PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM MERDEKA

 


PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM MERDEKA

PJOK FASE E KELAS X

 

Mata Pelajaran                   :                                            PJOK

Satuan Pendidikan             :                                           SMKN 4 BANDUNG

Tahun Pelajaran                 :    2024 / 2025

Fase E Kelas/Semester     :    X (Satu) / 1 ( Ganjil ) & II (Genap) Capaian Pembelajaran Fase E

Pada akhir fase E ini, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), menunjukkan perilaku dalam memimpin kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, selain itu juga dapat mengevaluasi sikap dan kebiasaan sebagai individu yang sehat dan aktif.

Fase E Berdasarkan Elemen

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Keterampilan Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil evaluasi penerapan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional) secara matang pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari.

Pengetahuan Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan evaluasi penerapan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional) pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari.

Pemanfaatan Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat mengevaluasi fakta,konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan pola perilaku hidup sehat berupa penerapan konsep dan prinsip pergaulan sehat antar remaja dan orang lain di sekitarnya.

Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak

Pada akhir fase E peserta didik mengembangkan tanggung jawab perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya. Peserta didik juga dapat menumbuhkembangkan cara menghadapi tantangan dalam aktivitas jasmani.

 

 

No

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)

MATERI

Alokasi Waktu

SEMESTER 1

1

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan invasi

·       Permainan bola basket: melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot.

Permainan bola basket

9 JP

2

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan net

·       Permainan bola voli: passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/bendungan.

Permainan bola voli

6 JP

3

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan lapangan.

·       Permainan sofbol: melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan.

Permainan sofbol

9 JP

4

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik

·       Lari jarak pendek: start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finis.

·       Lompat jauh: awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.

Atletik

6 JP

5

Mengevaluasi konsep serta mampu mempraktikkan aktivitas jasmani sesuai dengan pedoman kebutuhan gerak dalam latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai.

Aktivitas kebugaran jasmani

6 JP

6

Memahami dan mampu menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur pola perilaku hidup sehat.

Pola perilaku hidup sehat

3 JP

SEMESTER 2

7

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan invasi

·       Permainan sepak bola: menendang/mengoper, menghentikan, menggiring, menyundul, dan melempar

Permainan sepak bola

9 JP

8

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan net

·       Permainan bulu tangkis: memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smes.

Permainan bulu tangkis

6 JP

9

Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga beladiri

·       Pencak silat: kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran.

Beladiri pencak silat

6 JP

10

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik

·       Tolak peluru: memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru.

Atletik

3 JP

11

Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga tradisional

·       Permainan tradisional anak-anak Indonesia: permainan egrang, balap karung, mendorong ban, bakiak atau sandal raksasa, dan lain-lain.

Permainan tradisional

3 JP

12

Mengevaluasi variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.

Aktivitas gerak berirama

6 JP

13

Mengevaluasi berbagai keterampilan gerak dominan senam lantai.

Gerak dominan senam lantai

3 JP

JUMLAH

  JP

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 4 Bandung


Dr. Agus Setiawan, SPd, MSi)

       NIP.

 

Bandung,  Juli 2024

Guru PJOK SMKN 4 BANDUNG

(NANA SURYANA, SPd, MPd)

       NIP.  197003132008011005

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar