PERANGKAT
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMKN 4 BANDUNG
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X/ganjil
dan genap
Fase
: E
CAPAIAN PEMBELAJARAN PJOK
Pada akhir fase E, peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan
nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi
pengetahuan yang benar,
mengevaluasi dan mempraktikkan latihan
pengembangan kebugaran jasmani
terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat,
serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai
aktivitas jasmani.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN
Elemen
Keterampilan Gerak |
Pada akhir fase E peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam
mempraktikkan hasil evaluasi penerapan keterampilan gerak
berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional) secara matang
pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari |
Elemen
Pengetahuan Gerak |
Pada akhir fase E
peserta didik dapat mengevaluasi fakta,
konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan evaluasi penerapan keterampilan gerak
berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak
berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional)
pada permainan, aktivitas
jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari. |
Elemen Pemanfaatan |
Pada akhir fase E
peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur
dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness
related health) dan kebugaran jasmani
terkait keterampilan (physical fittness related skills), berdasarkan
prinsip latihan (Frequency,
Intensity, Time, Type/FITT)
untuk mendapatkan
kebugaran dengan status baik. Peserta didik
juga dapat menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan
pola perilaku hidup sehat berupa penerapan konsep dan prinsip
pergaulan sehat antar remaja
dan orang lain di sekitarnya. |
Elemen Pengembangan
Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak |
Pada akhir fase E
peserta didik mengembangkan tanggung jawab sosialnya dalam kelompok kecil
untuk melakukan perubahan positif,
menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan
mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan
sosial lainnya. Peserta didik juga dapat menumbuhkembangkan cara menghadapi tantangan
dalam aktivitas jasmani. |
TUJUAN
PEMBELAJARAN FASE E
Mata
Pelajaran PJOK
Materi |
Tujuan Pembelajaran |
1. Permainan
Sepak Bola |
1.1.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola
permainan sepak bola dengan baik. 1.1.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi
keterampilan gerak menendang/
mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola
dengan baik. |
2. Permainan
Bola Basket |
2.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola
basket dengan baik 2.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper,
menangkap, menggiring, menembak, rebound,
dan pivot permainan bola basket dengan baik |
3. Permainan
Bola Voli |
3.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/ bendungan permainan bola voli
dengan baik. 3.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/bendungan permainan bola voli
dengan baik |
4. Permainan
Bulutangkis |
4.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak spesifik memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork,
servis panjang, servis pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smash permainan bulu tangkis dengan
baik.
4.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang raket, posisi
berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis
pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smes
permainan bulu tangkis dengan baik. |
5. Permainan
Tenis Meja |
5.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak memegang bet, posisi berdiri/ stance,
gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smash permainan tenis meja dengan
baik. 5.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak memegang bet, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan
baik. |
6. Permainan
Softball |
6.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan
softball dengan baik. 6.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan
softball dengan baik. |
7. Pencak
Silat |
7.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan
hindaran pencak silat dengan baik 7.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pola
langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat
dengan baik |
8. Atletik
(Jalan Cepat, lari jarak pendek, lompat jauh, tolak peluru) |
8.1.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak start, gerakan jalan cepat,
dan memasuki garis finish jalan
cepat dengan baik. 8.1.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik. 8.2.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak start, gerakan lari jarak
pendek, dan memasuki garis finis lari
jarak pendek dengan baik. 8.2.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak start, gerakan lari jarak
pendek, dan memasuki garis finis lari
jarak pendek dengan baik 8.3.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh
dengan baik. 8.3.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh
dengan baik. 8.4.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. 8.4.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak
peluru tolak peluru dengan baik. |
9. Aktivitas
Gerak Berirama |
9.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam
aktivitas gerak berirama dengan baik. 9.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak
pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik. |
10. Aktivitas
Senam |
10.1 Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi mempraktikkan
berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan
guling lenting senam lantai dengan baik. 10.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling
belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik. |
11. Aktivitas
Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) |
11.1 Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan
keterampilan
renang gaya dada menempuh
jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan
penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang
baik. 11.2 Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak keterampilan renang
gaya bebas menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan
penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. |
12. Aktivitas jasmani dan aktivitas kebugaran untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan: |
12.1 Peserta
didik dapat mengevaluasi konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani
yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media
yang sesuai. 12.2 Peserta
didik dapat mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media
yang sesuai |
13. Pola perilaku hidup sehat |
15. Peserta
didik mampu menerapkan berbagai
peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar
narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan
obat berbahaya lainnya. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN PJOK
MATERI |
KATA FRASA/KUNCI |
ALOKASI WAKTU |
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
GLOSARIUM |
|
1.
Permainan
dan Olahraga Pilihan 1.1 Permainan
sepak bola: menendang mengoper, menghentikan, menggiring, menyundul, dan melempar bola ke dalam |
Pengetahuan: Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak menendang/ mengoper,menghentikan, menggiring, dan menyundul bola
permainan sepak bola dengan baik. |
Keterampilan: Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi
keterampilan gerak menendang/
mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola
dengan baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah
dimensi Mandiri dan Gotong Royong. |
Profil Pelajar Pancasila: Tujuan besar (atau bahkan misi) yang ingin
diwujudkan melalui sistem pendidikan. Profil lulusan, dalam konteks ini adalah Profil
Pelajar Pancasila, merupakan jawaban dari pertanyaan penting: “Karakter serta
kemampuan esensial apa yang perlu dipelajari dan dikembangkan terus-menerus
oleh setiap individu warga negara Indonesia, sejak pendidikan anak usia dini
hingga mereka menamatkan sekolah menengah atas?” Keterampilan gerak: Gerakan-gerakan
dasar dalam olahraga yang dilakukan dengan satu teknik, kemudian gerakan yang dilakukan secara efektif dan efisien
untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk menjadi seorang
olahragawan diperlukan keterampilan gerak yang
baik agar dapat mencapai prestasi. Permainan Invasi/ Serangan (Invasion Games) adalah Permainan
tim dimana skor diperoleh jika pemain secara beregu mampu memanipulasi bola
atau proyektil sejenis untuk dimasukkan ke gawang lawan atau ke daerah tertentu lebih banyak dari lawan
dan mampu mempertahankan daerah gawangnya atau lapangannya
dari kemasukan oleh lawan. Pengetahuan gerak: cara untuk
mengembangkan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi semua makhluk hidup.
Selain itu keterampilan ilmu
pengetahuan tersebut berfungi untuk |
1.2 Permainan
Bola Basket: melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola
basket dengan baik |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper,
menangkap, menggiring, menembak, rebound,
dan pivot permainan bola basket dengan baik |
3 JP
X 3 Pertemuan |
||
1.3 Permainan
Bola Voli: passing bawah,
passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/ bendungan |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/ bendungan permainan bola voli
dengan baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/bendungan permainan bola voli
dengan baik |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
Permainan Net (Net/ Wall Games): Permainan
tim atau indvidu dimana skor didapat apabila mampu memberikan bola atau
proyektil sejenis jatuh pada lapangan lawan agar tidak bisa dikembalikan
dengan jalan melewatkan bola melalui net dengan tinggi tertentu. Permainan
ini mensyaratkan untuk memanipulasi bola atau proyektil sejenis untuk
ditempatkan pada lapangan kosong lawan |
1.4 Permainan
Bulutangkis: memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork,
servis panjang, servis pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smash |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak spesifik memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork,
servis panjang, servis pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smash permainan bulu tangkis dengan
baik.
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang raket, posisi
berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis
pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smes
permainan bulu tangkis dengan baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
|
1.5 Permainan
Tenis Meja memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ foot-work,
servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand,
dan smash |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak memegang bet, posisi berdiri/ stance,
gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smash permainan tenis meja dengan
baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak memegang bet, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan
baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
|
1.6 Permainan
Softball: melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola,
berlari ke base, dan mematikan
lawan |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan
softball dengan baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan
softball dengan baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
Permainan Lapangan (Striking/Ffielding
Games): Permainan tim
yang cara mendapatkan skornya dengan cara memukul sebuah bola atau proyektil
sejenis untuk ditempatkan pada tempat tertentu atau agar tidak tertangkap
oleh pemain jaga, sehingga si pemukul dapat berlari
menuju pada daerah aman atau bahkan mampu melewati keliling ke beberapa
daerah aman dan kembali ke tempat
semula. Permainan ini |
1.7 Pencak
Silat: kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan,
tangkisan, elakan, dan hindaran |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan
hindaran pencak silat dengan baik |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pola
langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat
dengan baik |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
|
1.8 Atletik
a. Jalan
cepat: start, gerakan jalan
cepat, dan memasuki garis finish b. Lari
jarak pendek: start, gerakan lari
jarak pendek, dan memasuki garis finish c. Lompat
jauh: awalan,
tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat d. Tolak
Peluru : memegang
peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru |
- Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak start, gerakan jalan cepat,
dan memasuki garis finish jalan
cepat dengan baik. - Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak start, gerakan lari jarak
pendek, dan memasuki garis finish lari
jarak pendek dengan baik - Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh
dengan baik. - Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur
gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. |
- Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik. - Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampila gerak
start, gerakan lari jarak pendek,
dan memasuki garis finish lari
jarak pendek dengan baik. - Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh
dengan baik. - Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak
peluru tolak peluru dengan baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
|
1.9 Aktivitas
Gerak Berirama: kombinasi
gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama. |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam
aktivitas gerak berirama dengan baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak
pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
|
1.10 Aktivitas
Senam - Mempraktikkan
berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai. - Mengevaluasi
hasil evaluasi berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai. |
Peserta
didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi mempraktikkan
berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan
guling lenting senam lantai dengan baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling
belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik. |
3 JP
X 4 Pertemuan |
|
|
1.11 Aktivitas
Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) - Mempraktikkan
keterampilan renang gaya dada
menempuh jarak 25 meter, serta bentuk bentuk keselamatan penyelamatan dan
keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan keterampilan renang
gaya dada menempuh
jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan
keselamatan di air dengan koordinasi yang
baik. |
Peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak keterampilan renang
gaya bebas menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan
penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. |
3 JP
X 4 Pertemuan |
|
|
1.12 Aktivitas jasmani dan aktivitas kebugaran untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan: - Mengevaluasi
konsep dan mampu mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani
yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya
melalui media yang sesuai. |
Peserta didik
dapat mengevaluasi konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media
yang sesuai. |
Peserta
didik dapat mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media
yang sesuai |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
Hasil yang
diperoleh dari aktivitas fisik dan aktivitas kebugaran secara menyeluruh (total fitness) yang
memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik yang
wajar. |
1.13
Pola perilaku hidup sehat : -
Memahami dan mampu
menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur pola perilaku hidup sehat. |
Peserta
didik dapat memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan
menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah. |
Peserta
didik mampu menerapkan berbagai
peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar
narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan
obat berbahaya lainnya. |
3 JP
X 3 Pertemuan |
|
Mengetahui, Kepala SMKN 4 Bandung Drs. Agus Setiawan, S.Pd, M.Si NIP. 19680124 199803 1 005 Bandung, Juli 2024 Guru PJOK SMKN 4 Bandung Nana Suryana, S.Pd, M.Pd NIP. 197003132008011005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar