MODUL AJAR PJOK
SMA/MA FASE E KELAS X
Penyusun : Nana Suryana, S.Pd,
M.Pd Jenjang : SMA/MA Kelas : X Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit (2 Kali pertemuan).
|
Kompetensi Awal: Peserta didik telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan
dan memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam
permainan net melalui
permainan bulu tangkis sesuai potensi dan kreativitas yang
dimiliki. |
Profil Pelajar Pancasila: Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan pada Fase E adalah mandiri dan gotong royong yang ditunjukkan
melalui proses pembelajaran keterampilan gerak permainan net melalui
permainan bulu tangkis. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sarana dan Prasarana |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Target Peserta Didik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Peserta didik regular/tipikal. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Peserta Didik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Maksimal 36 peserta didik. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ketersediaan Materi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau yang
berpencapaian tinggi : YA/TIDAK. o Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta
didik yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK. (Jika memilih YA, maka di dalam
pembelajaran disediakan alternatif aktivitas sesuai kebutuhan peserta didik). |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Ajar, Alat, dan Bahan
yang Diperlukan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Materi Pokok Pembelajaran a. Materi Pembelajaran Reguler Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak permainan net
melalui permainan bulu tangkis, diantaranya:
1) Keterampilan gerak langkah kaki, posisi siap, cara memegang gerak langkah
kaki, posisi siap, cara memegang
permainan bulu tangkis. 2) Keterampilan gerak pukulan forehand permainan bulu tangkis. 3) Keterampilan
gerak pukulan backhand permainan
bulu tangkis.
b. Materi Pembelajaran Remedial Materi
pembelajaran untuk remedial sama dengan materi reguler.
Akan tetapi penekanan materinya hanya pada materi yang belum dikuasai (berdasarkan
identifikasi) yang akan dipelajari peserta didik kembali. Materi dapat
dimodifikasi dengan menambah jarak, pengulangan, intensitas, dan
kesempatan/frekuensi melakukan bagi peserta didik. Setelah dilakukan identifikasi kelemahan
peserta didik, guru dapat mengubah strategi dengan
memasangkan peserta didik dan belajar dalam kelompok agar bisa saling
membantu, serta berbagai strategi lain sesuai kebutuhan peserta didik.
c. Materi Pembelajaran Pengayaan Materi
pembelajaran untuk pengayaan lebih tinggi dari materi
regular. Materi dapat dikembangkan dengan meningkatkan kompleksitas materi,
mengubah lingkungan permainan, dan mengubah jumlah pemain di dalam permainan
yang dimodifikasi.
2.
Media
Pembelajaran a.
Peserta didik sebagai
model atau guru yang memperagakan aktivitas keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis. b.
Gambar yang terdapat dalam buku teks pelajaran PJOK aktivitas keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis. c.
Video
pembelajaran aktivitas keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis.
3.
Alat dan
Bahan Pembelajaran a. Shuttlecock atau bola sejenisnya (bola terbuat dari gulungan kertas/plastik, karet, dll). b.
Lapangan permainan bulu tangkis atau lapangan sejenisnya
(lapangan atau halaman sekolah). c.
Net permainan bulu tangkis atau
seutas tali. d.
Peluit dan stopwatch. e.
Lembar kerja siswa (student
work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Moda Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o
Moda pembelajaran luring. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengaturan Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengaturan Peserta Didik: o
Individu,
berpasangan, dan berkelompok
|
Metode: Diskusi,
demonstrasi, resiprokal. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menilai Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: o Asesmen individu
|
Jenis Asesmen: o
Pengetahuan (lisan dan tertulis). o
Keterampilan (praktik dan kinerja). o
Sikap (mandiri dan gotong royong). o
Portopolio. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik menganalisis dan
menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan keterampilan gerak memegang
raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan
nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam
kehidupan sehari-hari. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemahaman Bermakna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Setelah peserta didik mempelajari dan melakukan
pembelajaran aktivitas
keterampilan gerak permainan bulu tangkis, manfaat apakah yang dirasakan olehnya? Dapatkah pengalaman pembelajaran ini diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertanyaan Pemantik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengapa
peserta didik perlu memahami dan menguasai keterampilan gerak memegang
raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Prosedur Kegiatan
Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Persiapan mengajar Hal-hal yang harus
dipersiapkan guru sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran antara lain sebagai berikut: a. Membaca kembali Modul
Ajar yang telah dipersiapkan guru sebelumnya. b. Membaca kembali
buku-buku sumber yang berkaitan dengan permainan bulu tangkis. c. Menyiapkan alat
pembelajaran, diantaranya: 1) Shuttlecock atau bola sejenisnya (bola terbuat dari gulungan kertas/plastik, karet, dll). 2)
Lapangan permainan bulu tangkis atau lapangan sejenisnya
(lapangan atau halaman sekolah). 3)
Net permainan bulu tangkis atau
seutas tali. 4)
Peluit dan stopwatch. 5) Gambar dan video pembelajaran permainan bulu tangkis. 6)
Lembar kerja siswa (student
work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak.
2.
Kegiatan Pengajaran Langkah-langkah
kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut: a.
Kegiatan pendahuluan (10 menit) 1)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk menyiapkan barisan di lapangan sekolah dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta
didik. 2)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa, dan
peserta didik berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing. 3)
Guru memastikan bahwa
semua peserta didik dalam keadaan sehat, bila ada
peserta didik yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta peserta didik
tersebut untuk berisitirahat di kelas. 4)
Guru memotivasi
peserta didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat olahraga bagi kesehatan dan kebugaran. 5)
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan cara tanya jawab. 6)
Guru menjelaskan kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajaran (seperti yang
tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi) disertai dengan penjelasan
manfaat dari kegiatan bermain bulu
tangkis: misalnya bahwa bermain bulu tangkis adalah salah
satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi cabang olahraga bulu tangkis. 7)
Guru menyampaikan cakupan
materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis. 8)
Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi aktivitas
keterampilan gerak permainan bulu tangkis,
baik kompetensi sikap (Profil
Pelajar Pancasila) dengan observasi dalam bentuk
jurnal,
yaitu pengembangan
nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan: menganalisis keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand permainan bulu tangkis menggunakan tes tertulis, dan kompetensi terkait
keterampilan yaitu:
mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/footwork, pukulan forehand, dan pukulan backhand
permainan bulu tangkis, serta bermain bola voli dalam bentuk yang sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi. 9)
Dilanjutkan dengan pemanasan
agar peserta didik terkondisikan dalam materi yang akan
diajarkan dengan perasaan yang menyenangkan.
Pemanasan dalam bentuk permainan. Nama permainannya adalah permainan
melambung-lambungkan shuttlecok ke
atas: a)
Peserta didik mencari dan mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan. b)
Peserta didik bersama pasangan menerima dan
mempelajari lembar kerja (student work
sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas analisis aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/footwork, dan pukulan permainan bulu
tangkis. c)
Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama
kali menjadi “pelaku” dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas aktivitas pembelajaran hasil analisis keterampilan gerak
memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/ footwork, dan pukulan permainan bulu tangkis satu persatu dan
pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak
sesuai dengan lembar kerja). d)
Peserta didik secara berganti
peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru melakukan
aktivitas pembelajaran hasil analisis keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/footwork, dan pukulan permainan bulu tangkis.
e)
Peserta didik mencoba tugas aktivitas pembelajaran hasil analisis keterampilan gerak
memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, dan pukulan permainan bulu tangkis dalam bentuk
permainan sederhana dengan peratauran
yang dimodifikasi. a)
Dalam pembelajaran ini disamping dapat mengembangkan elemen keterampilan gerak dan pengetahuan
gerak, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada eleman Gotong Royong dan Mandiri dengan
meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman
diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan
pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Kegiatan Inti (70 menit) Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran inti dengan prosedur sebagai berikut:
Untuk dapat berprestasi dengan baik dalam permainan
bulu tangkis unsur utama yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang pemain
bulu tangkis adalah komponen dasar. Dalam permainan bulu tangkis kemampuan service mutlak dikuasai oleh pemain.
Salah melakukan service berarti
fatal, sedangkan unggul dalam service
berarti membuka kemungkinan mendapatkan angka. Footwork
adalah teknik pengaturan langkah kaki agar menjadi lebih efektif saat bermain
bulu tangkis dilapangan. Teknik footwork
adalah teknik langkah kaki yang jika dilakukan dengan posisi yang benar maka
akan menghasilkan pukulan yang berkualitas. Footwork juga akan membuat lebih
efisien untuk menjaga stamina. Dengan melakukan gerakan langkah yang benar
tidak perlu membuang banyak tenaga. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis antara
lain sebagai berikut:
1) Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang fakta,
konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis.
a)
Materi 1: Aktivitas
keterampilan gerak langkah kaki/footwork permainan
bulu tangkis. b)
Materi 2: Aktivitas
keterampilan gerak posisi siap sedia permainan bulu tangkis. c)
Materi 3:
Aktivitas keterampilan memegang raket (grip) permainan bulu tangkis. 2)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. 3)
Guru melakukan
pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. 4)
Melakukan
klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan dengan peragaan jika
diperlukan. 5) Guru melakukan asesmen dan umpan balik selama proses
pembelajaran berlangsung.
Lembar Refleksi Diri (Sikap) Peserta Didik
1.
Isikan identitas Anda. 2.
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Kurang Setuju, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap
yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Anda. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
Nama:
............................ Kelas:
........................
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Peserta Didik Cara Menceklis
1.
Isikan identitas peserta didik. 2.
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Ragu-ragu, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap peserta didik. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
Nama: ............................ Kelas:
........................
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki, posisi siap, cara
memegang raket permainan bulu tangkis. Kemudian
melaporkan hasil
capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau
buku tugas kepada
guru.
Setelah peserta
didik
melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki, posisi siap, cara
memegang raket permainan bulu tangkis, dilanjutkan dengan
mempelajari aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pukulan permainan bulu tangkis. Teknik dasar melakukan
pukulan bulu tangkis, mempunyai sikap badan yang sama dalam penampilan hanya
gerakan dari tangan yang menghasilkan pukulan yang bermacam-macam, misalnya
melakukan pukulan overhead, lob, smash,
dan drop shot overhead atau chop dalam sikap pengambilan yang sama
posisinya. Bentuk-bentuk aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak pukulan permainan bulu
tangkis antara lain sebagai berikut:
1) Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan
aktivitas keterampilan gerak pukulan permainan bulu
tangkis. a)
Materi 1: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan servis
permainan bulu tangkis. b)
Materi 2: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan lob atau clear permainan bulu tangkis. c)
Materi 3: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan dropshot permainan bulu tangkis. d)
Materi 4: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan smash permainan bulu tangkis. e)
Materi 5: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan mendatar
permainan bulu tangkis. f)
Materi 6: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan net (netting) permainan bulu tangkis. 2)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar
tugas. 3)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran
berlangsung. 4)
Melakukan klarifikasi terkait penjelasan dan gambar
gerakan dengan peragaan jika diperlukan. 5) Guru melakukan asesmen
dan umpan balik selama proses pembelajaran berlangsung.
Lembar Refleksi Diri (Sikap) Peserta Didik
Sama dengan refleksi diri (sikap) peserta didik pada keterampilan gerak
langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis.
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Peserta Didik Cara Menceklis
1.
Isikan identitas peserta didik. 2.
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Ragu-ragu, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap peserta didik. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
Nama: ............................ Kelas:
........................
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
pukulan permainan bulu tangkis, peserta
didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan
bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak pukulan permainan bulu tangkis. Kemudian
melaporkan hasil
capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau
buku tugas kepada
guru.
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pukulan permainan bulu tangkis, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pukulan forehand permainan bulu tangkis. Pukulan forehand
adalah pukulan yang diayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket
dan telapak tangan kita menghadap bola. Pukulan forehand adalah pukulan standard
yang paling mudah diajarkan dalam memukul shuttlecock. Pukulan forehand adalah pukulan yang diayun
dari belakang badan dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap
shuttlecock. Bentuk-bentuk aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak pukulan forehand permainan bulu tangkis dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain sebagai
berikut:
1) Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan
aktivitas keterampilan gerak pukulan forehand permainan
bulu tangkis. a)
Materi 1: Aktivitas
keterampilan gerak memegang raket untuk pukulan forehand permainan bulu tangkis. b)
Materi 2: Aktivitas
keterampilan gerak pukulan forehand
overhead permainan bulu tangkis. c)
Materi 3: Aktivitas
keterampilan gerak melambung-lambungkan shuttlecock
dengan raket di tempat permainan
bulu tangkis. d)
Materi 4: Aktivitas
keterampilan gerak melempar forehand
overhead permainan bulu tangkis. e)
Materi 5: Aktivitas
keterampilan gerak memukul shuttlecock
menggunakan pukulan forehand overhead permainan
bulu tangkis. f)
Materi 6: Aktivitas
keterampilan gerak memukul shuttlecock
menggunakan pukulan forehand overhead
permainan bulu tangkis. 2)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. 3)
Guru melakukan
pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. 4)
Melakukan
klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan dengan peragaan jika
diperlukan. 5) Guru melakukan asesmen dan umpan balik selama proses
pembelajaran berlangsung.
Lembar Refleksi Diri (Sikap) Peserta Didik
Sama dengan refleksi diri (sikap) peserta didik pada keterampilan gerak
langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis.
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Peserta Didik Cara Menceklis
1.
Isikan identitas peserta didik. 2.
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Ragu-ragu, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap peserta didik. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
Nama: ............................ Kelas:
........................
Setelah peserta didik melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak pukulan forehand
permainan bulu tangkis, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak pukulan forehand permainan
bulu tangkis. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pukulan forehand permainan bulu tangkis, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pukulan backhand permainan bulu tangkis. Pukulan backhand
adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis dengan posisi lengan
membelakangi arah gerakan. Pukulan backhand
merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bulu tangkis, untuk bisa menguasai pukulan backhand yang benar maka perlu pembelajaran secara rutin atau terus
menerus. Bentuk-bentuk aktivitas keterampilan gerak pukulan backhand permainan bulu tangkis, antara lain sebagai berikut:
1) Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak pukulan backhand permainan bulu tangkis. a)
Materi 1:
Aktivitas keterampilan gerak memegang raket untuk pukulan backhand permainan bulu tangkis. b)
Materi 2:
Aktivitas keterampilan gerak melambung-lambungkan shuttlecock dengan raket di tempat permainan bulu tangkis. c)
Materi 3:
Aktivitas keterampilan gerak melempar shuttlecock
backhand dan menangkap shuttlecock secara berpasangan dan
berhadapan permainan bulu tangkis. 2)
Peserta didik
menerima, mempelajari, dan
mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. 3)
Guru melakukan
pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. 4)
Melakukan
klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan dengan peragaan jika
diperlukan. 5) Guru melakukan asesmen dan umpan balik selama proses
pembelajaran berlangsung.
Lembar Refleksi Diri (Sikap) Peserta Didik
Sama dengan refleksi diri (sikap) peserta didik pada keterampilan gerak
langkah kaki, posisi siap, cara memegang raket permainan bulu tangkis.
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Peserta Didik Cara Menceklis
1.
Isikan identitas peserta didik. 2.
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Ragu-ragu, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap peserta didik. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
Nama: ............................ Kelas:
........................
Setelah peserta didik melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak pukulan backhand
permainan bulu tangkis, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak pukulan backhand permainan
bulu tangkis. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit) 1)
Salah seorang
peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru
mempertanyakan apa manfaatnya. 2)
Guru dan peserta
didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai
dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan
yang masih sering timbul saat melakukan aktivitas
pembelajaran. 3)
Guru menginformasikan kepada peserta
didik, kelompok dan peserta didik yang paling
baik penampilannya selama pembelajaran
permainan bulu tangkis. 4)
Guru menugaskan peserta didik yang terkait dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk
membaca dan membuat kesimpulan tentang aktivitas keterampilan gerak langkah kaki, posisi siap, cara
memegang gerak langkah kaki, posisi siap, cara memegang, dan pukulan forehand dan backhand permainan bulu tangkis, hasilnya
dijadikan sebagai tugas asesmen penugasan. 5)
Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta
didik dan menyampaikan salam. 6) Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, dan bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Asesmen Pengembangan Karakter (Dimensi Mandiri dan
Gotong Royong)
Asesmen sikap didasarkan pada
hasil refleksi sikap peserta didik dan pengamatan guru dengan menggunakan
lembar observasi yang telah dilakukan
pada proses pembelajaran di setiap aktivitas pembelajaran.
2.
Asesmen Pengetahuan
a.
Berilah tanda
silang (X) pada huruf a, b, c, d,
atau e yang merupakan jawaban paling
benar.
1)
Pertama-tama ibu jari dengan jari telunjuk menempel
pada bagian pegangan raket yang luas atau lebar seperti memegang stik drum. Lalu pegang
dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket
bulu tangkis akan
menonjol keluar di bawah telapak tangan anda untuk keseimbangan memukul. Gerakan ini merupakan memegang raket cara . .
. .
a.
kampak atau pegangan
Inggris.
b.
geblok kasur atau pegangan Amerika.
c.
gabungan atau
pegangan berjabat tangan.
d.
pegangan backhand.
e.
pegangan forehand
2)
Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan
sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam
permainan bulu tangkis.
Gerakan tersebut merupakan teknik pukulan . . . .
a.
drive
b.
servis
c.
lob
d.
dropshot
e.
smash
3)
Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan kok ke daerah lawan dengan menjatuhkan kok sedekat mungkin dengan net. Pukulan yang dilakukan tidak
banyak membutuhkan tenaga, tetapi yang penting dilakukan dengan cara melakukan pukulan dengan persentuhan yang halus.
Gerakan tersebut merupakan teknik pukulan . . . .
a.
servis
b.
lob
c.
dropshot
d.
smash
e.
drive
4)
Suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak
dan menghasilkan pukulan yang keras serta menerjurkan kok secara curam. Tenaga yang digunakan pukulan ini cukup
besar, sehingga perlu perhitungan yang masak-masak untuk menggunakan pukulan
ini. Gerakan tersebut merupakan teknik
pukulan . . . .
a.
servis
b.
lob
c.
smash
d.
dropshot
e.
drive
5)
Saat shuttlecock
akan datang, pindahkan kaki kanan ke belakang bersamaan mengangkat raket ke
atas. Posisi raket di belakang kepala dan bahu serta tangkai raket menghadap ke
bawah. Pada saat shuttlecock menyentuh kepala raket,
pergelangan tangan dan bidang raket lurus.
Gerakan tersebut merupakan teknik pukulan forehand
overhead pada tahapan . . . .
a.
sikap permulaan/awal
b.
sikap memukul shuttlecock
c.
gerak mengambil shuttlecock
d.
gerak pelaksanaan
e.
gerak lanjutan (follow through)
b.
Jawablah soal di
bawah ini dengan singkat dan tepat.
1) Tuliskan macam-macam keterampilan gerak permainan bulu tangkis.
2) Jelaskan cara memegang
raket pukulan forehand permainan bulu tangkis.
3) Jelaskan cara memegang
raket pukulan backhand permainan bulu tangkis.
4) Jelaskan cara melakukan pukulan forehand permainan bulu tangkis.
5) Jelaskan cara melakukan pukulan backhand permainan bulu tangkis.
c.
Buatlah
salah satu tugas berikut ini.
1)
Membuat kliping dan gambar-gambar atlet bulu
tangkis baik nasional maupun
dunia yang meliputi: riwayat singkat pribadi dan prestasinya secara
berkelompok. Untuk membantu
dalam mengerjakan tugas tersebut, dapat diperkaya melalui informasi melalui:
buku, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya.
2)
Membuat makalah tentang aktivitas
keterampilan gerak permainan bulu tangkis secara berkelompok. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas tersebut,
dapat diperkaya melalui informasi melalui: buku, majalah, koran, internet, atau
sumber lainnya.
3.
Asesmen Keterampilan
a.
Tes kinerja aktivitas
keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand
permainan bulu tangkis.
1)
Butir Tes
Lakukan aktivitas keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulu tangkis. Unsur-unsur yang
dinilai adalah kesesuaian melakukan gerakan (penilaian proses) meliputi: sikap awal, pelaksanan gerakan, dan sikap
akhir.
2)
Petunjuk
Asesmen
Berikan (angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang
diharapkan.
a)
Isikan identitas peserta didik.
b)
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom (1) = jika (Ya)
dan kolom (0) = jika Tidak, sesuai dengan penampilan
keterampilan gerak yang dilakukan atau ditunjukkan peserta didik.
3)
Rubrik Asesmen Keterampilan Gerak
Contoh lembar asesmen proses gerak untuk perorangan (setiap
peserta didik satu lembar asesmen).
Nama
:____________________________ Kelas: __________
No |
Indikator Esensial |
Uraian Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Sikap Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan
Gerak |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
3. |
Sikap Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
Perolehan/Skor maksimum X 100% = Skor
Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a) Penskoran
·
Skor 1 jika: Peserta didik dapat melakukan tiga dari
empat komponen gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan
benar.
·
Skor 0 jika: Peserta didik kurang dari tiga dari empat
komponen gerakan sikap awal, pelaksanaan gerakan, dan sikap akhir dengan benar.
(1) Sikap awalan
(a)
pandangan
mata ke arah datangnya bola.
(b)
badan
sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)
lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
(2) Sikap pelaksanaan
(a) pandangan
mata ke arah lajunya bola.
(b) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara dua kaki.
(c) kedua
lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak shuttlecock membentuk lintasan lurus.
(d) salah
satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan hingga kaki jingjit bersamaan
dengan memukul shuttlecock.
(3) Sikap
akhir
(a)
badan
sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki.
(b)
kedua
telapak tangan beraga di depan menghadap ke bawah dengan lengan diluruskan ke
depan secara rileks.
(c)
kedua
tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap menghadap ke depan dan di buka
selebar bahu.
b) Pengolahan skor
(1) Skor maksimum: 12.
(2) Skor Real Peserta Didik ( SRP) : Sangat Baik
(skor > 9 dalam keterampilan yang ditunjukan), Baik
(skor 7 s.d 9 dalam keterampilan yang ditunjukan), Cukup (skor 4 s.d 6 dalam
keterampilan yang ditunjukan), dan Perlu Perbaikan (skor < 4 dalam
keterampilan yang ditunjukan).
c) Konversi
jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai |
Klasifikasi Nilai |
|
Putera |
Puteri |
|
…… > 20 kali |
…… > 15 kali |
Sangat Baik |
17 – 19 kali |
12 – 14 kali |
Baik |
14 – 16 kali |
9 – 11 kali |
Cukup |
........
< 14 kali |
........
< 9 kali |
Kurang |
Pengayaan dan Remedial |
1.
Pengayaan
Pengayaan diberikan
oleh guru terhadap proses pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas
pembelajaran. Pengayaan
dilakukan apabila setelah diadakan asesmen pada kompetensi yang telah diajarkan
pada peserta didik
pada setiap aktivitas pembelajaran,
nilai yang dicapai melampaui kompetensi yang telah ditetapkan oleh guru. Pengayaan dilakukan dengan cara menaikkan tingkat kesulitan permainan
dengan cara mengubah jumlah pemain, memperketat peraturan, menambah alat yang
digunakan, serta menambah tingkat kesulitan tugas keterampilan yang diberikan.
2.
Remedial
Remedial dilakukan oleh guru terintegrasi
dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan intervensi yang sesuai dengan level kompetensi
peserta didik dari mana guru mengetahui level kompetensi peserta didik. Level kompetensi
diketahui dari refleksi yang
dilakukan setiap kali pembelajaran. Remedial dilakukan dengan cara menetapkan atau menurunkan
tingkat kesulitan dalam materi pembelajaran.
Refleksi Peserta Didik dan
Guru |
1.
Refleksi Peserta Didik
a.
Kesulitan-kesulitan apa saja yang peserta didik
alami/temukan dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bulu
tangkis.
b.
Kesalahan-kesalahan apa saja yang peserta didik
alami/temukan dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bulu
tangkis.
c.
Bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang peserta didik alami/ temukan dalam
melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak permainan bulu tangkis.
2.
Refleksi
Guru
Refleksi yang
dilakukan oleh guru terhadap proses pembelajaran yang dilakukan pada setiap
aktivitas pembelajaran. Hasil refleksi bisa
digunakan untuk menentukan perlakuan kepada peserta
didik, apakah remedial atau pengayaan. Remedial dan pengayaanya di dalam pembelajaran, tidak
terpisah setelah pembelajaran. Hal-hal yang
perlu mendapat perhatian dalam refleksi guru antara lain:
a.
Apakah kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik?
b.
Kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami/temukan dalam proses aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak permainan bulu tangkis.
c.
Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana cara memperbaiki proses aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak permainan bulu tangkis tersebut.
d.
Bagaimana keterlibatan peserta didik dalam
proses aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak permainan bulu tangkis tersebut.
Lembar Kerja Peserta Didik |
Tanggal : .................................................................
Lingkup/materi pembelajaran :
.................................................................
Nama Siswa : .................................................................
Fase/Kelas : E / X
1.
Panduan umum
a.
Pastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti
aktivitas pembelajaran.
b.
Ikuti gerakan pemanasan dengan baik, sesuai dengan instruksi yang diberikan
guru untuk menghindari cidera.
c.
Mulailah kegiatan dengan berdo’a.
d.
Selama kegiatan perhatikan selalu keselamatan diri dan keselamatan bersama.
2.
Panduan aktivitas pembelajaran
a.
Bersama dengan teman, buatlah kelompok sejumlah maksimal 9 orang.
b.
Lakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak permainan bulu tangkis secara berpasangan dengan teman
satu kelompok.
c.
Perhatikan penjelasan berikut ini:
Cara bermain aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak permainan
bulu tangkis
antara lain:
1) Keterampilan gerak langkah kaki, posisi siap, cara memegang gerak langkah
kaki, posisi siap, cara memegang
permainan bulu tangkis.
2) Keterampilan gerak pukulan forehand permainan bulu tangkis.
3)
Keterampilan gerak pukulan backhand permainan bulu tangkis.
3.
Bahan
Bacaan Peserta Didik
a.
Materi keterampilan gerak permainan bulu tangkis. Untuk
membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut,
dapat diperoleh melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber
lainnya.
b.
Peraturan permainan bulu tangkis yang standar. Untuk membantu
dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh
melalui:
buku, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya.
c.
Mengamati video
pembelajaran materi keterampilan gerak permainan bulu
tangkis dengan dibantu oleh orangtua, kakak atau saudara. Untuk membantu dalam mencari video pembelajaran tersebut, dapat diperoleh melalui: internet atau sumber lainnya.
4.
Bahan
Bacaan Guru
a.
Bentuk-bentuk teknik dasar permainan bulu
tangkis.
b.
Bentuk-bentuk permainan sederhana dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi dalam permainan bulu
tangkis.
c.
Video pembelajaran teknik dasar permainan
bulu tangkis.
d.
Peraturan permainan permainan bulu
tangkis
yang standar.
Glosarium |
·
Bulu tangkis
adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam
kelompok olahraga permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam
maupun di luar lapangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis
dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. ·
Backhand
adalah pukulan
dalam permainan bola kecil (bulu tangkis,) dengan posisi lengan membelakangi
arah gerakan. ·
Forehand
adalah pukulan
dalam permainan bola kecil (bulu tangkis, tenis meja,tenis) dengan posisi
lengan menghadap arah gerakan. ·
Gerak memukul bola
dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan
service, pukulan lob, pukulan drop shot, pukulan smash,
dan pukulan drive. ·
Langkah adalah
perubahan kaki untuk merubah posisi tubuh, baik dalam usaha mendekati lawan,
menghindar, menyerang atau sekedar untuk mencari posisi/kedudukan yang paling
tepat terhadap lawan. ·
Lob adalah pukulan melambung tinggi. ·
Pembelajaran
adalah proses interaksi
antarpeserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar. ·
Pukulan
servis adalah merupakan pukulan dengan raket yang
menerbangkan shuttlecock ke bidang
lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan dan
merupakan suatu pukulan yang penting dalam permainan bulu tangkis. ·
Pukulan lob adalah suatu pukulan dalam permainan bulu tangkis
yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis
lapangan. ·
Servis
adalah pukulan
awal untuk melakukan permainan dan dapat juga dijadikan serangan awal
terhadap lawan.
|
Referensi |
Kemendikbud. 2020. Naskah Akademik Profil
Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan
Perbukuan, Kemendikbud. Kemendikbud. 2020. Capaian Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum,
Kemendikbud. Muhajir. 2020. Alur
Tujuan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
Jakarta: Pusat Asesmendan Pembelajaran, Kemendikbudristek. Muhajir. 2017. Buku Siswa Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk
SMA/MA
Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir.
2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013.
Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir.
2022. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum Merdeka.
Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir.
2022. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum Merdeka.
Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2020. Belajar
dan Berlatih Permainan Bulu Tangkis.
Bandung: Sahara
Multi Trading. |
Memeriksa dan
Menyetujui, Kepala SMKN 4 BANDUNG |
Pangalengan, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
Dr. AGUS SETIAWAN,
S.Pd, M.Si NIP.196808181992011002 |
Nana Suryana, S.Pd,
M.Pd NIP.
198308262022211013 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar