CAPAIAN PEMEBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

 


            PERANGKAT PEMBELAJARAN

 

Sekolah                               : SMKN 4 BANDUNG

Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                  : X/ganjil dan genap

Fase                                    : E

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PJOK

Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas  jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil  evaluasi          pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait  kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani  terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.

 

                                            


CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN

Elemen Keterampilan Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil evaluasi penerapan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional) secara matang pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari

Elemen Pengetahuan  Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan evaluasi penerapan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional) pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari.

Elemen Pemanfaatan
Gerak

Pada akhir fase E peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl  fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan pola perilaku hidup sehat berupa penerapan konsep dan prinsip pergaulan sehat antar remaja dan orang lain di sekitarnya.

Elemen Pengembangan  Karakter dan  Internalisasi Nilai-nilai  Gerak

Pada akhir fase E peserta didik mengembangkan tanggung jawab sosialnya dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja  kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya. Peserta didik juga dapat menumbuhkembangkan cara menghadapi  tantangan dalam aktivitas jasmani.

 

 

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN FASE E

Mata Pelajaran PJOK

 

Materi

Tujuan Pembelajaran

1.     Permainan Sepak Bola

1.1.1       Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik.

1.1.2       Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan  gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik.

2.     Permainan Bola Basket

2.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket dengan baik

2.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket dengan baik

3.     Permainan Bola Voli

3.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/ bendungan permainan bola voli dengan baik.

3.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/bendungan permainan bola voli dengan baik

4.     Permainan Bulutangkis

4.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak spesifik memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smash permainan bulu tangkis dengan baik. 

4.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan  backhand, dan pukulan smes permainan bulu tangkis dengan baik.

5.     Permainan Tenis Meja

5.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smash permainan tenis meja dengan baik.

5.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang bet, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan baik.

6.     Permainan Softball

6.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan softball dengan baik.

6.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan softball dengan baik.

7.     Pencak Silat

7.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik

7.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik

8.     Atletik (Jalan Cepat, lari jarak pendek, lompat jauh, tolak peluru)

8.1.1    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finish jalan cepat dengan baik.

8.1.2    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak  start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik.

8.2.1    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finis lari jarak pendek dengan baik.

8.2.2    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finis lari jarak pendek dengan baik

8.3.1    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik.

8.3.2    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik. 

 

8.4.1    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan  tolak peluru tolak peluru dengan baik.

8.4.2    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. 

9.     Aktivitas Gerak Berirama

9.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik.

9.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik. 

10.  Aktivitas Senam

10.1  Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi mempraktikkan berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik.

10.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik.

11.  Aktivitas Permainan dan

Olahraga Air (Pilihan)   

 

11.1  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan keterampilan renang gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.

11.2  Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak keterampilan renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.

12.  Aktivitas jasmani dan aktivitas kebugaran untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan:

 

 

12.1   Peserta didik dapat mengevaluasi konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai.

 

12.2   Peserta didik dapat mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai

13.  Pola perilaku hidup sehat

  1. Peserta didik dapat memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah.

15.  Peserta didik mampu  menerapkan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya.

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN PJOK

MATERI

KATA FRASA/KUNCI

ALOKASI WAKTU

PROFIL PELAJAR PANCASILA

GLOSARIUM

1.     Permainan dan Olahraga Pilihan

1.1  Permainan sepak bola: menendang mengoper, menghentikan, menggiring,  menyundul, dan melempar bola ke dalam

Pengetahuan:

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak menendang/ mengoper,menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik.

 

Keterampilan:

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan  gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik.

 

3 JP X 3 Pertemuan

Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah dimensi Mandiri dan Gotong Royong.

 

 

 

Profil Pelajar Pancasila: Tujuan besar (atau bahkan misi) yang ingin diwujudkan melalui sistem pendidikan. Profil lulusan, dalam konteks ini adalah Profil Pelajar Pancasila, merupakan jawaban dari pertanyaan penting: “Karakter serta kemampuan esensial apa yang perlu dipelajari dan dikembangkan terus-menerus oleh setiap individu warga negara Indonesia, sejak pendidikan anak usia dini hingga mereka menamatkan sekolah menengah atas?”

 

Keterampilan gerak: Gerakan-gerakan dasar dalam olahraga yang dilakukan dengan satu teknik, kemudian gerakan yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk menjadi seorang olahragawan diperlukan keterampilan gerak yang baik agar dapat mencapai prestasi.

 

Permainan Invasi/ Serangan (Invasion Games) adalah Permainan tim dimana skor diperoleh jika pemain secara beregu mampu memanipulasi bola atau proyektil sejenis untuk dimasukkan ke gawang lawan atau ke daerah tertentu lebih banyak dari lawan dan mampu mempertahankan daerah gawangnya atau lapangannya dari kemasukan oleh lawan.

 

Pengetahuan gerak: cara untuk mengembangkan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Selain itu keterampilan ilmu pengetahuan tersebut berfungi untuk

1.2   Permainan Bola Basket:

melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket dengan baik

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket dengan baik

3 JP X 3 Pertemuan

1.3   Permainan Bola Voli:

passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/ bendungan

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/ bendungan permainan bola voli dengan baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/bendungan permainan bola voli dengan baik

3 JP X 3 Pertemuan

 

Permainan Net (Net/ Wall Games): Permainan tim atau indvidu dimana skor didapat apabila mampu memberikan bola atau proyektil sejenis jatuh pada lapangan lawan agar tidak bisa dikembalikan dengan jalan melewatkan bola melalui net dengan tinggi tertentu. Permainan ini mensyaratkan untuk memanipulasi bola atau proyektil sejenis untuk ditempatkan pada lapangan kosong lawan

1.4   Permainan Bulutangkis:

memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smash

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak spesifik memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smash permainan bulu tangkis dengan baik. 

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan  backhand, dan pukulan smes permainan bulu tangkis dengan baik.

3 JP X 3 Pertemuan

 

 

1.5   Permainan Tenis Meja

memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smash

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smash permainan tenis meja dengan baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang bet, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan baik.

3 JP X 3 Pertemuan

 

1.6  Permainan Softball:

melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan softball dengan baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan softball dengan baik.

3 JP X 3 Pertemuan

 

Permainan Lapangan (Striking/Ffielding Games): Permainan tim yang cara mendapatkan skornya dengan cara memukul sebuah bola atau proyektil sejenis untuk ditempatkan pada tempat tertentu atau agar tidak tertangkap oleh pemain jaga, sehingga si pemukul dapat berlari menuju pada daerah aman atau bahkan mampu melewati keliling ke beberapa daerah aman dan kembali ke tempat semula. Permainan ini

1.7   Pencak Silat:

kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik

3 JP X 3 Pertemuan

 

 

1.8  Atletik

a.     Jalan cepat:

start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finish

 

 

 

 

 

b.     Lari jarak pendek:

start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finish

 

 

 

 

 

 

c.     Lompat jauh:

awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat

 

 

 

 

 

 

d.     Tolak Peluru :

memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan  tolak peluru

-    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finish jalan cepat dengan baik.

 

-    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finish lari jarak pendek dengan baik

 

 

-    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik.

 

 

-    Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan  tolak peluru tolak peluru dengan baik.

 

-    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak  start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik.

-    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampila gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finish lari jarak pendek dengan baik.

 

-    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik.

 

-    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. 

3 JP X 3 Pertemuan

 

 

1.9  Aktivitas Gerak Berirama:

kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.

 

 

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik. 

3 JP X 3 Pertemuan

 

 

1.10   Aktivitas Senam

-       Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai.  

-       Mengevaluasi hasil evaluasi berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai.

Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi mempraktikkan berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik.

3 JP X 4 Pertemuan

 

 

1.11    Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan)

-       Mempraktikkan keterampilan     renang gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta bentuk bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan keterampilan renang gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.

 

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan  mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak keterampilan renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.

3 JP X 4 Pertemuan

 

 

1.12       Aktivitas jasmani dan aktivitas kebugaran untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan:

-       Mengevaluasi konsep dan mampu mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan)

serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai.

Peserta didik dapat mengevaluasi konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai.

 

Peserta didik dapat mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai

3 JP X 3 Pertemuan

 

Hasil yang diperoleh dari aktivitas fisik dan aktivitas kebugaran secara menyeluruh (total fitness) yang memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif  dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik yang wajar.

1.13       Pola perilaku hidup sehat :

-       Memahami dan mampu menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur pola perilaku hidup sehat.

Peserta didik dapat memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah.

 

Peserta didik mampu  menerapkan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya.

3 JP X 3 Pertemuan

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 4 Bandung

 

 

 

 

Drs. Agus Setiawan, S.Pd, M.Si

NIP. 19680124 199803 1 005

 

 

Bandung, Juli 2024

Guru PJOK SMKN 4 Bandung

Nana Suryana, S.Pd, M.Pd

NIP. 197003132008011005

 

 

 

 

 

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar