MODUL AJAR RENANG PJOK SMA/MA FASE E KELAS X

 

 

 

 

MODUL AJAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR PJOK SMA/MA FASE E KELAS X

I.  Informasi Umum

1. Identitas Modul

Kode Modul Ajar

PJOK Pase E

Nama Penyusun/Institusi/Tahun

Nana Suryana, SPd, MPd / SMKN 4 BANDUNG/2022

Jenjang Sekolah

Sekolah Menengah Kejuruan

Fase/Kelas

E / X (Sepuluh)

Alokasi waktu (menit)

3 x 45 menit

Jumlah Pertemuan (JP)

3 JP x 4 Pertemuan

Domain

Renang

 

2.  Komptensi Awal

Peserta didik sudah memahami tehnik dasar dalam Renang Gaya Bebas

 

3.  Profil Pelajar Pancasila

·       Mandiri: Peserta didik dapat Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu Renang (Gaya Bebas)untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

·       Kreatif: Peserta didik dapat menciptakan permainan dengan memodifikasikan materi Renang (Gaya Bebas).

·       Bergotong royong: Melakukan praktik kegiatan Renang (Gaya Bebas) secara bersama-sama dengan menganalisi kesalahan yang dilakukan oleh teman lannya.

4.  Sarana dan Prasarana

·       Kolam renang

·       Pluit

·       Stopwach

·       Gambar

·       Video pembelajaran

·       Hp dan Laptop

                                          Target peserta didik

·       Jumlah peserta didik yang terdiri dari 36 peserta didik dalam 1 kelas dan terdiri dari 5 kelas.

5.  Model pembelajaran

·       Project Based Learning

·       Tatap Muka

II.  Komponen Inti

7.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:

1.      Menunjukkan perilaku baik dengan melakukan gerakan sesuai fungsi tubuh.

2.      Menunjukkan permainan tidak curang.

3.      Merapihkan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.

4.      Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan oranglain.

5.      Mampu saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakanrenang.

6.      Melakukan permainan dengan tidak menguasai alat  atau lapangan sendiri.

7.      Menganalisis dan mempraktikkan keterampilan pengambilan nafas renangGaya Bebas dengan baik.

8.      Menganalisis dan mempraktikkan keterampilan koordinasi gerakan renangGaya Bebas dengan baik

8.  Pemahaman bermakna

Cari informasi tentang tiga gaya renang yang berbeda dan identifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air, gerakan kaki, ayunan lengan, cara pengambilan napas renang Gaya Bebas dari modul ini atau sumber media cetak lain atau elektronik atau teman yang sedang melakukan kegiatan. Secara bergantian, saling bertanyalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan teknik dasar tiga gaya renang yang berbeda, teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air, gerakan kaki, ayunan lengan, cara pengambilan napas renang Gaya Bebas, termasuk manfaat permainan renang terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan dipergunakan dalam renang Gaya Bebas serta sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran melalui renang terhadap pribadi peserta didik

9.  Pertanyaan pemantik

·       Apa yang kalian ketahui mengenai Renang (Gaya Bebas)?

·       Apa saja teknik dasar dalam Renang (Gaya Bebas)?

·       Kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat mempraktikan Renang (Gaya Bebas)?

10.  Kegiatan Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

·      Model:

Pembelajaran tatap muka.

·      Metode:

Komando

·      Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran:

o   Kolam renang

o   Matras

o   Stopwach

o   Gambar

o   Video pembelajaran

·      Sumber Belajar:

o   Muhajir. 2016. PJOK (Buku peserta didik). Jakarta: PT. Erlangga (hal.188-201).

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Erlangga (hal. 144-152).

·      Produk:

Keterampilan renang Gaya Bebas.

·      Deskripsi:

Peserta didik secara berkelompok memahami dan melakukan aktivitas keterampilan rangkaian gerak renang Gaya Bebas.

.

1.     Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.     Peserta didik berbaris dan mengucapkan salam, berdoa, dan guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat.

b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.

c.     Peserta didik melakukan pemanasan (peregangan statis), kemudian dilanjutkan dengan pemanasan dalam bentuk game (lomba lompat-lompat katak).

2.     Kegiatan Inti (105 Menit)

Peserta didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang aktivitas keterampilan renang Gaya Bebas.

a.     baik melalui video pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta didik.

b.    Peserta didik mencoba hasil analisis aktivitas keterampilan rangkaian gerak senam lantai, yang telah diperlihatkan melalui video pembelajaran, gambar, atau diperagakan oleh guru atau peserta didik.

Peserta didik melakukan hasil analisis aktivitas keterampilan rangkaian gerak renang Gaya Bebas.

c.     secara berulang-ulang sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru.

Peserta didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal, tentang hasil analisis aktivitas keterampilan gerak renang Gaya Bebas..

d.    Seluruh hasil analisis aktivitas keterampilan rangkaian gerak renang Gaya Bebas, yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan dalam melakukan gerakan.

e.     Guru mengamati seluruh aktivitas peserta didik dalam melakukan hasil analisis aktivitas keterampilan rangkaian gerak renang Gaya Bebas secara seksama. Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.

3.     Kegiatan Penutup (15 menit)

a.     Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum. Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran.

b.    Peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan.

c.     Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.

 

11.  Asesmen

Sikap               : Komitmen peserta didik untuk tepat waktu dalam pembelajaran praktik maupun dalam kelas sat mengganti pakaian olahraga dan pengumpulan tugas.

Pengetahuan   : Peserta didik dapat Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan aktivitas keterampilan gerak senam lantai dengan benar.

Keterampilan : Peserta didik dapat Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan hasil analisis aktivitas keterampilan gerak Renang (Gaya Bebas)dengan benar.

 

Tagihan 1/PT 1 (rangkaian lompat kangkang).

Pengetahuan

Keterampilan

Gerakan

Kesalahan

Perbaikan

Awal

pelaksana

Akhir

 

 

 

 

 

 

Tagihan 2/PT 2 (rangkaian lompat jongkok).

1.  Buatlah kesimpulan hasil dari pembelajaran

Renang (Gaya Bebas).

2.  Buatlah kliping atau makalah tentang aktivitas Renang (Gaya Bebas).

Awal

pelaksana

Akhir

 

Keterangan: C : 75-83

B: 84-91

A: 92-100

 

12.  Pengayaan dan remedial

Peserta didik membuat makalah tentang Senam Lantai dan menyajikannya sebelum memasuki materi selanjutnya.

 

13.  Refleksi peserta didik dan guru

·       Untuk Peserta Didik

1)  Bagaimana perasaanmu setelah mengikuti pemebelajaran?

2)  Apa capaian baik yang kamy temukan dalam pembelajaran ini?

3)  Apa saja hambatan dan tantangan dalam melakukan kegiatan pembelajaran? Bagiamana solusinya?

4)  Saran dan masukan?

·       Untuk Guru

1)  Apa hal menarik yang saya dapatkan ketika melakukan kegiatan pembelajaran ini?

2)  Apa saja hambatan dan tantangan dalam melakukan kegiatan ini?

3)  Upaya apa saja yang akan dilakukan untuk menyelesaikan hambatan dan tantangan tersebut?

 

III.  LAMPIRAN

14.  Lembar Kerja Peserta Didik

Nama :

Tanggal :

1.           Amati sebuah pertandingan Renang (Gaya Bebas)melaui video kemudian buatlah laporan singkat hasil pertandingan dan jelaskan secara singkat teknik dasar permainan yangbisa kita kembangkan.

 

Nama              :

Tanggal          :

Proposal Proyek

 

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan uraiansingkat dengan jelas!

 

1.       Bagaimanakah gerakan lengan yang benar pada renang Gaya Bebas ?

2.       Bagaimanakah gerakan kaki yang benar pada renang Gaya Bebas?

3.       Bagaimanakah gerakan pernafasan pada renang Gaya Bebas?

4.       Bagaimanakah gerakan koordinasi pada gerakan renang Gaya Bebas?

 

Anggota Kelompok :

Judul Proyek :

Lembar Kontrol

Lakukan pengamatan secara berkala

Kotak Teks: Kondisi sebelum


 

 

NO

TANGGAL

KONDISI SESUDAH

PENGAMAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Nama              :

Tanggal           :

Jurnal Refleksi Proyek

Kotak Teks: Hal yang membanggakan dari proyek ini?


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Variasi Latihan Gerakan kaki Gaya Bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Menganalisis Keterampilan satu gaya  Renang (Renang Gaya Bebas)


 

 

Variasi Latihan Gerakan ngan gaya Beba


 

 

 

Kotak Teks: Pertanyaan baru yang muncul seusai proyek?

 

15.  Bahan bacaan guru

 

RUBRIK PENILAIAN LAPORAN PROYEK PENELITIAN

 

Indikator Keterampilan Riset Peserta didik

Kriteria Kelulusan Keterampilan Riset Peserta didik

Gagal

Berhasil

Istimewa

 

Tidak memenuhi persyaratan

minimum

Memenuhi persyaratan minimum

Menunjukkan tingkat pemahaman yang

tinggi

Peserta didik menanggapi pertanyaan / tujuan / hipotesis yang diminta secara implisit dalam inkuiri tertutup.

Rumusan masalah tidak sesuai dengan topik penelitian.

Rumusan masalah sesuai topik permasalahan dan mengandung dua variabel penelitian.

Rumusan masalah memenuhi 3 kriteria:sesuai dengan topik penelitian, mengandung dua variabel penelitian, dibuat dalam kalimat tanya

secara efektif.

Hipotesis penelitian tidak sesuai dengan rumusan masalah.

Hipotesis sesuai dengan rumusan masalah dan mengandung dua variabel.

Hipotesis sesuai dengan rumusan masalah dan mengandung dua variabel dalam kalimat

pernyataan yang efektif.

Peserta didik mengumpulkan dan mencatat data/ informasi yang telah ditentukan guru dari sumber yang disediakan, memilih metodologi yang tepat dari sumber yang disediakan.

Dasar teori penelitian tidak sesuai dengan rumusan masalah.

Dasar teori penelitian relevan dengan rumusan masalah dan sumber referensi memadai yang disediakan oleh guru.

Dasar teori penelitian relevan dengan rumusan masalah dan sumber referensi memadai selain yang disediakan oleh

guru.

Metode/ langkah kerja tidak sesuai dengan rumusan masalah/ hipotesis

Metode/ langkah kerja sesuai dengan rumusan masalah/ hipotesis sesuai yang disarankan

oleh guru yaitu melalui uji organoleptik.

Metode/langkah kerja sesuai dengan rumusan masalah / hipotesis dan inovatif (berbeda dengan

metode yang disarankan oleh guru).

Peserta didik mengevaluasi informasi / data dan proses penyelidikan secara komprehensif dengan menggunakan kriteria yang ditentukan oleh guru.

Peserta didik tidak mengevaluasi data dan proses penelitian untuk menghasilkan data penelitian yang lebih baik.

Peserta didik mengevaluasi data dan proses penelitian secara komprehensif menggunakan kriteria yang ditentukan oleh guru yaitu pengambilan

data minimal dua kali.

Peserta didik mengevaluasi data dan proses penelitian secara komprehensif menggunakan kriteria sendiri yang memadai.

Peserta didik mengelola dan mengatur informasi/ data penelitian menggunakan struktur dan proses yang disarankan oleh guru.

Peserta didik tidak dapat mengorganisasi dan mengatur informasi atau data untuk mengungkapkan pola.

Peserta didik dapat mengorganisasi dan mengatur informasi/ data secara sistematis sesuai yang disarankan oleh guru dalam bentuk tabel

atau persentase.

Peserta didik dapat mengorganisasi dan mengatur informasi/ data secara sistematis secara mandiri.

Peserta didik menerapkan pengetahuan baru untuk memecahkan permasalahan.

Peserta didik tidak dapat menerapkan pengetahuan baru

yang didapatkan untuk memecahkan permasalah

Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan baru yang

didapatkan tentang teknologi renang Gaya Bebas dalam kasus yang sama dengan sumber belajar

Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan baru yang

didapatkan tentang teknologi Gaya Bebas dalam kasus yang berbeda dengan sumber

belajar yang diberikan.

Menggunakan beberapa disiplin bahasa spesifik dan genre yang ditentukan guru untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan pemahaman untuk audiens yang ditentukan.

Tata cara penulisan tidak memperhatikan ejaan yang

disempurnakan (EYD) secara konsisten.

Tata cara penulisan tidak memperhatikan ejaan yang

disempurnakan (EYD) di beberapa tempat.

Tata cara penulisan memperhatikan ejaan yang disempurnakan (EYD) secara konsisten.

 

Argumentasi tidak terstruktur dan tidak

didukung oleh sitasi yang ilmiah.

Argumentasi terstruktur dan tidak didukung oleh sitasi yang ilmiah.

Argumentasi terstruktur dan didukung oleh sitasi yang ilmiah.


 

16.  Glosarium

GLOSARIUM

Keterampilan gerak

:

Kemampuan penguasaan gerak cabang olahraga dengan baik.

 

 

Pendidikan Jasmani

 

 

:

 

Pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan meningkatkan

individu secara organik, neuromuscular, intelektual dan emosional melalui aktivitas fisik

 

Front crawl

 

:

Berenang    dengan     posisi    dada                    menghadap           ke permukaan air

 

Best Stroke

 

:

Berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, Kedua belah kaki menendang ke arah samping luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan



DAFTAR PUSTAKA


Rosyid,         Abdul.        (2008).          Cara        Bernafas         dalam         Renang         Gaya Bebas. https://abdurrosyid.wordpress.com/2008/06/02/cara-bernafas-dalam-renang- gaya-bebas/. (diakses tanggal 27 Oktober 2020).

 

Wikipedia. (2013). Renang. https://map-bms.wikipedia.org/wiki/Renang. (diakses tanggal27 Oktober 2020)

 

Dudih Rohaedi.(2008). Memantapkan Persiapan Renang. http://www.akademi-renang.com/. (di akses tanggal 27 Oktober 2020).

Erwin. (2008). Renang Gaya Bebas. http://belajarrenang.com/. (di akses tanggal 27Oktober 2020). Purnomo.(2007). Manfaat                                     Renang.  http://www.bloggaul.com/purnomo_w/readblog

/83436/renang-manfaatnya-g-d-lho. (di akses tanggal 27 Oktober 2020).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 4 BANDUNG

 

 

 

 

Dr Agus Setiawan, SPd, M.Si

NIP.

Bandung, 24 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran,

Nana Suryana, SPd, MPd NIP. 197003132008011005

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar