https://youtu.be/z8KG05zdL9o?si=koIVDt4Cjw7dNONp
MODUL AJAR PJOK SMA/MA
FASE E KELAS X
Penyusun : Nana Suryana, M.Pd Unit Kerja : SMKN 4
Bandung Kelas X Alokasi Waktu : 3 x 45
Menit (2 Kali pertemuan). |
Kompetensi Awal: Peserta didik
telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi
pola langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. |
Profil Pelajar Pancasila: Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan pada
Fase E adalah mandiri dan gotong royong yang ditunjukkan melalui proses
pembelajaran variasi dan kombinasi aktivitas gerak berirama. |
|
Sarana Prasarana |
|||
|
|||
|
o
Lapangan olahraga atau
halaman sekolah (ruangan kelas). o
Tipe recorder. o
Kaset senam ritmik/aktivitas gerak berirama. o
Peluit dan stopwatch. |
||
Target Peserta Didik |
|||
o
Peserta didik regular/tipikal. |
|||
Jumlah Peserta Didik |
|||
o
Maksimal 36 peserta didik. |
|||
Ketersediaan Materi |
|||
o
Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau yang
berpencapaian tinggi : YA/TIDAK. o Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk
peserta didik yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK. (Jika memilih YA, maka di dalam pembelajaran disediakan alternatif aktivitas sesuai kebutuhan peserta didik). |
|||
Materi Ajar, Alat, dan
Bahan yang Diperlukan |
|||
1. Materi Pokok Pembelajaran a. Materi Pembelajaran Reguler Memahami fakta,
konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan keterampilan gerak aktivitas gerak
berirma, diantaranya: 1) Keterampilan gerak
langkah kaki (langkah biasa, langkah rapat, langkah tiga, da langkah ganti). 2) Keterampilan gerak
ayunan lengan (ayunan satu lengan
ke belakang dan ke depan, ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan, ayunan
lengan silang dan rentang, dan ayunan satu lengan melingkar di atas kepala). 3) Keterampilan gerak
variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. |
|||
b. Materi Pembelajaran Remidial Materi
pembelajaran untuk remedial sama dengan materi reguler. Akan tetapi penekanan
materinya hanya pada materi yang belum dikuasai (berdasarkan identifikasi)
yang akan dipelajari peserta didik kembali. Materi dapat dimodifikasi dengan
menambah pengulangan, intensitas, dan kesempatan/frekuensi melakukan bagi
peserta didik. Setelah dilakukan identifikasi kelemahan peserta didik, guru dapat
mengubah strategi dengan memasangkan peserta didik dan belajar dalam kelompok
agar bisa saling membantu, serta berbagai strategi lain sesuai kebutuhan
peserta didik. c. Materi Pembelajaran Pengayaan Materi
pembelajaran untuk pengayaan sama dengan regular. Materi dapat dikembangkan dengan
meningkatkan kompleksitas materi,
dan mengubah lingkungan pembelajaran di dalam
rangkaian gerakan yang sederhana.
2. Media Pembelajaran a. Peserta didik
sebagai model atau guru yang memperagakan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak
pemanasan dalam aktivitas gerak berirama. b. Gambar aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama. c. Vidio pembelajaran
aktivitas keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama. 3. Alat dan Bahan
Pembelajaran a. Lapangan olahraga atau halaman sekolah (ruangan kelas). b. Tipe recorder. c. Kaset senam
ritmik/aktivitas gerak berirama. d. Peluit dan stopwatch. e. Lembar kerja (student work sheet) yang berisi
perintah dan indikator tugas
gerak. |
|
Moda Pembelajaran |
|
o Guru
memilih moda pembelajaran yang diinginkaan sesuai dengan kebutuhan dan
lingkungan belajar yang ada, seperti: moda daring, luring, atau paduan antara
tatap muka dan PJJ (blended learning).
Pada modul ini menggunakan moda luring. |
|
Pengaturan Pembelajaran |
|
Pengaturan
Peserta Didik: o
Individu o
Berpasangan o
Berkelompok o
Klasikal |
Metode: o
Diskusi o
Demonstrasi o
Simulasi o
Resiprokal |
(Guru dapat
mengatur sesuai dengan
jumlah peserta didik di setiap kelasnya serta formasi yang diinginkan). |
(Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa metode yang diinginkan). |
Asesmen Pembelajaran |
|
Menilai Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran: o
Asesmen individu o
Asesmen berpasangan |
Jenis Asesmen: o
Pengetahuan (lisan
dan tertulis). o
Keterampilan (praktik dan kinerja). o
Sikap (mandiri dan gotong royong). o
Portopolio. (Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa asesmen yang
sesuai). |
Tujuan Pembelajaran |
|
Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan menganalisis aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai pembentuk gerak
pemanasan dalam aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas yang
dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan
meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi,
kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan
meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Pemahaman Bermakna |
|
Setelah peserta
didik melakukan pembelajaran aktivitas keterampilan
gerak berirama, manfaat apakah yang dirasakan olehnya? Dapatkah pengalaman pembelajaran
ini diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari? |
|
Pertanyaan Pemantik |
|
Mengapa peserta
didik perlu memahami dan menguasai
variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak
berirama? |
|
Prosedur Kegiatan Pembelajaran |
|
1. Persiapan mengajar Hal-hal
yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara
lain sebagai berikut: a. Membaca kembali
Modul Ajar yang
telah dipersiapkan guru
sebelumnya. b. Membaca kembali
buku-buku sumber yang
berkaitan dengan aktivitas gerak berirama. c. Menyiapkan alat pembelajaran, diantaranya: 1) Lapangan olahraga atau halaman sekolah (ruangan kelas). 2) Tipe recorder. 3) Kaset senam
ritmik/aktivitas gerak berirama. 4) Peluit dan stopwatch. 5) Lembar kerja (student work sheet) yang berisi
perintah dan indikator tugas
gerak. |
2. Kegiatan
pengajaran
Langkah-langkah kegiatan
pengajaran antara lain sebagai berikut:
a. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
menyiapkan barisan di lapangan sekolah dan mengucapkan salam atau selamat pagi
kepada peserta didik.
2)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin
doa, dan peserta didik berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing.
3)
Guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam
keadaan sehat, bila ada peserta didik yang kurang sehat (sakit), maka guru
meminta peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas.
4)
Guru memotivasi peserta didik untuk mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat
olahraga bagi kesehatan dan kebugaran.
5)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, dengan cara tanya jawab.
6)
Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai
peserta didik setelah proses pembelajaran (seperti yang tercantum dalam
indikator ketercapaian kompetensi) disertai dengan penjelasan manfaat dari
kegiatan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama adalah salah satu
aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi cabang olahraga
senam ritmik.
7)
Guru menyampaikan cakupan materi yang akan
dipelajari yaitu: aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas
gerak berirama.
8)
Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi
aktivitas gerak berirama, baik kompetensi sikap (profil Pelajar Pancasila)
dengan observasi dalam bentuk jurnal, yaitu pengembangan nilai-nilai karakter
gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan: menganalisis aktivitas gerak
berirama menggunakan tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan yaitu:
mempraktikkan aktivitas gerak berirama, dengan menekankan pada pengembangan
nilai-nilai karakter antara lain: gotong royong dan mandiri.
9)
Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta didik
terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan yang
menyenangkan. Pemanasan dalam bentuk game. Nama permainannya adalah bermain
bergerak bereaksi mengikuti perintah guru.
10)
Dalam pembelajaran ini disamping dapat mengembangkan
elemen keterampilan gerak dan
pengetahuan gerak, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan
nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi,
kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi
diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari.
b. Kegiatan Inti (70
menit)
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran inti dengan
prosedur sebagai berikut:
Aktivitas 1
Langkah
kaki aktivitas gerak berirama adalah
salah satu hal yang paling penting dalam senam irama ini. Ada beberapa macam
langkah kaki dalam senam irama ini, misalnya: langkah biasa atau loopas dan langkah rapat atau by trek pas.
Prinsip
gerak langkah kaki adalah berpindahnya badan dari satu titik ke titik yang lain
dengan cara memindahkan kaki ke depan, ke belakang, ke kiri, dan ke kanan.
Bentuk- bentuk aktivitas pembelajaran keterampilan gerak pola langkah kaki
antara lain sebagai berikut:
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah
biasa atau loopaas
a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah biasa
atau loopaas.
Cara melakukannya:
(1)
Pada
gerakan langkah biasa,
sikap awal berdiri
tegak.
(2)
Pada
waktu berdiri tegak, kedua tangan berada
dipinggang.
(3) Pada
hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak dan disusul dengan ujung jari.
(4)
Pada hitungan kedua, kaki kiri dilangkahkan sama seperti ketika
melangkahkah kaki kanan.
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah
rapat atau atau bijtrekpaas
a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah rapat
atau atau bijtrekpaas.
Cara melakukannya:
(1)
Pada
gerakan langkah rapat,
sikap awal berdiri tegak.
(2)
Kedua
tangan berada di pinggang.
(3)
Pada
hitungan pertama, kaki kanan langkahkan ke arah depan.
(4)
Pada
hitungan kedua, kaki kiri menyusul
melangkah ke arah
depan.
(5) Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan
kemudian sejajar dengan kaki kanan.
(6)
Kemudian kedua kaki dilangkahkan secara bergantian.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah
depan atau galopaas
a) Guru
membagikan lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah
depan atau galopaas.
Cara melakukannya:
(1)
Pada gerakan pola langkah depan, sikap awal berdiri
tegak.
(2)
Pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang.
(3)
Pada hitungan 1: kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan.
(4) Pada hitungan
2: kaki kiri dilangkahkan ke depan dan diakhiri dengan melangkah
kaki kanan bersama-sama.
(5) Kedua kaki kemudian melangkah
secara bergantian dan lanjutkan untuk beberapa hitungan ke depan secara
berulang.
(6)
Hitungan tergantung dari pemimpin
senam irama atau ketukan irama
musik.
4)
Materi 4: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola silang
a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola silang.
Cara melakukannya:
(1)
Pada
gerakan pola langkah silang,
sikap awal berdiri
tegak.
(2) Kedua tangan
tepat berada di pinggang.
(3) Hitungan 1: Silangkan kaki kiri
ke samping kaki kanan melalui
depan.
(4) Hitungan 2: Langkahkan kaki kanan ke samping kiri.
(5) Demikian seterusnya, kemudian kebalikannya dengan
irama 2/4. Lakukan 4x 8 hitungan.
|
|
|
5) Materi
5: Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerakan pola langkah samping atau zijpas a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola langkah
samping atau zijpas. Cara melakukannya: (1) Pada gerakan pola langkah samping, sikap
awal berdiri tegak. (2)
Kedua tangan berada di pinggang. (3)
Pada hitungan pertama, kaki
kanan langkahkan ke arah samping
kanan. (4)
Pada hitungan kedua, kaki kiri
kemudian menyusul melangkah ke samping kanan juga dan dirapatkan dengan kaki
kanan tadi. (5)
Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri. (6)
Lakukan berulang-ulang 4 x 8 hitungan.
6) Materi
6: Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerakan pola lompat ke depan a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola lompat ke
depan. Cara melakukannya: (1) Pada gerakan pola lompat ke depan, sikap
awal berdiri tegak. (2) Kedua tangan
sebaiknya berada di
pinggang. (3) Pada hitungan pertama, ambil gerakan
lompatan kaki kanan,
sambil juga mengayunkan kaki
kiri. (4) Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri sambil mengayunkan kaki kanan. (5) Gerakan tersebut bisa dilakukan secara berulang kali 4 x 8 hitungan. |
|
|
|
7) Materi
7: Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerakan pola lompat dengan membuka dan
menutup kaki. Cara melakukannya: (1) Pada
gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki, sikap awal berdiri tegak. (2) Posisi kedua
tangan berada di
pinggang. (3) Pada hitungan pertama, bukalah kaki
keduanya melebar ke arah samping. (4) Pada hitungan kedua, tutup rapat
kedua kaki secara
bersamaan. (5) Gerakan harus
dilakukan secara berulang kali dan terus-menerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan (4 x 8 hitungan atau lebih).
b) Peserta didik
menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c) Guru melakukan pengamatan selama proses
pembelajaran berlangsung. d) Melakukan klarifikasi terkait penjelasan
dan gambar gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e) Guru melakukan asesmen dan umpan
balik selama proses
pembelajaran berlangsung.
Aktivitas 2
Gerak ayunan
lengan merupakan salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya dengan langkah
kaki. Gerakan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama terdiri dari
ayunan satu lengan dan dua lengan. Ayunan lengan bertujuan menyeimbangkan dan
menyelaraskan badan saat bergerak. |
Gerakan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama dapat dilakukan
dengan berbagai gerakan. Salah satu bentuk koordinasi gerakan ayunan lengan
dalam aktivitas gerak beriramak adalah: ayunan
dua lengan ke belakang dan ke
samping, ayunan satu lengan ke belakang dan ke muka, ayunan lengan silang dan
ke muka, dan ayunan dua lengan melingkar di atas kepala. Bentuk-bentuk
aktivitas pembelajaran gerak pola langkah kaki antara lain sebagai berikut:
1) Materi 1:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak ayunan satu lengan ke depan dan ke belakang
a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak ayunan
satu lengan ke depan dan ke belakang.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri tegak melangkah ke kiri. Kedua lengan lurus
ke depan. Pandangan ke depan.
(2) Ayunkan tangan
satu persatu ke belakang dan depan.
(3) Saat mengayun
diikuti kedua lutut mengeper.
(4) Gerakan dilakukan
6x 4 hitungan dengan irama 4/4 ketukan.
(5)
Sikap akhir: berdiri tegak, langkah kiri, kedua
lengan lurus ke depan, dan pandangan ke depan.
2) Materi 2:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak ayunan satu lengan dari depan ke samping
a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak ayunan
satu lengan dari depan ke samping.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri tegak, langkah ke kiri. Kedua lengan lurus
ke depan. Pandangan ke depan.
(2) Ayunkan tangan satu persatu
ke samping.
(3) Saat mengayun
diikuti kedua lutut mengeper.
(4)
Gerakan dilakukan bergantian arah kiri kanan 6 x 8
hitungan dengan irama 4/4 ketukan.
(5)
Sikap akhir: berdiri tegak, kedua lengan lurus ke
depan, dan pandangan ke depan.
|
|
|
3) Materi
3: Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan
berat badan a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak ayunan satu
lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan. Cara melakukannya: (1) Berdiri tegak
kedua kaki dibuka, kedua lengan terentang. (2) Pandangan ke depan. (3) Mengayun kedua lengan ke arah kiri dan kanan. (4) Saat mengayun
diikuti kedua lutut mengeper dan berat badan
dipindahkan ke kanan dan kiri. (5) Gerakan dilakukan 6 x 8 hitungan dengan irama 4/4
ketukan. (6) Gerakan akhir:
berdiri tegak, kedua
lengan terentang, dan pandangan ke depan.
b) Peserta didik
menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c) Guru melakukan pengamatan selama proses
pembelajaran berlangsung. d) Melakukan klarifikasi terkait penjelasan
dan gambar gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e) Guru melakukan asesmen dan umpan
balik selama proses
pembelajaran berlangsung. |
Refleksi:
· Lakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen
proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
||
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama yang dilakukan
secara berpasangan atau berkelompok. |
|
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter profil Pelajar
Pancasila pada elemen mandiri
dan gotong royong
dalam proses pembelajaran keterampilan gerak
langkah kaki dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. |
|
|
Setelah
peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama,
peserta didik diminta untuk merasakan otot-otot apa saja yang dapat teregang
dan berkontraksi. Peserta didik diminta menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. Kemudian laporkan
hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada
guru.
Catatan:
· Bagi peserta didik
yang belum mampu mencapai batas kompetensi dalam melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) dalam aktivitas gerak berirama yang ditentukan oleh guru, maka minta
remidial.
· Bagi peserta didik
yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) dalam aktivitas gerak berirama yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan
pembelajaran pada materi yang lebih komplek dan bervariasi dalam bentuk
pengayaan.
Lembar Refleksi Diri
(Sikap)
1.
Isikan identitas Kalian.
2. Berikan tanda contreng
(√) pada kolom “Ya” jika sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap
Kalian, dan “Tidak” jika belum sesuai.
3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
4.
Hitunglah jumlah jawaban “Ya”.
5. Lingkari kriteria
Sangat Baik, Baik, atau Kurang
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi.
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|||
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
sesuai |
|
|
|||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai memprediksi tantangan yang dihadapi. |
serta |
|
|
|||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
untuk |
|
|
|||
4. |
Saya merancang strategi dalam
mencapai tujuan belajar. |
|
|
||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri dalam mencapai tujuan. |
|
|
||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. |
|
|
||||
7. |
Saya membuat tugas baru dan keyakinan baru melaksanakannya. |
dalam |
|
|
|||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu. |
|
|
||||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan
dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. |
|
|
||||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
|
||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||||
Jika lebih
dari 10 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih
dari 8 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih dari
6 pernyataan terisi “Ya” |
|||||
Lembar Refleksi Diri
(Pengetahuan dan Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak”
jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah jawaban
“Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik,
atau Baik sesuai
jumlah “Ya” yang
terisi. |
|||||||
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||
|
1. |
Saya telah dapat menjelaskan pengertian langkah kaki aktivitas gerak berirama
dengan benar. |
|
|
|
||
|
2. |
Saya telah dapat menyebutkan berbagai
jenis langkah kaki aktivitas gerak berirama
dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
3. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan langkah kaki aktivitas gerak berirama
dengan benar. |
|
|
|
||
|
4. |
Saya telah dapat
memeragakan langkah kaki aktivitas gerak berirama secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
5. |
Saya telah dapat
menjelaskan pengertian ayunan
lengan aktivitas gerak berirama
dengan benar. |
|
|
|
||
|
6. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
ayunan lengan aktivitas gerak berirama
dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
7. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan ayunan lengan aktivitas gerak berirama dengan
lengkap dan benar. |
|
|
|
||
|
8. |
Saya telah dapat memeragakan ayunan lengan aktivitas gerak berirama dengan lengkap secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari dan sama dengan 6 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari
4 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari
4 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
Aktivitas 3
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran gerak langkah kaki dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama, dilanjutkan dengan
mempelajari aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi gerak langkah
kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak
berirama. Bentuk-bentuk
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama, antara lain
sebagai berikut:
1) Materi
1: Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak ayunan satu lengan ke depan dan belakang a) Guru membagikan
lembar kerja yang berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak
ayunan satu lengan ke depan dan belakang. Cara melakukannya: (1) Persiapan: Berdiri
tegak, kedua lengan lurus ke depan, dan pandangan ke depan. (2) Langkahkan kaki kiri
ke depan. (3) Ayunkan lengan
kiri ke belakang dan lengan
kanan ke depan. (4) Lakukan gerakan
ini dilanjutkan dengan melangkah kaki kanan ke depan dan mengayunkan lengan
kanan ke belakang serta lengan kiri ke depan. |
|
||||||
(5) Setiap gerakan
mengayun dan melangkah diikuti gerak lutut mengeper. Lakukan 4 x 8 hitungan.
(6) Akhir gerakan: Jatuh
pada hitungan keempat kaki kiri merapat pada kaki kanan, berdiri tegak, kedua
lengan lurus ke depan, dan pandangan ke depan.
2) Materi 2:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak langkah biasa dengan ayunan satu lengan depan belakang, lalu
dilanjutkan dengan putaran
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak langkah biasa
dengan ayunan satu lengan depan belakang, lalu dilanjutkan dengan putaran.
Cara melakukannya:
(1)
Persiapan: Berdiri tegak,
kedua lengan lurus ke depan,
dan pandangan ke depan.
(2)
Langkahkan kaki kanan ke depan dan tangan kiri
diayun ke belakang, lalu putar tangan
kiri ke depan dan luruskan ke depan.
(3)
Langkahkan kaki kiri ke depan dan tangan kanan
diayun ke belakang, lalu putar tangan
kanan ke depan dan luruskan ke depan.
(4)
Gerakan akhir: Kedua
kaki rapat, pandangan
ke depan, dan kedua lengan lurus ke depan.
3) Materi 3:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak langkah mundur maju, dengan ayunan dan putaran dua lengan
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak langkah
mundur maju, dengan ayunan dan putaran dua lengan.
Cara melakukannya:
(1) Persiapan: Berdiri
tegak, kedua lengan lurus ke depan, dan pandangan ke depan.
(2) Ayun dan putar kedua lengan ke
(3) Belakang bersamaan kaki kiri bergerak
mundur 2 langkah.
(4)
Ayun dan putar kembali kedua lengan ke depan bersamaan
kaki kanan bergerak maju 2
langkah.
(5) Setiap gerakan
diikuti gerak lutut mengeper. Lakukan 4 x 8 hitungan.
(6) Gerakan akhir:
Berdiri tegak, kedua
lengan lurus ke depan.
4) Materi 4:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak langkah ke samping kiri, kanan dengan ayunan dan putaran dua
lengan
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak langkah
ke samping kiri, kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan.
Cara melakukannya:
(1)
Persiapan: Berdiri tegak menyamping arah gerakan, kedua lengan lurus kesamping kanan, dan pandangan ke depan.
(2)
Ayun dan putar
kedua lengan ke samping kanan bersamaan kaki kiri
bergerak menyamping 2 langkah.
(3) Ayunkan dan putar kembali
kedua lengan samping
kiri bersamaan kaki kanan bergerak menyamping 2 langkah.
(4)
Lakukan 4 x 8 hitungan
bergantian putar arah kiri
dan kanan.
(5)
Gerakan akhir: Berdiri tegak menyamping arah
gerakan, kedua lengan lurus kesamping kanan, dan pandangan ke depan.
b) Peserta didik
menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas.
c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
d) Melakukan klarifikasi terkait penjelasan
dan gambar gerakan dengan peragaan jika diperlukan.
e) Guru melakukan
asesmen dan umpan balik selama proses pembelajaran berlangsung.
Refleksi:
· Lakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak langkah
kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak
berirama. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
||
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi
gerak langkah kaki
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama yang dilakukan secara berpasangan atau berkelompok. |
|
|
2. |
Menunjukkan
nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong
royong dalam proses aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan
kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. |
|
|
Setelah
peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan
kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama, peserta didik diminta untuk menuliskan
kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya
dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi
gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas
gerak berirama. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam
buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Catatan:
· Bagi
peserta didik yang belum mampu mencapai batas kompetensi dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak langkah
kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
yang ditentukan oleh guru, maka minta remidial.
· Bagi peserta didik
yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan
ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan pembelajaran pada materi yang lebih komplek dan bervariasi dalam
bentuk pengayaan.
Lembar Refleksi Diri
(Sikap)
1.
Isikan identitas Kalian.
2. Berikan tanda contreng
(√) pada kolom “Ya” jika sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap
Kalian, dan “Tidak” jika belum sesuai.
3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah jawaban
“Ya”. 5. Lingkari kriteria Sangat
Baik, Baik, atau Kurang Baik
sesuai jumlah “Ya”
yang terisi. Nama: ............................ Kelas:
........................ |
|||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|||
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
sesuai |
|
|
|||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai memprediksi tantangan yang dihadapi. |
serta |
|
|
|||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
untuk |
|
|
|||
4. |
Saya merancang strategi dalam
mencapai tujuan belajar. |
|
|
||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri dalam mencapai tujuan. |
|
|
||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. |
|
|
||||
7. |
Saya membuat tugas baru dan keyakinan baru melaksanakannya. |
dalam |
|
|
|||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu. |
|
|
||||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan
dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. |
|
|
||||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
|
||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||||
Jika lebih
dari 10 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih
dari 8 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih dari
6 pernyataan terisi “Ya” |
|||||
Lembar Refleksi Diri
(Pengetahuan dan Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak”
jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah jawaban
“Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik,
atau Baik sesuai
jumlah “Ya” yang
terisi. |
|||||||
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||
|
1. |
Saya telah dapat menjelaskan pengertian variasi dan kombinasi langkah kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak
berirama dengan benar. |
|
|
|
||
|
2. |
Saya telah dapat menyebutkan
berbagai jenis variasi dan kombinasi langkah
kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak
berirama dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
3. |
Saya telah
dapat merinci cara melakukan variasi
dan kombinasi langkah kaki
dan ayunan lengan
aktivitas gerak berirama dengan benar. |
|
|
|
||
|
4. |
Saya telah
dapat memeragakan langkah
kaki aktivitas variasi
dan kombinasi langkah kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak berirama secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
5. |
Saya telah dapat menjelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan variasi dan kombinasi langkah
kaki dan ayunan lengan
aktivitas gerak berirama. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari dan sama dengan 4 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari
3 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari
3 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
c. Kegiatan Penutup (10 menit) 1) Salah seorang
peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru
mempertanyakan apa manfaatnya. 2) Guru dan peserta
didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai
dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih
sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran. 3) Guru
menginformasikan kepada peserta didik, kelompok dan peserta didik yang paling
baik penampilannya selama pembelajaran aktivitas gerak berirama. 4) Guru menugaskan
peserta didik yang terkait dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk
membaca dan membuat kesimpulan tentang aktivitas keterampilan gerak variasi
dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
dalam aktivitas gerak berirama, hasilnya dijadikan sebagai tugas asesmen penugasan. 5) Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik
dan menyampaikan salam. 6) Peserta didik
kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, dan bagi peserta didik yang
bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula. |
|
||||||
Asesmen |
|||||||
1.
Asesmen Sikap
Asesmen
sikap didasarkan pada hasil refleksi sikap peserta didik dan pengamatan guru
dengan menggunakan lembar observasi yang telah dilakukan pada proses
pembelajaran di setiap aktivitas pembelajaran.
2.
Asesmen Pengetahuan
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
Kriteria Asesmen |
Tes Tulis |
Pilihan ganda dengan 4 opsi |
1. Berdiri dengan
sikap tegak rileks, langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping
badan, langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit, dan lanjutkan
melangkah dengan kaki kiri secara bergantian. Gerakan tersebut merupakan
gerakan langkah . . . . A.
biasa B.
rapat C.
samping D.
ganti |
Jawaban benar mendapatkan skor 1 dan salah 0. |
|
|
E. seimbang |
|
|
|
Kunci: A. Langkah biasa. |
|
|
Uraian
tertutup |
1.
Jelaskan cara melakukan gerakan langkah silang dalam aktivitas gerak berirama. |
Mendapatkan skor; 4, jika seluruh urutan dituliskan dengan benar dan isi benar. 3, jika urutan
dituliskan salah tetapi isi
benar. 2, jika sebagian urutan dituliskan dengan benar dan sebagian isi benar. 1,
jika urutan dituliskan salah dan
sebagian besar isi salah. |
|
|
Kunci: 1) Berdiri dengan
sikap anjur kiri. 2) Hitungan 1: silangkan kaki
kiri di muka kaki kanan. 3) Kruispas dapat
pula dilakukan ke belakang. 4) Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4. |
3.
Asesmen Keterampilan
a.
Tes kinerja aktivitas gerak spesifik tolak
peluru.
1)
Butir Tes
Lakukan
aktivitas keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki
ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak berirama. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
2)
Petunjuk Asesmen
Berikan (angka) pada
kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan
keterampilan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik Asesmen
Keterampilan Gerak
Contoh
lembar asesmen proses gerak untuk perorangan (setiap
peserta didik satu lembar
asesmen).
Nama : Kelas:
No |
Indikator Esensial |
Uraian Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Posisi dan Sikap
Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan Gerak |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
3. |
Posisi dan Sikap
Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
Perolehan/Skor maksimum X 100% = Skor Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a)
Pedoman penskoran
1) Sikap awal
Skor 3 jika:
a) berdiri tegak kedua kaki sejajar.
b) kedua tangan di samping
paha.
c) siku ditekuk sikap berdiri tegak.
Skor 2 jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar. Skor 1 jika
: hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
2) Sikap pelaksanaan
Skor 4 jika:
a) langkahkan kaki kiri ke depan.
b) berat badan
pada kaki kiri.
c) kaki kanan terlepas
dari lantai.
d) tangan kanan diayunkan ke depan.
Skor 3 jika
: hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor 2 jika : hanya dua sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar. Skor 1 jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
3) Sikap akhir
Skor 3 jika:
a) badan condong
ke depan.
b) kedua tangan dilipat di
depan.
c) berdiri sikap sempurna.
Skor 2 jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar. Skor 1 jika
: hanya satu kriteria yang dilakukan
secara benar.
b) Pengolahan skor Skor maksimum: 10
Skor perolehan
peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/10.
5)
Lembar pengamatan asesmen hasil
keterampilan gerak variasi dan kombinasi rangkaian langkah kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak berirama.
a) Asesmen hasil
keterampilan gerak variasi dan kombinasi rangkaian langkah kaki dan ayunan
lengan
(1) Tahap pelaksanaan pengukuran
Asesmen hasil/produk keterampilan gerak variasi dan kombinasi rangkaian
aktivitas gerak berirama yang dilakukan peserta didik memperagakan variasi dan
kombinasi rangkaian langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama dengan cara:
(a) Mula-mula peserta
didik berdiri santai membentuk lingkaran.
(b) Setelah petugas
pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai melakukan keterampilan
gerak langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama.
(c) Petugas menilai ketepatan melakukan gerakan
yang dilakukan oleh peserta
didik.
(d) Ketepatan gerakan
yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
(2) Konversi ketepatan
dan kecepatan melakukan gerakan dengan skor
No. |
Jenis Gerakan |
Kriteria Pengskoran |
1. |
Gerakan melompat |
2 |
2. |
Gerakan keseimbangan |
3 |
3. |
Gerakan pivots |
3 |
4. |
Gerakan flexibility |
2 |
5. |
Keserasian gerakan |
2 |
Jumlah Skor Maksimal |
12 |
1.
Pengayaan
Pengayaan
diberikan oleh guru terhadap proses pembelajaran yang dilakukan pada setiap
aktivitas pembelajaran. Pengayaan dilakukan apabila setelah diadakan asesmen
pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik pada setiap aktivitas
pembelajaran, nilai yang dicapai melampaui kompetensi yang telah ditetapkan
oleh guru. Pengayaan dilakukan dengan cara menaikkan tingkat kesulitan
permainan dengan cara mengubah jumlah pemain, memperketat peraturan, menambah
alat yang digunakan, serta menambah
tingkat kesulitan tugas keterampilan yang diberikan.
2.
Remidial
Remidial
dilakukan oleh guru terintegrasi dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan intervensi yang sesuai dengan
level kompetensi peserta didik dari mana guru mengetahui level kompetensi
peserta didik. Level kompetensi diketahui dari refleksi yang dilakukan setiap
kali pembelajaran. Remedial dilakukan
dengan cara menetapkan atau menurunkan tingkat kesulitan dalam materi
pembelajaran.
1.
Refleksi Peserta
Didik
a. Kesulitan-kesulitan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan aktivitas
keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
b. Kesalahan-kesalahan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan aktivitas
keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
c. Bagaimana
cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang peserta didik alami/ temukan dalam
melakukan aktivitas keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
2.
Refleksi Guru
Refleksi yang dilakukan oleh guru terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas pembelajaran. Hasil refleksi
bisa digunakan untuk menentukan perlakuan
kepada peserta didik, apakah remedial atau pengayaan. Remedial dan pengayaanya
di dalam pembelajaran, tidak terpisah setelah pembelajaran. Hal-hal yang perlu
mendapat perhatian dalam refleksi guru antara lain:
a. Apakah kegiatan
pembelajaran dapat berjalan
dengan baik?
b. Kesulitan-kesulitan
apa saja yang dialami/temukan dalam proses aktivitas keterampilan gerak variasi
dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
c. Apa
yang harus diperbaiki dan bagaimana cara memperbaiki proses aktivitas
keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
berirama tersebut.
d. Bagaimana
keterlibatan peserta didik dalam proses aktivitas keterampilan gerak variasi
dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama tersebut.
Tanggal : .................................................................
Lingkup/materi pembelajaran : .................................................................
Nama Siswa : .................................................................
Fase/Kelas : E / X
1.
Panduan umum
a. Pastikan Kalian dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti aktivitas pembelajaran.
b. Ikuti
gerakan pemanasan dengan baik, sesuai dengan instruksi yang diberikan guru
untuk menghindari cidera.
c. Mulailah kegiatan
dengan berdo’a.
d.
Selama kegiatan perhatikan selalu keselamatan diri dan keselamatan bersama.
2.
Panduan aktivitas pembelajaran
a.
Bersama dengan teman,
buatlah kelompok sejumlah
maksimal 8 orang.
b. Lakukan aktivitas
pembelajaran gerak spesifik
tolak peluru secara berpasangan dengan temanmu satu kelompok.
c.
Perhatikan penjelasan berikut
ini:
Cara melakukan aktivitas keterampilan gerak variasi dan
kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak beriramaantara lain:
1) Aktivitas
keterampilan gerak langkah kaki (langkah biasa, langkah rapat, langkah tiga, da langkah ganti).
2) Aktivitas
keterampilan gerak ayunan lengan (ayunan satu
lengan ke belakang dan ke depan, ayunan dua lengan ke belakang dan ke
depan, ayunan lengan silang dan rentang, dan ayunan satu lengan melingkar di
atas kepala).
3) Aktivitas
keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
berirama.
3.
Bahan Bacaan
Peserta Didik
a. Peraturan
pertandingan aktivitas keterampilan gerak berirama (senam ritmik) yang standar.
Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh melalui:
buku, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya.
b. Materi
keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. Untuk membantu dalam
mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh melalui: buku, majalah, koran,
internet, atau sumber lainnya.
4.
Bahan Bacaan Guru
a. Teknik
aktivitas keterampilan gerak variasi
dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
b. Bentuk-bentuk
aktivitas keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki
ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak berirama.
Glosarium |
·
Aktivitas gerak berirama: Bentuk
gerakan senam yang menekankan pada mat dan irama, kelentukan tubuh dalam
gerakan dan kontinuitas gerakan. ·
Aktivitas gerak ritmik: Rangkaian
gerak manusia yang dilakukan dalam ikatan pola irama, disesuaikan dengan
perubahan tempo, atau semata-mata gerak ekspresi tubuh mengikuti iringan
musik atau ketukan di luar musik. ·
Mengayun: Menggerakkan lengan
dan/atau tungkai ke depan, belakang, dan/atau ke samping. ·
Senam irama: Rangkaian gerak manusia yang
dilakukan dalam ikatan
pola irama, disesuaikan dengan perubahan tempo, atau semat-mata gerak ekspresi
tubuh mengikuti iringan musik atau ketukan di luar musik. |
Referensi |
Muhajir. 2017.
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMA/MA Kelas
X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMA/MA Kelas
X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2020. Belajar dan Berlatih Aktivitas Gerak Berirama. Bandung: Sahara Multi Trading. Tim Direktorat SMA. 2017. Panduan Asesmen
oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Tim Direktorat SMA.
2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
Kepala SMKN 4 BANDUNG |
.Bandung,
Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
Dr. Agus Setiawan,
S.Pd, M.Si NIP. 196801241998031003 |
Nana Suryana,
S.Pd, M.Pd NIP.
197003132008011005 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar