MODUL AJAR PJOK SMKN
4 BANDUNG
FASE E KELAS X
Penyusun : Nana Suryana, M.Pd Unit Kerja : SMKN 4 Bandung Kelas : X Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (3 Kali
pertemuan). |
Kompetensi Awal: Peserta didik
telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami variasi dan kombinasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan invasi melalui
permainan bola basket
sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. |
Profil Pelajar Pancasila: Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan pada Fase E adalah
mandiri dan gotong royong
yang ditunjukkan melalui
proses pembelajaran keterampilan gerak permainan invasi
melalui permainan bola basket. |
|
|
Sarana Prasarana |
|
|||
|
|
|||
|
·
Lapangan permainan bola basket
atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah). ·
Bola basket atau
bola sejenisnya (bola
terbuat dari plastik, karet, dll). ·
Rintangan (corong) atau
sejenisnya (kursi atau bilah bambu). ·
Peluit dan
stopwatch. |
|
||
Target Peserta Didik |
|
|||
o Peserta didik regular/tipikal. |
|
|||
Jumlah Peserta Didik |
|
|||
o Maksimal
36 peserta didik. |
|
|||
Ketersediaan Materi |
|
|||
o
Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau
yang berpencapaian tinggi
: YA/TIDAK. o Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik
yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK. (Jika memilih YA, maka di dalam pembelajaran disediakan alternatif aktivitas sesuai kebutuhan peserta
didik). |
|
|||
Materi Ajar, Alat, dan Bahan
yang Diperlukan |
|
|||
1. Materi Pokok
Pembelajaran a. Materi Pembelajaran Reguler Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak permainan invasi melalui
permainan bola basket, diantaranya: 1)
Keterampilan gerak melempar bola basket dari
(depan dada, atas
kepala, samping, dan memantul ke lantai). 2)
Keterampilan gerak menangkap bola basket dari (depan dada, atas kepala,
samping, dan bergulir di tanah). 3)
Keterampilan gerak menggiring bola basket (sambil berjalan, sambil berlari, maju-mundur, zig-zag, dan melewati rintangan). |
|
|||
4)
Keterampilan gerak menembak bola basket
ke ring dengan (satu tangan
dari atas kepala, dua tangan dari
atas kepala, dari depan dada dengan dua tangan, loncatan di tempat,
tembakan kaitan, meloncat setelah menggiring atau menerima
bola/lay-up, dan meloncat setelah menerima bola/pivot). 5)
Konsep peraturan permainan dan modifikasi
aktivitas permainan bola basket, serta mempraktikkan bermain bola basket
dengan berbagai modifikasi. b. Materi Pembelajaran Remidial Materi pembelajaran untuk remedial sama dengan materi
reguler. Akan tetapi
penekanan materinya hanya
pada materi yang belum dikuasai (berdasarkan identifikasi)
yang akan dipelajari peserta didik kembali. Materi dapat dimodifikasi dengan
menambah jarak, pengulangan, intensitas, dan kesempatan/frekuensi melakukan bagi peserta didik.
Setelah dilakukan identifikasi kelemahan peserta didik, guru dapat mengubah strategi
dengan memasangkan peserta didik dan belajar
dalam kelompok agar bisa saling
membantu, serta berbagai strategi lain sesuai
kebutuhan peserta didik. c. Materi Pembelajaran Pengayaan Materi pembelajaran untuk pengayaan sama dengan regular. Materi dapat dikembangkan dengan meningkatkan
kompleksitas materi, mengubah lingkungan permainan, dan
mengubah jumlah pemain di dalam
permainan yang dimodifikasi. 2. Media Pembelajaran a. Peserta didik
sebagai model atau guru yang memperagakan aktivitas keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket. b. Gambar aktivitas keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan
bola basket. c. Vidio pembelajaran aktivitas keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola
basket. 3. Alat dan Bahan Pembelajaran a. Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah). b. Bola basket
atau bola sejenisnya (bola terbuat dari
plastik, karet, dll). c. Rintangan (corong) atau sejenisnya (kursi
atau bilah bambu). d. Peluit dan stopwatch. e. Lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak. |
|
Moda Pembelajaran |
|
o
Guru memilih moda pembelajaran yang diinginkaan sesuai
dengan kebutuhan dan lingkungan
belajar yang ada, seperti: moda daring, luring, atau paduan antara tatap muka dan
PJJ (blended learning). Pada modul ini menggunakan moda luring. |
|
Pengaturan Pembelajaran |
|
Pengaturan
Peserta Didik: o Individu. |
Metode: o Diskusi |
o
Berpasangan. o
Berkelompok. o
Klasikal (Guru dapat mengatur sesuai dengan
jumlah peserta didik di setiap
kelasnya serta formasi yang diinginkan). |
o
Demonstrasi o
Simulasi o
Resiprokal (Guru
dapat memilih salah
satu atau menggabungkan beberapa metode yang diinginkan). |
Asesmen Pembelajaran |
|
Menilai Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran: o
Asesmen individu o
Asesmen berpasangan |
Jenis Asesmen: o
Pengetahuan (lisan
dan tertulis). o
Keterampilan (praktik dan kinerja). o
Sikap (mandiri dan gotong royong). o
Portopolio. (Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa asesmen yang sesuai). |
Tujuan Pembelajaran |
|
Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan menganalisis keterampilan gerak dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola) permainan
bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila dengan meregulasi dan menginternalisasi
nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan
meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam
kehidupan sehari-hari. |
|
Pemahaman Bermakna |
|
Setelah peserta
didik melakukan pembelajaran aktivitas keterampilan gerak permainan bola basket, manfaat apakah yang dirasakan
olehnya? Dapatkah pengalaman pembelajaran ini diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari? |
|
Pertanyaan Pemantik |
|
Mengapa
peserta didik perlu
memahami dan menguasai aktivitas keterampilan gerak
mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola
permainan bola basket? |
|
Prosedur Kegiatan Pembelajaran |
|
1. Persiapan mengajar Hal-hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara
lain sebagai berikut: a. Membaca kembali Modul Ajar yang telah
dipersiapkan guru sebelumnya. b. Membaca kembali
buku-buku sumber yang
berkaitan dengan permainan bola basket. c. Menyiapkan alat
pembelajaran, diantaranya: 1)
Bola basket atau bola sejenisnya (bola terbuat dari
plastik, karet, dll). 2)
Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah) yang aman. |
3)
Rintangan (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).
4)
Peluit dan
stopwatch.
5)
Lembar Kegiatan Peserta Didik (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak.
2. Kegiatan pengajaran
Langkah-langkah kegiatan
pengajaran antara lain sebagai berikut:
a. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
menyiapkan barisan di lapangan sekolah dan mengucapkan salam
atau selamat pagi kepada
peserta didik.
2)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
memimpin doa, dan peserta didik berdoa
sesuai dengan agamanya masing-masing.
3)
Guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam
keadaan sehat, bila ada peserta didik
yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas.
4)
Guru memotivasi peserta
didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat olahraga
bagi kesehatan dan kebugaran.
5)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, dengan cara
tanya jawab.
6)
Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai
peserta didik setelah
proses pembelajaran (seperti
yang tercantum dalam indikator
ketercapaian kompetensi) disertai
dengan penjelasan manfaat dari kegiatan bermain bola basket: misalnya bahwa bermain bola basket adalah salah
satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani
dan prestasi cabang olahraga
bola basket.
7)
Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak
bola permainan bola basket.
8)
Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi
aktivitas keterampilan gerak permainan
bola basket, baik kompetensi sikap (profil Pelajar Pancasila) dengan observasi dalam bentuk jurnal,
yaitu pengembangan nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan:
menganalisis aktivitas keterampilan gerak melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket menggunakan tes tertulis, dan kompetensi terkait
keterampilan yaitu: mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola permainan bola basket, serta bermain bola basket dalam bentuk yang sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menekankan pada pengembangan nilai-nilai karakter antara lain: Gotong Royong
dan Mandiri.
9)
Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta didik
terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan
dengan perasaan yang menyenangkan. Pemanasan
dalam bentuk game antara lain:
a)
Peserta didik dibagi menjadi empat
kelompok besar (peserta didik putera dan puteri
dibagi sama banyak). Kalau jumlah peserta didik 36 orang, maka satu kelompok
terdiri dari 9 peserta
didik.
b)
Cara bermain: (1) Bola dioperkan secara beranting dari
belakang ke depan melalui samping
kiri/kanan, (2) Bola dioperkan secara beranting dari belakang ke depan melalui atas kepala, (3) Bola
dioperkan secara beranting dari belakang ke depan melalui bawah/selangkangan. Apabila bola tersebut
terjatuh atau
kelompok yang paling terakhir menyelesaikan operan, dinyatakan sebagai
kelompok yang kalah dan
diberi hukuman berjoget atau bernyanyi.
c)
Berdasarkan pengamatan guru pada game, dipilih sejumlah peserta didik
yang dianggap cukup mampu untuk
menjadi tutor bagi temannya dalam aktivitas berikutnya.
Mereka akan mendapat anggota kelompok dari peserta didik yang tersisa dengan cara berhitung sampai angka
sejumlah peserta didik yang terpilih (misalnya
9 orang). Maka jika terdapat 36 peserta didik, setiap kelompok akan memiliki
anggota 9 orang.
d)
Dalam pembelajaran ini disamping
dapat mengembangkan elemen keterampilan gerak dan pengetahuan gerak, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
dengan meregulasi dan menginternalisasi
nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran inti dengan
prosedur sebagai berikut:
Aktivitas 1
Mengoper/melempar
bola adalah salah satu usaha dari seorang pemain untuk membagi atau memberi bola kepada temannya agar
dapat memasukkan bola ke keranjang lawan. Mengoper/melempar
bola dapat dilakukan dengan dua tangan dan
satu tangan yang sering dilakukan
dalam suatu pertandingan bola basket. Mengoper/melempar ini berguna untuk operan jarak pendek, sedang, dan
jarak jauh. Pembelajaran keterampilan gerak mengoper/ melempar
bola dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut:
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memegang
bola permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang faktar, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak memegang
bola basket.
Cara melakukannya:
(1) Bola terselip
di antara kedua
telapak tangan.
(2)
Kedua telapak tangan melekat pada bagian samping
bola sedikit ke belakang.
(3)
Jari-jari tercerai
lentuk, kedua ibu jari terletak
dekat dengan badan di belakang bola dan menghadap ke arah tengah depan.
(4)
Pada waktu
menerima atau akan mengoper bola, sikap kaki kuda-kuda dengan jarak
antara kedua kaki satu telapak kaki ke depan dan satu telapak kaki ke samping.
(5)
Badan sedikit condong ke depan dengan titik berat
badan jatuh di antara kedua kaki dan
lutut sedikit ditekuk.
|
|
|
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak mengoperkan bola dengan dua tangan dari depan dada
(chest
pass) permainan bola basket a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak mengoper/ melempar dari depan dada permainan bola basket. Cara melakukannya: (1)
Sikap kaki berdiri seenaknya (wajar) dengan otot
sedikit ditekuk dan badan sedikit
condong ke depan, pandangan ke arah lemparan. Kaki boleh sejajar atau
salah satu kaki di depan. (2)
Bola dipegang dengan kedua telapak tangan dan
jari-jari terbuka menutupi bagian
samping dan belakang dari bola. Ibu
jari hampir mendekat, semua telapak tangan dan jari menyentuh
bola. (3)
Tekuk kedua siku dengan mendekati badan, dan aturlah
bola setinggi dada. (4)
Operan dimulai dengan melangkahkan satu kaki ke
depan ke arah sasaran (penerima).
Bersamaan dengan itu, langkahkan kaki, kedua lengan menolak lurus ke depan disertai dengan lekukan
pergelangan tangan dan diakhiri dengan jentikan jari-jari. (5)
Operan diarahkan setinggi dada (penerima) secara
mendatar dan bola sedikit berputar. (6)
Bersamaan dengan irama gerak pelepasan bola, berat
badan dipindahkan ke depan,
langkahkan kaki belakang setelah bola lepas dari tangan (sebagai gerak
lanjutan/follow throught). 3)
Materi
3: Fakta, konsep,
dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
mengoperkan bola pantulan permainan bola basket a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
faktar, konsep, dan
prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak mengoper/ melempar bola pantulan permainan bola basket. |
Cara melakukannya:
(1)
Sikap permulaan dilakukan
seperti pada posisi
operan dengan dua tangan.
(2)
Bola dilepaskan dengan tolakan dua tangan menyerong
ke bawah dari letak badan kawan.
(3)
Bola dilepaskan setinggi pinggang dan harus
diarahkan pada suatu tempat (titik)
kira-kira 1 meter di depan penerima (disesuaikan dengan jarak dan kekuatan lemparan). Arah bola agar dapat
diterima pada daerah antara lutut dan
perut.
(4)
Bila berhadapan dengan lawan, maka sasaran pantulan
bola berada di samping kanan/kiri kaki lawan.
4)
Materi 4: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoperkan bola dari atas kepala permainan
bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak mengoper/
melempar bola dari atas kepala permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1) Posisi bola berada di atas kepala
dengan dipegang oleh dua tangan dan cenderung agak di belakang kepala.
(2) Bola dilemparkan dengan lekukan pergelangan tangan arahnya agak
menyerong ke bawah disertai
dengan meluruskan lengan.
(3)
Lepasnya bola dari tangan juga menggunakan jentikan
ujung jari tangan.
(4)
Posisi kaki berdiri tegak, tetapi tidak kaku. Bila
berhadapan dengan lawan, untuk
mengamankan bolanya dapat dilakukan dengan meninggikan badan, yaitu mengangkat
kedua tumit.
5)
Materi 5: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoperkan
bola dari samping permainan
bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang faktar, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak mengoper/
melempar bola dari samping
permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Sikap berdiri seenaknya
dengan posisi kaki kanan di belakang.
(2)
Bola dipegang dengan tangan kanan, dan bawa ke
samping telinga kanan. Namun tangan kiri tetap ikut menjaga
supaya bola tidak jatuh dan keseimbangan bola terjaga.
(3) Sikap tangan kanan dengan siku ditekuk
dan telapak tangan menghadap ke atas.
(4) Lemparkan bola ke depan melambung sesuai
dengan sasarannya gerakan
terakhir melepas bola dengan
lecutan jari-jari tangan.
(5) Setelah bola lepas dari tangan, langkahkan kaki kiri ke depan bersamaan dengan gerakan
lanjutan (follow throught).
6)
Materi 6: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoperkan bola melengkung (kaitan) permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak mengoper/
melempar bola melengkung (kaitan)
permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Posisi berdiri sama dengan operan setinggi dada, perbedaannya pada operan
setinggi dada sasarannya berada di depan, sedangkan operan kaitan sasarannya diarahkan ke samping.
(2)
Bola dipegang dengan tangan kanan dengan rileks
(lentur) ke bawah, mulai dari jari
kelingking sampai dengan ibu jari hampir seluruh telapak tangan ikut aktif
memegang bola.
(3)
Kaki kiri lebih di depan dari kaki kanan dan berdiri
dalam jarak yang enak dan jaga keseimbangan.
(4)
Saat bola masih berada di bawah, tangan kiri membantu
secukupnya (sekedar membantu
agar bola tidak jatuh dan mengantarkannya sesaat sebelum bola meninggalkan tangan kanan).
(5)
Ayunkan lengan yang memegang bola dengan rileks
lurus dari samping kanan agak ke
belakang.
(6)
Setelah bola hampir sampai di atas sisi kanan
kepala, lengan agak ditekuk dan digerakkan ke arah kiri.
(7)
Pada saat itu pergelangan tangan dan jari dilekukkan, sehingga
mengakibatkan bola meninggalkan tangan menuju ke samping sebaliknya.
|
|
|
7)
Materi 7: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak mengoperkan bola dari bawah permainan bola basket a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak mengoper/ melempar bola dari
bawah permainan bola basket. Cara melakukannya: (1)
Cara memegang bola dengan telapak
tangan memenuhi bagian
kedua samping bola, jari
tercerai lentuk, ibu jari menghadap ke bawah agak ke dalam. (2)
Bola ditarik sedikit ke samping pinggang kiri bila
kaki kanan ada di depan dan di samping pinggang kanan bila
kaki kiri di depan. (3)
Kaki yang berlawanan dengan letak bola diletakkan
didepan dan digunakan untuk menutup lawan agar tidak
mudah merebut bola. (4)
Operan dilakukan dengan
ayunan kedua lengan
bawah. (5)
Bola terlepas setinggi antara pinggang dan sekat rongga
dada. 8)
Materi 8: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak menangkap setinggi dada tanpa pantulan permainan bola basket a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak menangkap bola setinggi dada tanpa pantulan permainan bola basket. Cara melakukannya: (1)
Dilakukan secara berpasangan atu kelompok saling
berhadapan. (2)
Jika dilakukan secara
berpasangan, dapat dilakukan di tempat, bergerak maju, mundur dan
menyamping. (3)
Jika dilakukan dalam bentuk kelompok dan formasi berbanjar, maka yang telah
melakukan gerakan berpindah tempat. (4)
Pembelajaran dilakukan secara
berulang-ulang selama 5 menit. |
9)
Materi 9: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menangkap setinggi
dada dengan pantulan
permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang faktar, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menangkap bola setinggi
dada dengan pantulan permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Dilakukan secara berpasangan atau kelompok saling berhadapan.
(2) Jika dilakukan
secara berpasangan, dapat
dilakukan di tempat,
bergerak maju, mundur dan menyamping.
(3) Jika dilakukan
dalam bentuk kelompok
dan formasi berbanjar,
maka yang telah
melakukan gerakan berpindah tempat.
(4)
Pembelajaran dilakukan secara
berulang-ulang selama 5 menit.
b)
Peserta didik menerima,
mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas.
c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
d)
Melakukan klarifikasi terkait
penjelasan dan gambar gerakan dengan peragaan
jika diperlukan.
e)
Guru melakukan asesmen dan umpan balik selama proses pembelajaran berlangsung.
Refleksi: · Lakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola basket. Unsur-unsur yang
dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan
(asesmen produk). |
||||
|
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
|||
|
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola dengan berbagai
formasi yang dilakukan secara berpasangan atau berkelompok. |
|
|
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong
royong dalam proses
pembelajaran keterampilan gerak mengoper
dan menangkap bola. |
|
|
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola
basket, peserta didik diminta untuk merasakan otot- otot apa saja yang dapat teregang dan berkontraksi. Peserta
didik diminta menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola basket. Kemudian laporkan hasil capaian belajar
yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas
kepada guru. Catatan: · Bagi peserta
didik yang belum
mampu mencapai batas
kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola
permainan bola basket yang ditentukan oleh
guru, maka minta remidial. · Bagi
peserta didik yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola basket yang ditentukan oleh guru, maka
lanjutkan pembelajaran pada
materi yang lebih komplek dan bervariasi dan kombinasi dalam bentuk
pengayaan. Lembar Refleksi Diri (Sikap) 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
contreng (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada dalam pernyataan
sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak” jika belum sesuai. 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau
Kurang Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. |
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
|||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
|||
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
sesuai |
|
|
|
|||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai memprediksi tantangan yang dihadapi. |
serta |
|
|
|
|||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
untuk |
|
|
|
|||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
|
||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri dalam mencapai tujuan. |
|
|
|
||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. |
|
|
|
||||
7. |
Saya membuat tugas baru
dan
keyakinan baru melaksanakannya. |
dalam |
|
|
|
|||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
|
||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
|
||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu. |
|
|
|
||||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
|
|
|
||||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
|
||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang
sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
|
|
||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
|
||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||||
Jika lebih
dari 10 |
Jika lebih
dari 8 |
Jika lebih dari 6 pernyataan terisi |
|
|||||
pernyataan terisi
“Ya” |
pernyataan terisi
“Ya” |
“Ya” |
||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan
sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. |
|
|||||||
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||
|
1. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak mengoper/melempar bola permainan bola
basket dengan benar. |
|
|
|
||
|
2. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak mengoper/melempar bola permainan bola
basket dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
3. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak mengoper/melempar bola permainan bola basket dengan
lengkap dan benar. |
|
|
|
||
|
4. |
Saya telah dapat
memeragakan keterampilan gerak
mengoper/ melempar
bola permainan bola basket secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
5. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak menangkap
bola permainan bola basket
dengan benar. |
|
|
|
||
|
6. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak menangkap
bola permainan bola basket
dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
7. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak menangkap bola permainan bola basket dengan
lengkap dengan lengkap dan benar. |
|
|
|
||
|
8. |
Saya telah dapat memeragakan keterampilan gerak menangkap bola permainan
bola basket dengan lengkap secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 6 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
Aktivitas 2 Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola
basket, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket. Menggiring bola basket
merupakan salah satu
gerakan atau teknik
dasar agar bermain bola basket menjadi lebih mudah dan lancar. Teknik
dasar bola basket
dalam menggiring bola
basket ini merupakan gerakan untuk dapat
melakukan gerakan penyerangan yang lebih efektif
sehingga pertahanan lawan
dapat ditembus dan
bola dapat ditembakkan
masuk ke dalam ring keranajng lawan sehingga poin dapat diperoleh. Keterampilan gerak menggiring bola
basket ini dilakukan untuk menghindari lawan yang ingin menghalangi dan merebut bola, dan waktu melakukan teknik ini membutuhkan tempo yang cepat/lambat sambil mencari selah-selah untuk mendapatkan jalan
atau arah untuk
menghindarinya. Biasanya juga dribble rendah ini dilakukan dengan tujuan
untuk melakukan terobosan ke arah pertahanan lawan. |
|
||||||
1)
Materi 1:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memantul-mantul bola permainan
bola basket.
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memantul-mantul bola permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri dengan sikap
melangkah.
(2) Badan agak condong ke depan.
(3) Berat badan tertumpu pada kaki depan.
(4)
Doronglah menggunakan telapak
tangan ke lantai dengan sumber
gerakan dari sikut dibantu pergelangan tangan diaktifkan.
(5) Ketinggian bola memantul adalah sebatas atau di bawah pinggang.
(6)
Pandangan mata ketika
menggiring bola tertuju
bebas ke arah depan.
(7) Gerakan akhir, edua tangan
rileks dan badan ditegakkan kembali.
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
menggiring bola di tempat permainan
bola basket.
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang
faktar, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menggiring bola di tempat permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri dengan sikap
melangkah.
(2) Badan agak condong ke depan.
(3) Berat badan tertumpu pada kaki depan.
(4)
Doronglah menggunakan telapak
tangan ke lantai dengan sumber
gerakan dari sikut dibantu
pergelangan tangan diaktifkan.
(5) Ketinggian bola memantul adalah
sebatas atau di bawah pinggang.
(6) Pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.
(7) Lakukan dengan
menggunakan tangan kanan dan kiri.
(8) Gerakan akhir,
kedua tangan rileks
dan badan ditegakkan kembali.
(9) Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang selama 2 – 3 menit.
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba
mempraktikkan tugas pada
lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait penjelasan dan gambar
gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen
dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung. Refleksi: ·
Lakukan aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak menggiring bola permainan bola basket.
Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan
gerakan (asesmen produk). |
||||
|
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
|||
|
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menggiring bola dengan berbagai posisi yang dilakukan secara berpasangan atau berkelompok. |
|
|
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong
royong dalam proses
pembelajaran keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket. |
|
|
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket, peserta
didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam
melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket. Kemudian laporkan hasil capaian belajar
yang diperoleh dalam
buku catatan atau buku tugas
kepada guru. Catatan: · Bagi peserta
didik yang belum
mampu mencapai batas
kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak menggiring bola permainan
bola basket yang ditentukan oleh guru, maka
minta remidial. ·
Bagi peserta didik yang mampu
mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menggiring
bola permainan bola basket yang
ditentukan oleh guru, maka lanjutkan pembelajaran pada materi yang lebih komplek dan bervariasi dan
kombinasi dalam bentuk pengayaan. Lembar Refleksi Diri (Sikap) 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
contreng (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan
“Tidak” jika belum sesuai. |
3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau
Kurang Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
|||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
|||
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
sesuai |
|
|
|
|||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai memprediksi tantangan yang dihadapi. |
serta |
|
|
|
|||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
untuk |
|
|
|
|||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
|
||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri dalam mencapai tujuan. |
|
|
|
||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. |
|
|
|
||||
7. |
Saya membuat tugas baru
dan
keyakinan baru melaksanakannya. |
dalam |
|
|
|
|||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
|
||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
|
||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling
membantu. |
|
|
|
||||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
|
|
|
||||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
|
||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
|
|
||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
|
||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||||
Jika lebih
dari 10 |
Jika lebih
dari 8 |
Jika lebih dari 6 pernyataan terisi |
|
|||||
pernyataan
terisi “Ya” |
pernyataan
terisi “Ya” |
“Ya” |
||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan
Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum
sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. |
|
|||||||
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||
|
1. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak menggiring
bola permainan bola basket dengan benar. |
|
|
|
||
|
2. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak menggiring
bola permainan bola basket
dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
3. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak menggiring
bola permainan bola
basket dengan lengkap dan benar. |
|
|
|
||
|
4. |
Saya telah dapat memeragakan keterampilan gerak menggiring bola permainan
bola basket secara
terkontrol. |
|
|
|
||
|
5. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak menggiring
bola permainan bola basket dengan benar. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 3 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
Aktivitas 3 Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola
ke ring basket permainan bola
basket. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola
ke ring basket permainan bola
basket dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain sebagai berikut: 1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak menembak bola dengan dua
tangan di atas
kepala permainan bola basket a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang
faktar, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menembak bola
dengan dua tangan
di atas kepala
permainan bola basket. Cara melakukannya: (1)
Berdiri tegak menghadap arah gerakan dalam sikap melangkah, posisi kaki lurus
ke depan. (2)
Kedua lutut agak direndahkan. (3)
Bola dipegang pada
bagian samping bawah
dengan kedua telapak tangan dan jari-jari terbuka. (4)
Pandangan ke arah
tembakan sasaran. (5)
Dorong bola ke depan atas hingga lengan lurus, bersamaan
dengan itu pinggul, lutut, dan tumit naik. (6)
Lepaskan bola dari pegangan tangan
saat lengan lurus
dan gerakan pelepasan bola dibantu dengan
mengaktifkan pergelangan tangan serta jari-
jarinya. (7)
Bentuk arah bola
yang benar adalah
menyerupai parabola atas
melengkung. |
|
||||||
(8) Gerakan akhir, kedua lengan lurus ke depan rileks
dan arah pandangan mengikuti arah
gerak bola.
(9) Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 15 – 20 tembakan.
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menembak
bola dengan satu tangan di atas kepala permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang faktar, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak menembak
bola dengan satu tangan di atas
kepala permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri tegak, sikap
melangkah menghadap arah gerakan bola dan kedua
lutut agak rendah.
(2) Bola dipegang
pada bagian bawahnya
dengan telapak tangan
dan jari-jari.
(3)
Satu terbuka sedangkan
tangan yang lainnya
membantu menahan bagian
samping bola.
(4) Pandangan ke arah tembakan
sasaran.
(5)
Dorong bola ke depan atas dengan menggunakan satu
lengan hingga lengan lurus. Bersama dengan itu pinggul, lutut dan
tumit naik.
(6) Lepaskan bola dari pegangan
tangan saat lengan
lurus.
(7)
Gerakan pelepasan bola dibentuk dengan mengaktifkan pergelangan tangan serta
jari-jari.
(8) Bentuk arah bola yang benar adalah menyerupai parabola
atau melengkung.
(9)
Gerakan akhir, kedua lengan lurus ke depan
rileks dan arah pandangan mengikuti arah gerak bola.
(10)
Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 15 – 20 tembakan.
3)
Materi 3:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menembak bola sambil melompat
dengan dua tangan permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang faktar, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak menembak
bola sambil melompat dengan dua tangan permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri kedua kaki dibuka selebar
bahu.
(2) Kedua lengan
memegang bola di depan badan.
(3) Pandangan ke depan atas (ke arah tembakan).
(4) Rendahkan kedua lutut dengan
membawa bola ke depan atas dahi.
(5) Tolakkan kedua kaki ke atas tegak lurus bersamaan
kedua lengan diluruskan ke atas.
(6) Lepaskan tembakan
pada sasaran saat lompatan berada pada titik tertinggi atau saat akan turun menggunakan kedua tangan.
(7) Gerakan akhir, mendarat menggunakan kedua ujung telapak
kaki bersamaan kedua lutut mengeper,
kedua lengan di depan samping badan dengan kedua sikut
ditekuk, pandangan ke arah bola.
(8)
Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 15 – 20 tembakan.
4)
Materi 4: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menembak
bola dari depan
dada dengan dua tangan permainan bola basket
a)
Guru membagikan lembar kerja yang
berisikan tentang faktar, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak menembak bola dari depan
dada dengan dua tangan permainan bola basket.
Cara melakukannya:
(1) Sikap awal sama
dengan menembak dari atas kepala, dengan sikap jongkok badan tegak.
(2) Pelaksanaannya,
kedua tungkai diluruskan dengan kedua lengan tetap lurus, bola dilemparkan ke atas menuju ring
basket. Palannya bola membentuk parabola.
(3) Sikap akhir, yaitu
badan tegak, lengan lurus ke atas dan pandangan ke arah ring.
|
|
|
||||
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen dan
umpan balik selama
proses pembelajaran berlangsung. Refleksi: · Lakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket permainan bola basket. Unsur-unsur yang
dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan
(asesmen produk). |
||||||
|
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|||
Tercapai |
Belum Tercapai |
|||||
|
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket
permainan bola basket. |
|
|
||
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong
royong dalam proses
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket permainan bola basket. |
|
|
||
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket permainan bola
basket, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara
memperbaikinya dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket permainan bola basket. Kemudian laporkan
hasil capaian belajar yang diperoleh dalam
buku catatan atau buku tugas kepada guru. |
||||||
Catatan: ·
Bagi peserta didik yang belum mampu
mencapai batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
menembak bola ke ring basket
permainan bola basket yang
ditentukan oleh guru,
maka minta remidial. ·
Bagi peserta didik yang mampu
mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak menembak bola ke ring basket permainan bola basket yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan pembelajaran pada materi yang lebih
komplek yaitu variasi menembak bola ke ring
basket permainan bola
basket dalam bentuk pengayaan. Lembar Refleksi Diri
(Sikap) 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
contreng (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada
dalam pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan
“Tidak” jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari kriteria
Sangat Baik, Baik, atau Kurang
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis sesuai kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
|
|
|
|
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan yang dihadapi. |
|
|
|
|
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi untuk mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
|
|
|
|
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
|
|
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri dalam mencapai tujuan. |
|
|
|
|
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. |
|
|
|
|
7. |
Saya membuat tugas baru
dan
keyakinan baru
dalam melaksanakannya. |
|
|
|
|
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
|
|
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
|
|
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu. |
|
|
|
|
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
|
|
|
|
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
|
|
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang
sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
|
|
|
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
|
|
||||||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||||||||||
Jika lebih
dari 10 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih
dari 8 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih dari 6 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||||||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada
kolom “Ya” jika
sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan
sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
|||||||||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
|||||||||
|
1. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak menembak bola
permainan bola basket
dengan benar. |
|
|
|
|||||||||
|
2. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak menembak bola
permainan bola basket
dengan lengkap. |
|
|
|
|||||||||
|
3. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak menembak bola permainan bola basket dengan lengkap
dan benar. |
|
|
|
|||||||||
|
4. |
Saya telah dapat
memeragakan keterampilan gerak
menembak bola permainan bola basket
secara terkontrol. |
|
|
|
|||||||||
|
5. |
Saya telah
dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak menembak bola
permainan bola basket
dengan benar. |
|
|
|
|||||||||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
||||||||||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 3 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan terisi “Ya” |
|
||||||||||
c. Kegiatan Penutup
(10 menit) 1)
Salah seorang peserta
didik di bawah
bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya. 2)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang
telah dicapai dan belum dicapai sesuai
dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih
sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran. 3)
Guru menginformasikan kepada peserta didik,
kelompok dan peserta didik yang paling baik
penampilannya selama pembelajaran
permainan bola basket. 4)
Guru menugaskan peserta
didik yang terkait
dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk membaca dan membuat
kesimpulan tentang aktivitas keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola, hasilnya dijadikan sebagai
tugas asesmen penugasan. 5)
Berdoa dipimpin oleh
salah satu peserta didik dan menyampaikan salam. 6)
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan
dengan tertib, dan bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan
ke tempat semula. |
|
|||||||||||||
1.
Asesmen Sikap
Asesmen
sikap didasarkan pada hasil refleksi sikap peserta didik dan pengamatan guru dengan menggunakan lembar observasi yang
telah dilakukan pada proses pembelajaran di setiap
aktivitas pembelajaran.
2.
Asesmen Pengetahuan
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
Kriteria Asesmen |
Tes Tulis |
Pilihan ganda dengan
4 opsi |
1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini, yang merupakan keterampilan gerak permainan
bola basket. 1)
Posisi bola berada di atas kepala
dengan dipegang oleh dua tangan dan cenderung agak di belakang kepala. 2)
Bola dilemparkan dengan lekukan pergelangan tangan arahnya agak
menyerong ke bawah
disertai dengan meluruskan lengan. 3)
Lepasnya bola dari tangan
juga menggunakan jentikan ujung jari tangan. 4)
Posisi kaki berdiri tegak,
tetapi tidak kaku.
Bila berhadapan dengan
lawan, untuk meng-
amankan bolanya dapat dilakukan dengan meninggikan badan, yaitu mengangkat kedua tumit. |
Jawaban benar mendapatkan skor 1
dan salah 0. |
|
|
Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, gerakan
tersebut merupakan keterampilan gerak . . . . A.
melempar bola dari
atas kepala B.
melempar bola dari
samping C.
melempar bola lengkung (kaitan) D.
melempar bola dari
bawah E.
melempar bola ke belakang |
|
|
|
Kunci: A. melempar
bola dari atas kepala. |
|
|
Uraian tertutup |
1. Jelaskan urutan cara mengoper chest pass/operan
setinggi dada permainan bola basket. |
Mendapatkan skor; 4, jika
seluruh urutan dituliskan dengan benar dan isi
benar. 3, jika
urutan dituliskan salah |
|
|
Kunci: 1) Bola
dipegang dengan kedua
telapak tangan dan jari-jari terbuka
menutupi bagian samping
dan belakang dari
bola. |
|
|
2)
Tekuk kedua siku dengan mendekati badan, dan atur bola setinggi dada. 3)
Operan dimulai dengan melangkahkan satu kaki ke depan ke arah sasaran (penerima). 4)
Bersamaan dengan itu, langkahkan kaki, kedua lengan menolak lurus ke depan disertai dengan lekukan pergelangan tangan dan diakhiri dengan jentikan jari-jari. 5)
Operan diarahkan setinggi dada (penerima) secara
mendatar dan bola sedikit berputar. |
tetapi isi benar. 2,
jika sebagian urutan dituliskan dengan benar dan
sebagian isi benar. 1, jika
urutan dituliskan salah dan sebagian besar isi salah. |
3.
Asesmen Keterampilan
a.
Tes kinerja aktivitas keterampilan gerak mengoper dan menangkap bola permainan bola basket
1)
Butir Tes
Lakukan aktivitas keterampilan gerak mengoper dan menangkap
bola permainan bola basket.
Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
2)
Petunjuk asesmen
Berikan (angka) pada
kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik asesmen keterampilan gerak
Contoh lembar asesmen proses gerak untuk perorangan (setiap
peserta didik satu lembar asesmen).
Nama : Kelas:
No |
Indikator Esensial |
Uraian Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Posisi dan Sikap Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan Gerak |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
3. |
Posisi dan Sikap Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
Perolehan/Skor maksimum X 100% = Skor Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
o
Skor 1 jika: Peserta
didik dapat melakukan
80% dari komponen gerakan sikap
awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
o
Skor 0 jika: Peserta
didik kurang dari 80% melakukan komponen
gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap
akhir dengan benar.
(1) Sikap awalan
melakukan gerakan
(a) pandangan mata ke arah datangnya bola.
(b)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara
kedua kaki.
(c)
lutut ditekuk, badan
condong ke depan dan jaga
keseimbangan.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
(a) bola didorong
dari depan.
(b) kedua lengan lurus ke depan.
(c) badan dicondongkan ke depan.
(d) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
(a) badan tetap condong ke depan.
(b) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola.
(c) kaki kiri ke depan
dan kaki kanan di belakang.
b)
Pengolahan skor Skor maksimum: 10
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/10.
c)
Konversi jumlah ulangan
dengan skor
Perolehan Nilai |
Klasifikasi Nilai |
|
Putera |
Puteri |
|
……. > 30 kali |
……. > 25 kali |
Sangat Baik |
25 – 29 kali |
20 – 24 kali |
Baik |
20 – 24 kali |
15 – 19 kali |
Cukup |
........ < 20 kali |
........ < 15 kali |
Kurang |
b.
Tes kinerja aktivitas keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket
1)
Butir Tes
Lakukan aktivitas keterampilan gerak menggiring bola
permainan bola basket. Unsur- unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerakan (asesmen proses)
dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
2)
Petunjuk Asesmen
Berikan (angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap
peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik Asesmen
Keterampilan Gerak
Sama
dengan rubrik mengoper dan menangkap
bola permainan bola basket.
4)
Pedoman Pensekoran
a)
Penskoran
o Skor 1 jika: Peserta
didik dapat melakukan
80% dari komponen
gerakan sikap awal,
sikap pelaksanaan, dan sikap
akhir dengan benar.
o Skor 0 jika: Peserta didik kurang dari 80% melakukan komponen gerakan sikap
awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
(1)
Sikap awalan melakukan gerakan
(a) Berdiri dengan
sikap melangkah.
(b) Badan agak condong ke depan.
(c) Berat badan tertumpu pada kaki depan.
(2)
Sikap pelaksanaan
melakukan gerakan
(a)
Doronglah menggunakan telapak tangan ke lantai
dengan sumber gerakan
dari sikut dibantu
pergelangan tangan diaktifkan.
(b)
Ketinggian bola memantul
adalah sebatas atau di bawah pinggang.
(c) Pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Kedua tangan
rileks dan badan ditegakkan kembali.
b)
Pengolahan skor Skor maksimum: 10
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/10.
c)
Konversi jumlah ulangan
dengan skor
Perolehan Nilai |
Klasifikasi Nilai |
|
Putera |
Puteri |
|
… > 17 rintangan |
… > 15 rintangan |
Sangat Baik |
14 – 16 rintangan |
12 – 14 rintangan |
Baik |
11 – 13 rintangan |
9 – 11 rintangan |
Cukup |
....... <
11 rintangan |
....... <
9 rintangan |
Kurang |
c.
Tes kinerja aktivitas
keterampilan gerak menembak
bola permainan bola basket
1)
Butir Tes
Lakukan aktivitas keterampilan gerak menembak bola ke ring basket (shooting) permainan
bola basket. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerakan (asesmen proses)
dan ketepatan melakukan
gerakan (asesmen produk).
2)
Petunjuk asesmen
Berikan (angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap
peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik asesmen keterampilan gerak
Sama dengan
rubrik mengoper dan menangkap bola permainan bola basket.
4)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
o Skor
1 jika: Peserta didik dapat melakukan 80% dari komponen gerakan sikap awal, sikap
pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
o
Skor 0 jika: Peserta
didik kurang dari 80% melakukan komponen
gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan
benar.
(1) Sikap awalan
melakukan gerakan
(a)
pandangan mata ke arah datangnya bola.
(b)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara
kedua kaki.
(c)
lutut ditekuk, badan
condong ke depan dan jaga
keseimbangan.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
(a)
bola didorong dari depan.
(b)
kedua lengan lurus
ke depan.
(c)
badan dicondongkan
ke depan.
(d)
pandangan mata tertuju
pada lepasnya bola.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
(a)
badan tetap condong
ke depan.
(b)
pandangan mata tertuju
pada lepasnya bola.
(c)
kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang.
b)
Pengolahan skor Skor maksimum: 10
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/10.
c)
Konversi jumlah tembakan
yang masuk ke ring basket dengan skor
Perolehan
Nilai |
Klasifikasi Nilai |
|
Putera |
Puteri |
|
……. > 17 masuk |
……. > 15 masuk |
Sangat Baik |
14 – 16 masuk |
12 – 14 masuk |
Baik |
11 – 13 masuk |
9 – 11 masuk |
Cukup |
…… < 11 masuk |
…… < 9 masuk |
Kurang |
1.
Pengayaan
Pengayaan diberikan oleh guru terhadap
proses pembelajaran yang dilakukan pada setiap
aktivitas pembelajaran. Pengayaan dilakukan apabila setelah diadakan asesmen pada kompetensi yang telah diajarkan
pada peserta didik pada setiap aktivitas pembelajaran, nilai yang dicapai melampaui kompetensi yang telah ditetapkan oleh guru. Pengayaan dilakukan dengan cara
menaikkan tingkat kesulitan permainan dengan
cara mengubah jumlah pemain, memperketat peraturan, menambah alat yang digunakan, serta menambah tingkat kesulitan tugas keterampilan yang diberikan.
2.
Remidial
Remidial dilakukan oleh guru terintegrasi dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan intervensi yang sesuai dengan
level kompetensi peserta didik dari mana guru mengetahui level kompetensi peserta
didik. Level kompetensi diketahui dari refleksi yang dilakukan setiap kali pembelajaran.
Remedial dilakukan dengan cara menetapkan atau menurunkan tingkat
kesulitan dalam materi pembelajaran.
1.
Refleksi Peserta
Didik
a.
Kesulitan-kesulitan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak permainan bola basket.
b.
Kesalahan-kesalahan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola basket.
c.
Bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang peserta didik alami/ temukan dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola basket.
2.
Refleksi Guru
Refleksi yang dilakukan oleh guru terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas
pembelajaran. Hasil refleksi
bisa digunakan untuk menentukan perlakuan kepada peserta didik, apakah remedial
atau pengayaan. Remedial
dan pengayaanya di dalam
pembelajaran, tidak terpisah setelah pembelajaran. Hal-hal yang perlu mendapat
perhatian dalam refleksi guru antara
lain:
a. Apakah kegiatan
pembelajaran dapat berjalan
dengan baik?
b.
Kesulitan-kesulitan
apa saja yang
dialami/temukan dalam
proses
aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak
permainan bola basket.
c.
Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana cara memperbaiki proses
aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak
permainan bola basket tersebut.
d.
Bagaimana keterlibatan peserta didik dalam proses aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola basket t tersebut.
Tanggal : .................................................................
Lingkup/materi pembelajaran : .................................................................
Nama Siswa : .................................................................
Fase/Kelas : E / X
1. Panduan umum
a. Pastikan Peseta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti
aktivitas pembelajaran.
b. Ikuti gerakan
pemanasan dengan baik,
sesuai dengan instruksi
yang diberikan guru
untuk menghindari cidera.
c. Mulailah kegiatan
dengan berdo’a.
d. Selama kegiatan
perhatikan selalu keselamatan diri dan keselamatan bersama.
2. Panduan aktivitas pembelajaran
a. Bersama dengan teman, buatlah
kelompok sejumlah maksimal
9 orang.
b. Lakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola basket secara
berpasangan dengan temanmu
satu kelompok.
c. Perhatikan penjelasan berikut ini:
Cara bermain aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola basket antara
lain:
1)
Keterampilan gerak melempar bola basket dari (depan dada, atas kepala,
samping, dan memantul ke lantai).
2)
Keterampilan gerak menangkap bola basket dari (depan dada, atas kepala,
samping, dan bergulir di tanah).
3)
Keterampilan gerak menggiring bola basket (sambil berjalan,
sambil berlari, maju-mundur, zig-zag, dan melewati rintangan).
4)
Keterampilan gerak menembak bola
basket ke ring dengan (satu tangan dari atas
kepala, dua tangan dari atas kepala, dari depan dada dengan dua tangan, loncatan
di tempat, tembakan
kaitan, meloncat setelah
menggiring atau menerima bola/lay-up, dan meloncat
setelah menerima bola/pivot).
5)
Konsep peraturan permainan dan
modifikasi aktivitas permainan bola basket, serta mempraktikkan bermain bola basket dengan
berbagai modifikasi.
3.
Bahan Bacaan
Peserta Didik
a. Peraturan
permainan bola basket yang standar. Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh
melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber
lainnya.
b. Materi
keterampilan gerak permainan bola basket. Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh
melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber
lainnya.
4.
Bahan Bacaan Guru
a. Teknik dasar permainan bola basket.
b. Bentuk-bentuk keterampilan gerak permainan bola basket.
c. Bentuk-bentuk permainan
bola basket dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi.
Glosarium |
·
Bola basket merupakan permainan yang gerakannya
sangat kompleks, yaitu gabungan dari
jalan, lari, lompat, serta unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan,
dan lain-lain. Untuk
melakukan gerakan-gerakan bola basket secara
baik diperlukan kemampuan dasar fisik yang memadai. Dengan
kondisi fisik yang baik akan memudahkan melakukan gerakan-gerakan yang lebih
sulit (kompleks). ·
Dribbling = gerakan menggiring bola. ·
Menembak merupakan sasaran akhir setiap bermain.
Keberhasilan suatu regu dalam permainan
selalu ditentukan oleh keberhasilan dalam menembak. Dasar-dasar teknik menembak sebenarnya sama dengan
teknik lemparan. ·
Menggiring bola adalah upaya
membawa bola dengan
cara memantulkan bola di tempat,
memantulkan bola sambil
berjalan dan memantulkan bola sambil berlari. Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk membawa bola
menuju ke depan/ke lapangan lawan. ·
Mengoper bola adalah salah
satu usaha dari seorang pemain untuk membagi atau memberi bola
kepada temannya agar dapat
memasukkan bola ke keranjang lawan. ·
Operan bola dengan dua tangan dari depan dada
adalah operan yang sering dilakukan dalam suatu pertandingan bola basket. |
·
Operan pantulan adalah operan yang
dilakukan dengan dua tangan dalam posisi bola di depan dada. Operan pantulan sangat baik dilakukan untuk menerobos lawan
yang tinggi. Bola dipantulkan di samping kiri/kanan lawan, dan teman
sudah siap menjemputnya di belakang lawan. ·
Operan dari atas kepala adalah operan yang
dilakukan dengan dua tangan dan bola berada
di atas kepala agak ke belakang. Terutama
dilakukan oleh pemain jangkung (tinggi) untuk menghindari bola dari
raihan (serobotan) lawan. ·
Operan samping adalah operan yang
dilakukan dengan satu tangan. Namun sebelum
mengoperkan, bola tetap dipegang dengan dua tangan. Operan ini
gerakannya lebih wajar (rileks) sebab dapat lebih kuat dan
lebih jauh. ·
Operan kaitan adalah senjata yang
ampuh untuk pemain berpostur pendek, tetapi ingin mencoba mengoperkan bola
melewati di atas
pemain lawan yang
jauh lebih tinggi. ·
Passing = lemparan bola
atau operan. ·
Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta
didik, antara peserta didik dengan tenaga
pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar. ·
Shooting = melakukan lemparan ke keranjang. ·
Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu
untuk mencapai tujuan
tertentu secara efisien dan efektif. Teknik dalam permainan bola
basket dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien
dan efektif sesuai
dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. |
Referensi |
Nana Suryana,
S.Pd, M.Pd. 2017. Buku Siswa
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk
SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Erlangga. Nana Suryana, S.Pd, M.Pd.
2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk
SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Erlangga. Nana Suryana, S.Pd, M.Pd.
2020. Belajar dan Berlatih
Permainan Bola Basket. Bandung: Sahara Multi
Trading. Tim Direktorat SMA. 2017. Panduan Asesmen
oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Direktorat SMA. 2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
Kepala SMKN 4 BANDUNG |
.Bandung,
Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
Dr. Agus Setiawan,
S.Pd, M.Si NIP. 196801241998031003 |
Nana Suryana,
S.Pd, M.Pd NIP.
197003132008011005 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar