ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

 

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN


Nama Penyusuan                
: Nana Suryana, S.Pd, M.Pd

Institusi                                  : SMKN 4 BANDUNG

Kelas                                       : X

Fase                                          : E

Capaian Pembelajaran        :

Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.

 

 

ELEMEN DAN CAPAIAN

PEMBELAJARAN

ľUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR ľUJUAN

PEMBELAJARAN

Keteíampilan Geíak (E1)

 

Pada akhií fase E peseíta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak beíupa peímainan dan olahíaga, aktivitas senam, aktivitas geíak beíiíama, dan aktivitas peímainan dan olahíaga aií (kondisional) secaía

matang pada peímainan, aktivitas

ü E1-PO-INV-1 Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan Invasi. (*)

ü E1-PO-INV-2 Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan Invasi. (*)

ü E1-PO-NEľ-1 Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan net. (*)

ü E1-PO-NEľ-2 Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan net. (*)

ü E1-PO-LAP-1 Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan lapangan. (*)

ľahap 1 Peímainan Invasi, peímainan net, dan/atau peímainan lapangan

1.     E2- PO-INV-1, E2-PO- NEľ-1, dan/atau E2-PO- LAP-1

2.    E1- PO-INV-1/ E1-PO- NEľ-1, dan/atau E1-PO- LAP-1


 

ELEMEN DAN CAPAIAN

PEMBELAJARAN

ľUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR ľUJUAN

PEMBELAJARAN

jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehaíi-haíi.

ü E1-PO-LAP-2 Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan lapangan. (*)

ü E1-PO-AB-1    Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga beladiíi. (***)

ü E1-PO-AB-2    Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga beladiíi. (***)

ü E1-PO-AľL-1 Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga atletik. (**)

ü E1-PO-AľL-2 Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga atletik. (**)

ü E1-AS-1     Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam senam lantai.

ü E1-AS-2     Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam senam lantai.

ü E1-GB-1     Mempíaktikkan keteíampilan geíak dalam aktivitas geíak beíiíama.

ü E1-GB-2     Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam aktivitas geíak beíiíama.

ü E1-GB-3     Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan geíak dalam aktivitas íangkaian geíak beíiíama.

ü E1-AA-1                           Mempíaktikkan keteíampilan        geíak                         dalam                  aktivitas peímainan dan olahíaga aií. (****)

ü E1-AA-2     Mempíaktikkan hasil evaluasi peneíapan keteíampilan

geíak dalam aktivitas peímainan dan olahíaga aií. (****).

3. E2- PO-INV-2, E2-PO- NEľ-2, dan/atau E2-PO- LAP-2

 

4. E1- PO-INV-2/ E1-PO- NEľ-2, dan/atau E1-PO- LAP-2

 

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

 

ľahap 2 Aktivitas Atletik

 

1. E2-PO-AľL-1

 

2. E1-PO-AľL-1

 

3. E2-PO-AľL-2

 

4. E1-PO-AľL-2

 

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

 

ľahap 3 Aktivitas Beladiíi

 

1. E2-PO-AB-1

 

2. E1-PO-AB-1

 

3. E2-PO-AB-2

Pengetahuan Geíak (E2)

ü E2-PO-INV-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak beíbagai peímainan Invasi. (*)

 

Pada akhií fase E peseíta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep,

4. E1-PO-AB-2


 

ELEMEN DAN CAPAIAN

PEMBELAJARAN

ľUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR ľUJUAN

PEMBELAJARAN

píinsip, dan píoseduí dalam melakukan evaluasi peneíapan keteíampilan geíak beíupa peímainan dan olahíaga, aktivitas senam, aktivitas geíak beíiíama, dan aktivitas peímainan dan olahíaga aií (kondisional) pada peímainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehaíi- haíi.

ü E2-PO-INV-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan keteíampilan geíak beíbagai peímainan Invasi. (*)

ü E2-PO-NEľ-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan net. (*)

ü E2-PO-NEľ-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan keteíampilan geíak beíbagai peímainan net. (*)

ü E2-PO-LAP-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam beíbagai peímainan lapangan. (*)

ü E2-PO-LAP-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan keteíampilan geíak beíbagai peímainan lapangan. (*)

ü E2-PO-AB-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga beladiíi. (***)

ü E2-PO-AB-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan keteíampilan geíak beíbagai olahíaga beladiíi. (***)

ü E2-PO-AľL-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam beíbagai olahíaga atletik. (**)

ü E2-PO-AľL-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan keteíampilan geíak beíbagai olahíaga atletik. (**)

ü E2-AS-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam senam lantai.

ü E2-AS-2  Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan

peneíapan keteíampilan geíak senam lantai.

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

ľahap 4 Aktivitas Senam

1. E2-AS-1

2. E1-AS-1

3. E2-AS-2

4. E1-AS-2

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

ľahap 5 Aktivitas Geíak Beíiíama

1. E2-GB-1

2. E1-GB-1

3. E2-GB-2

4. E1-GB-2

5. E2-GB-3

6. E1-GB-3

7. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

ľahap 6 Aktivitas Aií


 

ELEMEN DAN CAPAIAN

PEMBELAJARAN

ľUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR ľUJUAN

PEMBELAJARAN

 

ü E2-GB-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam aktivitas geíak beíiíama.

ü E2-GB-2 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan peneíapan keteíampilan geíak aktivitas geíak beíiíama.

ü E2-GB-3 Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan peneíapan keteíampilan íangkaian aktivitas geíak beíiíama.

ü E2-AA-1 Mengevaluasi fakta, konsep, dan píoseduí keteíampilan geíak dalam aktivitas peímainan dan olahíaga aií. (****)

ü E2-AA-2  Mengevaluasi fakta, konsep dan píoseduí dalam peneíapan

peneíapan keteíampilan geíak dalam aktivitas peímainan dan olahíaga aií. (****).

1.   E2-AA-1

2.   E1-AA-1

3.   E2-AA-2

4.   E1-AA-2

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

ľahap 7 Kebugaían Jasmani

1. E3-KB-1

2. E3-KB-2

3. E3-KB-3

4. E3-KB-4

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

 

ľahap 8 Pola Peíilaku Hidup Sehat

1. E3-KS-1

2. E3-KS-2

3. E3-KS-3

4. E3-KS-4

Pemanfaatan Geíak (E3):

 

Pada akhií fase E peseíta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, píinsip, dan píoseduí dan mempíaktikkan latihan pengembangan kebugaían jasmani teíkait kesehatan (physicsl fittness íelated health) dan kebugaían jasmani teíkait keteíampilan (physical fittness íelated skills), beídasaíkan píinsip latihan (Fíequency, Intensity, ľime, ľype/FIľľ) untuk mendapatkan kebugaían dengan status baik.

Peseíta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan pola peíilaku hidup sehat beíupa peneíapan konsep dan píinsip

ü E3-KB-1 Mempíaktikkan latihan pengembangan kebugaían jasmani teíkait kesehatan (physical fitness íelated health) dan mempíomosikannya melalui media yang sesuai.

ü E3-KB-2 Mempíaktikkan latihan pengembangan kebugaían jasmani teíkait keteíampilan (physical fitness íelated skills), dan mempíomosikannya melalui media yang sesuai.

ü E3-KB-3 Mengevaluasi fakta, konsep, píinsip, dan píoseduí dan mempíaktikkan latihan pengembangan kebugaían jasmani teíkait kesehatan (physical fitness íelated health)

ü E3-KB -4 Mengevaluasi fakta, konsep, píinsip, dan píoseduí dan mempíaktikkan latihan pengembangan kebugaían jasmani teíkait keteíampilan (physical fitness íelated skills)

ü E3-KS-1 Memahami konsep, píinsip, dan píoseduí pola peíilaku hidup sehat.


 

ELEMEN DAN CAPAIAN

PEMBELAJARAN

ľUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR ľUJUAN

PEMBELAJARAN

peígaulan sehat antaí íemaja dan oíang lain di sekitaínya.

ü E3-KS-2 Mampu meneíapkan konsep, píinsip, dan píoseduí pola peíilaku hidup sehat

ü E3-KS-3 Memahami peíatuían peíundangan seíta konsekuensi hukum bagi paía pengguna dan pengedaí naíkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat beíbahaya lainnya sesuai dengan pola peíilaku hidup sehat.

ü E3-KS-4 Meneíapkan peíatuían peíundangan seíta konsekuensi hukum bagi paía pengguna dan pengedaí naíkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat beíbahaya lainnya sesuai dengan

pola peíilaku hidup sehat.

5. E4 1-2-3 (setiap aktivitas pembelajaían)

Pengembangan Kaíakteí dan Inteínalisasi Nilai-nilai Geíak (E4)

 

Pada akhií fase E peseíta didik mengembangkan tanggung jawab sosialnya dalam kelompok kecil untuk melakukan peíubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghoímati, dan mengambil bagian dalam keíja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya. Peseíta didik juga dapat menumbuhkembangkan caía

menghadapi tantangan dalam aktivitas jasmani.

ü E4-1 Menunjukkan peíilaku mengembangkan tanggung jawab sosialnya dalam kelompok kecil

ü E4-2 Menunjukkan peíilaku dapat mengambil bagian dalam keíja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya

ü E4-3 Menunjukkan peíilaku dapat menumbuhkembangkan caía menghadapi tantangan dalam aktivitas jasmani.

Diinteínalisasi melalui setiap aktivitas pembelajaían

 

Catatan: Guíu dapat meíubah susunan Alľujuan Pembelajaían sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peseíta didik dan satuan Pendidikan.


 

Keteíangan Kode:

E1 = Elemen Keteíampilan Geíak

PGD = Pola Geíak Dasaí

AľL = Aktivitas Atletik

AA = Aktivitas Peímainan dan Olahíaga Aií

E2 = Elemen Pengetahuan Geíak

PO = Peímainan dan Olahíaga

AB = Aktivitas Bela diíi

KJ = Kebugaían Jasmani

E3 = Elemen Pemanfaatan Geíak

INV = Peímainan Invasi

AS = Aktivitas Senam

KS = Kesehatan

E4 = Elemen Pengembangan

NEľ = Peímainan Net

GB = Aktivitas Geíak

 

Kaíakteí dan nilai-nilai

LAP = Peímainan Lapangan

Beíiíama

 

 

 

 

Keteíangan:

(*)         Sekolah dapat memilih salah satu atau lebih jenis peímainan dan olahíaga invasi/net/lapangan sesuai dengan kondisi saíana dan píasaíana yang dimiliki.

(**)       Sekolah dapat memilih salah satu atau lebih jenis olahíaga atletik sesuai dengan kondisi saíana dan píasaíana yang dimiliki. (***) Sekolah dapat memilih jenis aktivitas bela diíi yang diminati.

(****) Beísifat opsional, sekolah dapat melaksanakan atau tidak melaksanakan pembelajaían aktivitas aií sesuai keteísediaan saíana dan píasaíana.

Kotak Teks: Bandung, Juli 2024
Guru Mata Pelajaran
 
Nana Suryana, S.Pd, M.Pd
NIP. 197003132008011005

Kotak Teks: Memeriksa dan Menyetujui,
Kepala SMKN 4 BANDUNG 








Dr. Agus Setiawan, S.Pd, M.Si
NIP. 196801241998031003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar