PJOK yang Tepat

5)    Kemampuan Memahami dan Menerapkan Kurikulum PJOK Terbaru

6)    Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikas

7)    Peningkatan Keterampilan Refleksi Diri dan Pengembangan Profesional

 

2.   Hal apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Ibu/Bapak dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran?

Ada Unsur Kekuatan dan Kelemahan saya dalam mengembangkan Perencanaan Pembelajaran PJOK dengan Menggunakan Backward Desain :

Kekuatan Yang saya miliki:

Saya dapat memahami dan membuat pengembangan perencanaan pembelajaran PJOK Bacward Desain yang berpusat pada peserta didik, Memahami kebutuhan, minat, dan kemampuan individu peserta didik. Sehingga peserta didik merasa senang, menarik minat dan antusias peserta didk di dalam mengikuti setiap materi PJOK pada saat proses pembelajaran

Kelemahan Saya :

Terkadang Muncul Rasa Capek dan Jenuh setiap membuat perencanaan pembelajaran yang menarik seperti Modul Ajar di setiap materi dan harus juga tetap memperhatikan diferensiasi peserta didik.

 

3.    Langkah-langkah apa yang akan Ibu/Bapak kembangkan pada diri Ibu/Bapak agar menjadi guru PJOK yang profesional?

a.     Saya Selalu Memempelajari Ulang Dari setiap materi dan Modul dalam Pelatihan PPKG PJOK ini dan Mengingat apa yang telah di sampaikan oleh Fasilitator saya

b.     Membuat dan mempraktikkannnya dari setiap pengetahuan yang di dapat untuk mengembangkan perencanaan pembelajaran PJOK

c.     Meningkatkan kemampuan dan Mengembangkan Variasi Metode Mengajar, seperti Manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung proses belajar mengajar PJOK, seperti video pembelajaran, aplikasi edukasi, dan media sosial.

d.     Menerapkan Diferensiasi Pembelajaran: Sesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan individu peserta didik untuk memaksimalkan potensi belajar mereka.

e.     Berbagi Pengalaman dan Praktik Terbaik: Berkolaborasi dengan rekan guru PJOK untuk saling berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik dalam mengajar.

f.      Melakukan Refleksi dan Pengembangan Diri

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar