MODUL PKG PJOK 1.5 ELABORASI ISI PENGEMBANGAN KURIKULUM PJOK

 

1.5.b. Elaborasi Isi - Pengembangan Kurikulum PJOK

SOAL

  1. Bagaimana Bapak dan Ibu selama ini merancang program PJOK sebagai bagian dari pengembangan kurikulum mata pelajaran PJOK?
  2. Apa saja yang selama ini Bapak dan Ibu anggap menjadi sesuatu yang bernilai untuk dipelajari murid di kelas PJOK?
  3. Bagaimana Bapak dan Ibu akan mengintegrasikan itu semua ke dalam proses pengembangan kurikulum mata pelajaran PJOK yang sekarang berlaku?

 

JAWABAN :

1.     Pengembangan kurikulum adalah proses merancang, menerapkan, dan mengevaluasi program pendidikan. Proses ini melibatkan identifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan konten yang sesuai, dan pengembangan metode penilaian. Ada beberapa Langkah pengembangan kurikulum mata Pelajaran PJOK, diantanya :

1.1: Memahami Tujuan Kurikulum PJOK. Identifikasi tujuan dari pengembangan kurikulum PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan). Tujuan ini biasanya mencakup pengembangan fisik, mental, dan sosial siswa melalui aktivitas olahraga dan kesehatan.

1.2: Analisis Kebutuhan Siswa. Lakukan analisis kebutuhan siswa untuk menentukan apa yang perlu diajarkan. Ini bisa melibatkan survei, wawancara, atau observasi untuk memahami minat dan kemampuan siswa dalam bidang olahraga dan kesehatan.

1.3: Merancang Program. Berdasarkan tujuan dan analisis kebutuhan, rancang program PJOK yang mencakup:

a.      Kegiatan Fisik: Jenis olahraga yang akan diajarkan.

b.      Teori Kesehatan: Materi tentang gizi, kebugaran, dan kesehatan mental.

c.      Metode Pengajaran: Pendekatan yang akan digunakan, seperti pembelajaran aktif, kolaboratif, atau berbasis proyek.

1.4: Evaluasi dan Penyesuaian. Tentukan cara untuk mengevaluasi efektivitas program. Ini bisa meliputi penilaian formatif dan sumatif, serta umpan balik dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil evaluasi, lakukan penyesuaian pada program untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

Kesimpulan

Program PJOK dirancang dengan memahami tujuan kurikulum, menganalisis kebutuhan siswa, merancang kegiatan fisik dan teori kesehatan, serta melakukan evaluasi dan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas pengajaran.

 

2.     Pengembangan kurikulum adalah proses merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pendidikan. Proses ini melibatkan identifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan konten yang sesuai, dan pengembangan metode untuk mengajar dan menilai pembelajaran siswa.Untuk menjadi sesuatu yang bernilai bagi murid pada pembelajaran PJOK adalah sebagai berikut :

2.1: Identifikasi Nilai dalam Pembelajaran PJOK. Pertama, kita perlu mengidentifikasi nilai-nilai penting yang dapat diajarkan dalam kelas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Beberapa nilai yang sering dianggap penting adalah:

a.      Kesehatan fisik

b.      Kerjasama tim

c.      Disiplin

d.      Sportivitas

e.      Keterampilan motorik

2.2: Menentukan Keterampilan dan Pengetahuan. Selanjutnya, kita harus menentukan keterampilan dan pengetahuan spesifik yang mendukung nilai-nilai tersebut. Misalnya:

a.      Kesehatan fisik: Pengetahuan tentang gizi dan kebugaran

b.      Kerjasama tim: Aktivitas permainan kelompok

c.      Disiplin: Aturan permainan dan latihan rutin

d.      Sportivitas: Menghargai lawan dan bermain dengan fair

e.      Keterampilan motorik: Teknik dasar dalam berbagai olahraga

3: Mengembangkan Kurikulum.Setelah mengidentifikasi nilai dan keterampilan, langkah berikutnya adalah mengembangkan kurikulum yang mencakup:

a.      Materi pembelajaran yang relevan

b.      Metode pengajaran yang interaktif

c.      Penilaian yang mencerminkan pencapaian nilai-nilai tersebut

Kesimpulan

Nilai yang dianggap penting dalam kelas PJOK meliputi kesehatan fisik, kerjasama tim, disiplin, sportivitas, dan keterampilan motorik. Kurikulum harus mencakup materi, metode, dan penilaian yang mendukung nilai-nilai tersebut.

 

3. Pengembangan kurikulum adalah proses merancang, menerapkan, dan mengevaluasi program pendidikan. Proses ini melibatkan identifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan konten yang sesuai, dan pengembangan strategi pengajaran. Mengintegrasikan kurikulum Merdeka dengan proses pembelajaran PJOK adalah sebagai berikut :

3.1. Identifikasi Tujuan Kurikulum PJOK. Tentukan tujuan utama dari pengembangan kurikulum PJOK, seperti meningkatkan kesehatan fisik, keterampilan sosial, dan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik.

3.2. Analisis Kebutuhan. Lakukan analisis kebutuhan untuk memahami apa yang diperlukan oleh siswa dan masyarakat terkait pendidikan jasmani dan olahraga. Ini bisa melibatkan survei atau diskusi dengan guru, siswa, dan orang tua.

3.3. Integrasi Nilai dan Prinsip. Integrasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan yang relevan, seperti sportivitas, kerja sama, dan kesehatan mental, ke dalam kurikulum.

3.4. Pengembangan Materi dan Metode. Kembangkan materi ajar dan metode pengajaran yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan yang telah diidentifikasi. Pastikan materi mencakup berbagai aspek olahraga, kesehatan, dan kebugaran.

3.5. Evaluasi dan Umpan Balik. Rencanakan sistem evaluasi untuk mengukur efektivitas kurikulum yang baru. Kumpulkan umpan balik dari siswa dan guru untuk perbaikan berkelanjutan.

 

Kesimpulan.

Integrasi dalam pengembangan kurikulum PJOK meliputi identifikasi tujuan, analisis kebutuhan, integrasi nilai, pengembangan materi, dan evaluasi berkelanjutan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar