MODUL PKG PJOK 1.3.b.1 ELABORASI ISI PRINSIP PEMBELAJARAN PJOK BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK

 


1.3.b.1. Elaborasi Isi - Prinsip Pembelajaran PJOK Berpusat pada Peserta Didik

Soal 1

Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah praktik pembelajaran PJOK di sekolah Bapak/Ibu sudah berpusat pada peserta didik? Apa yang menandakannya?”

Jawab :

Pembelajaran yang berpusat pada siswa berfokus pada kebutuhan dan minat masing-masing peserta didik, memberdayakan mereka untuk bertanggung jawab atas perjalanan belajar mereka. Pembelajaran ini menekankan partisipasi aktif, kolaborasi, dan pengalaman belajar yang dipersonalisasi.

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya melakukan evaluasi langsung terhadap praktik pembelajaran PJOK di sekolah. Dengan memperhatikan indikator-indikator yang menandakan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik, seperti partisipasi aktif siswa, penyesuaian materi dan metode, pengembangan keterampilan, dan proses evaluasi yang mempertimbangkan perkembangan siswa.

Pembelajaran PJOK di sekolah berpusat pada peserta didik, dengan ada tandanya :

1. Identifikasi Indikator Pusat Peserta Didik : Indikator yang menandakan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik meliputi:Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan.

  • Penyesuaian materi dan metode sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
  • Pemberian kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan melalui pengalaman langsung.
  • Evaluasi yang mempertimbangkan perkembangan dan kemampuan siswa.

2. Evaluasi Praktik Pembelajaran : Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan:

  • Apakah siswa terlibat aktif dalam setiap sesi pembelajaran?
  • Apakah materi dan metode disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa?
  • Apakah ada kesempatan untuk siswa mengembangkan keterampilan mereka?
  • Bagaimana proses evaluasi dilakukan dan apakah mempertimbangkan perkembangan siswa?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar