MODUL PKG PJOK 1.6.C. KEKUATAN PEMAHAMAN - REFLEKSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PJOK - PKG PJOK

 

1.6.c. Kuatkan Pemahaman - Refleksi Perencanaan Pembelajaran PJOK


Apa yang Ibu/Bapak harapkan dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan perencanaan yang Ibu/Bapak susun?

Jawab :

Sikap Positif:

Hadir di kelas tepat waktu dan mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian.

Menyelesaikan tugas dan latihan yang diberikan dengan tekun dan tepat waktu. 

Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok

Keterlibatan Aktif:

Membaca materi pelajaran sebelum dan sesudah pembelajaran.

Mencari informasi tambahan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Mencoba memahami materi pelajaran dengan menghubungkannya dengan pengalaman dan pengetahuan yang telah dimiliki.

Hasil Belajar:

Memahami materi pelajaran dengan baik dan mampu menjelaskan kembali dengan bahasa sendiri.

Mampu menyelesaikan soal-soal latihan dan menerapkan pengetahuan dalam situasi yang baru.

Menunjukkan peningkatan hasil belajar dari waktu ke waktu.

 

Soal 2

Bagaimana cara Ibu/Bapak mengetahui ketika mereka telah berhasil mencapainya?

Jawab :

Penilaian Formatif:

Observasi: Guru dapat mengamati perilaku dan partisipasi peserta didik selama pembelajaran.

Tanya jawab: Guru dapat mengajukan pertanyaan lisan atau tertulis untuk menguji pemahaman peserta didik.

Tugas dan Latihan: Guru dapat memberikan tugas dan latihan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.

Penilaian Sumatif:

Ujian Akhir Semester: Ujian akhir semester digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik secara menyeluruh pada akhir semester.

Proyek: Guru dapat memberikan proyek yang harus dikerjakan oleh peserta didik secara individu atau kelompok untuk menilai kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah dan menerapkan pengetahuan secara kreatif.

 

Soal 3

Apakah perencanaan pembelajaran yang Ibu/Bapak susun sudah mempertimbangkan  tingkat perkembangan, minat, dan kebutuhan khusus peserta didik? Jika iya, jelaskan dan jika tidak, mengapa?

Jawab :

Tingkat Perkembangan:

Setiap peserta didik memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru perlu menyesuaikan materi dan metode pembelajaran dengan tingkat perkembangan peserta didik agar mereka dapat belajar secara optimal.

Minat:

Minat peserta didik dapat menjadi motivasi yang kuat untuk belajar. Oleh karena itu, guru perlu memilih materi dan kegiatan pembelajaran yang menarik dan relevan dengan minat peserta didik.

Kebutuhan Khusus:

Peserta didik dengan kebutuhan khusus mungkin memerlukan penyesuaian materi, metode pembelajaran, dan penilaian agar mereka dapat berpartisipasi penuh dalam proses pembelajaran.

 

Soal 4

Apa yang Ibu/Bapak maknai ketika menyusun perencanaan pembelajaran PJOK jika dimulai dari capaian akhir yang diinginkan?

Jawab:

Mengidentifikasi Capaian Pembelajaran yang Jelas

Menyelaraskan Aktivitas dan Penilaian

Memprioritaskan Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik

Memasukkan Strategi Penilaian

 

Silakan Ibu/Bapak menuliskan jawaban berdasarkan pertanyaan-pertanyaan di atas secara mandiri. Dalam sesi sinkronus nanti, Ibu/Bapak dapat berbagi kepada peserta pelatihan mengenai pendapat yang telah Ibu/Bapak tuliskan. Ibu/Bapak bersama fasilitator juga akan mendiskusikan RPP/Modul Ajar, untuk itu Ibu/Bapak diminta mengunggah RPP/Modul Ajar yang sudah ada atau yang baru disusun sebagai bahan diskusi.

https://youtu.be/dNjh_eH8h9E?si=rFpeLlZ_WCkTb8Ml


Tidak ada komentar:

Posting Komentar