MODUL AJAR PJOK SMA/MA
FASE E KELAS X
Penyusun : Nana Suryana, M.Pd Unit Kerja : SMKN 4 Bandung Kelas X Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
(3 Kali pertemuan). |
Kompetensi Awal: Peserta didik
telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami variasi dan kombinasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan net melalui permainan bola voli sesuai
potensi dan kreativitas yang dimiliki. |
Profil Pelajar Pancasila: Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan pada Fase E adalah
mandiri dan gotong royong
yang ditunjukkan melalui
proses pembelajaran keterampilan gerak permainan net melalui permainan bola
voli. |
|
Sarana Prasarana |
|||
|
|||
|
o
Bola voli atau
bola sejenisnya (bola
terbuat dari plastik, karet, dll). o Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket
atau halaman sekolah). o
Net/rintangan (seutas tali). o
Peluit dan
stopwatch. |
||
Target Peserta Didik |
|||
o Peserta
didik regular/tipikal. |
|||
Jumlah Peserta Didik |
|||
o Maksimal
36 peserta didik. |
|||
Ketersediaan Materi |
|||
o
Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau
yang berpencapaian tinggi
: YA/TIDAK. o Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik
yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK. (Jika memilih YA, maka di dalam pembelajaran disediakan alternatif aktivitas sesuai kebutuhan peserta didik). |
|||
Materi Ajar, Alat, dan Bahan
yang Diperlukan |
|||
1. Materi Pokok
Pembelajaran a. Materi Pembelajaran Reguler Memahami fakta,
konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
permainan net melalui permainan bola
voli, diantaranya: 1)
Keterampilan gerak passing bawah, passing bawah,
melambungkan bola dan membiarkan
bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan, dan passing
bawah melalui atas
net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan. 2)
Keterampilan gerak passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola, passing atas dengan melambungkan
dan menangkap bola dilakukan di tempat, sambil berjalan (maju-mundur dan menyamping), dan passing
atas dengan melambungkan dan menangkap bola sambil
berjalan maju dan mundur. |
|||
3)
Keterampilan gerak passing bawah dan passing
atas secara perorangan atau berkelompok, passing atas dan bawah bergerak maju,
mundur, dan menyamping diawali
dengan melambungkan bola oleh teman dari depan, passing atas dan bawah
menggunakan dua bola diawali dengan melambungkan bola oleh teman, passing
atas dan bawah secara langsung dalam formasi lingkaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman yang
berada ditengah-tengah lingkaran 4)
Keterampilan gerak servis
bawah, memukul-mukul bola ke lantai
dengan telapak tangan rapat,
dan servis bawah melalui atas net atau tali yang dipasang melintang dari jarak 3 meter
(garis serang). 5)
Keterampilan gerak servis
atas, memukul bola ke depan
bawah secara berpasangan, memukul bola melewati atas net/tali dalam formasi berbanjar. 6)
Konsep peraturan permainan dan modifikasi
aktivitas permainan bola voli, serta mempraktikkan bermain bola voli dengan berbagai modifikasi. b. Materi Pembelajaran Remidial Materi pembelajaran untuk remedial sama dengan materi
reguler. Akan tetapi
penekanan materinya hanya
pada materi yang belum dikuasai (berdasarkan identifikasi)
yang akan dipelajari peserta didik kembali. Materi dapat dimodifikasi dengan
menambah jarak, pengulangan, intensitas, dan kesempatan/frekuensi melakukan bagi peserta didik. Setelah
dilakukan identifikasi kelemahan peserta didik, guru dapat mengubah strategi dengan memasangkan peserta
didik dan belajar dalam kelompok
agar bisa saling membantu, serta berbagai strategi lain sesuai kebutuhan peserta didik. c. Materi Pembelajaran Pengayaan Materi pembelajaran untuk pengayaan sama dengan regular. Materi dapat dikembangkan dengan meningkatkan kompleksitas materi, mengubah lingkungan permainan, dan mengubah jumlah pemain di dalam permainan yang dimodifikasi.
2. Media Pembelajaran a. Peserta didik
sebagai model atau
guru yang memperagakan aktivitas keterampilan gerak
passing bawah, passing
atas, servis bawah, dan servis
atas permainan bola voli. b. Gambar yang terdapat dalam
buku teks pelajaran PJOK aktivitas keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, dan servis atas permainan bola voli. c. Video pembelajaran aktivitas keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, dan
servis atas permainan bola voli. 3. Alat dan Bahan Pembelajaran a. Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket
atau halaman sekolah). b. Bola voli atau bola sejenisnya (bola
terbuat dari plastik, karet, dll). c. Net/rintangan (seutas
tali). d. Gambar dan
vidio pembelajaran permainan bola voli. e. Peluit dan stopwatch. f.
Lembar Kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas
gerak. |
Moda Pembelajaran |
o
Guru memilih moda pembelajaran yang diinginkaan sesuai
dengan kebutuhan dan lingkungan
belajar yang ada, seperti: moda daring, luring, atau paduan antara tatap muka dan PJJ (blended learning). Pada modul ini menggunakan moda luring. |
Pengaturan Pembelajaran |
|
Pengaturan
Peserta Didik: o
Individu o
Berpasangan o
Berkelompok o
Klasikal (Guru dapat
mengatur sesuai dengan
jumlah peserta didik
di setiap kelasnya serta formasi yang
diinginkan). |
Metode: o
Diskusi o
Demonstrasi o
Simulasi o
Resiprokal (Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa metode yang
diinginkan). |
Asesmen Pembelajaran |
|
Menilai Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran: o
Asesmen individu o
Asesmen berpasangan |
Jenis Asesmen: o
Pengetahuan (lisan
dan tertulis). o
Keterampilan (praktik dan kinerja). o
Sikap (mandiri dan gotong royong). o
Portopolio. (Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa asesmen yang sesuai). |
Tujuan Pembelajaran |
|
Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan menganalisis keterampilan gerak dan fungsional
permainan dan olahraga (passing bawah,
passing atas, servis bawah, dan servis atas) permainan
bola voli sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan meregulasi dan menginternalisasi
nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi
yang dihadapi, dan meregulasi diri,
serta dapat menerapkan pola perilaku hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Pemahaman Bermakna |
|
Setelah peserta
didik melakukan pembelajaran aktivitas keterampilan gerak permainan bola voli,
manfaat apakah yang dirasakan olehnya? Dapatkah pengalaman pembelajaran ini diterapkan ke dalam
kehidupan sehari-hari? |
|
Pertanyaan Pemantik |
|
Mengapa
peserta didik perlu
memahami dan menguasai keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis
bawah, dan servis
atas permainan bola
voli? |
|
Prosedur Kegiatan Pembelajaran |
|
1. Persiapan mengajar Hal-hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara
lain sebagai berikut: a. Membaca kembali Modul Ajar yang telah
dipersiapkan guru sebelumnya. b. Membaca kembali
buku-buku sumber yang
berkaitan dengan permainan bola voli. c. Menyiapkan alat
pembelajaran, diantaranya: |
1)
Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket
atau halaman sekolah).
2)
Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet,
dll).
3)
Net/rintangan (seutas tali).
4)
Gambar dan vidio pembelajaran permainan
bola voli.
5)
Peluit dan
stopwatch.
6)
Lembar Kerja (student work sheet) yang berisi
perintah dan indikator tugas gerak.
2. Kegiatan Pengajaran
Langkah-langkah kegiatan
pengajaran antara lain sebagai berikut:
a. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
menyiapkan barisan di lapangan sekolah
dan mengucapkan salam
atau selamat pagi kepada
peserta didik.
2)
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
memimpin doa, dan peserta didik berdoa
sesuai dengan agamanya masing-masing.
3)
Guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam
keadaan sehat, bila ada peserta didik
yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas.
4)
Guru memotivasi peserta
didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat olahraga
bagi kesehatan dan kebugaran.
5)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, dengan cara
tanya jawab.
6)
Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai
peserta didik setelah
proses pembelajaran (seperti
yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi) disertai
dengan penjelasan manfaat dari kegiatan bermain bola voli: misalnya bahwa bermain bola voli adalah salah satu
aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi cabang olahraga bola voli.
7)
Guru menyampaikan cakupan
materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas keterampilan gerak dan fungsional
permainan dan olahraga (passing bawah,
passing
atas, servis bawah, dan
servis atas) permainan bola voli.
8)
Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi
aktivitas keterampilan gerak permainan bola voli, baik kompetensi sikap (profil Pelajar
Pancasila) dengan observasi
dalam bentuk jurnal,
yaitu pengembangan nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri,
kompetensi pengetahuan: menganalisis keterampilan gerak (passing
bawah, passing atas, servis
bawah, dan servis atas) permainan bola voli menggunakan
tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan yaitu: mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak (passing bawah, passing atas, servis bawah, dan servis atas) permainan bola voli, serta bermain bola voli dalam bentuk
yang sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi dengan menekankan pada pengembangan nilai- nilai karakter antara lain:
gotong royong dan mandiri.
9)
Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta didik
terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan
dengan perasaan yang menyenangkan. Pemanasan
dalam bentuk game. Nama
permainannya adalah permainan kucing-tikus:
a)
Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok besar
(peserta didik putera dan puteri
dibagi sama banyak). Kalau jumlah peserta didik 36 orang, maka satu kelompok
terdiri dari 9 peserta
didik.
b)
Cara bermain: (1) Masing-masing kelompok peserta didik membentuk lingkaran,
(2) Salah seorang peserta didik bertugas sebagai tikus dan peserta
didik yang lain sebagai kucing,
(3) Bola dioperkan
dan ditangkap oleh peserta didik yang menjadi
kucing, (4) Kemudian
peserta didik yang menjadi tikus
berusaha
merebut/meraih bola tersebut. Apabila bola tersebut dapat
direbut/diraih oleh peserta didik
yang sebagai tikus, maka tugasnya berganti sebagai kucing. Begitu juga sebaliknya.
c)
Berdasarkan pengamatan guru pada game, dipilih sejumlah peserta didik
yang dianggap cukup mampu untuk menjadi tutor bagi temannya
dalam aktivitas berikutnya. Mereka akan mendapat anggota
kelompok dari peserta didik yang tersisa
dengan cara berhitung sampai angka sejumlah peserta didik yang terpilih (misalnya 9 orang). Maka jika terdapat 36
peserta didik, setiap kelompok akan memiliki anggota
9 orang.
d)
Dalam pembelajaran ini disamping dapat mengembangkan
elemen keterampilan gerak dan pengetahuan gerak, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan
nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada eleman Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan
menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti:
berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi, dan meregulasi diri, serta
dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran inti dengan
prosedur sebagai berikut:
Aktivitas 1
Passing
bola voli adalah usaha yang dilakukan oleh suatu pemain untuk mengoper bola ke teman timnya untuk dimainkan di daerah sendiri.
Passing bawah merupakan gerakan
untuk mengoper bola ke teman yang dilakukan dengan kedua tangan dikepal
dan dipukul dari bawah
ke atas. Perkenaan bola di tangan
ada di bagian pergelangan tangan.
Hasil bola dari passing
ini adalah melambung.
Bentuk-bentuk aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak passing bawah antara lain sebagai
berikut:
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
passing bawah permainan bola voli
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak passing bawah
permainan bola voli.
Cara melakukannya:
(1)
Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di
bagian depan.
(2)
Rapatkan dan luruskan
kedua lengan did epan badan hingga kedua ibu jari
sejajar.
(3)
Pandangan ke arah datangnya
bola.
(4)
Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai.
(5)
Usahakan arah datangnya
bola tepat di tengah-tengah badan.
(6)
Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan.
(7)
Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai, pinggul
dan lutut naik serta kedua
lengan lurus, dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
passing bawah dengan melambungkan
bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan permainan bola voli
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan
tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak passing bawah
dengan melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan permainan bola voli.
Cara melakukannya:
(1)
Passing bawah dengan melambungkan bola dan
membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan
dan diluruskan.
(2)
Lakukan gerakan sambil
berjalan maju, mundur,
dan menyamping.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing bawah
melalui atas net/tali
yang dipasang melintang
secara berpasangan permainan
bola voli
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan
tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak passing bawah
melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan
permainan bola voli.
Cara melakukannya:
(1)
Melakukan passing bawah
melalui atas net/tali yang dipasang
melintang secara berpasangan atau formasi berbanjar ke
belakang.
(2) Bola dilambung teman dilanjutkan dengan passing langsung (bola tanpa dilambung teman),
yang telah melakukan gerak melambung pindah
tempat.
|
|
|
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada
lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait
penjelasan dan gambar
gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Aktivitas 2
Passing atas atau disebut
set up adalah usaha
pemain untuk mengoper bola yang dilakukan saat bola di atas kepala
dengan menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Passing atas, merupakan teknik untuk mengoper bola ke teman
yang dilakukan dengan kedua tangan
tepatnya mengenai jari-jari tangan. Passing ini sangat baik untuk mengoper sebagai
umpan smash. Hasil bola
dari passing ini adalah
melambung ke atas. Bentuk-bentuk
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing
atas antara lain sebagai berikut:
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak passing atas dengan
melambungkan dan menangkap bola permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu,
kedua lutut direndahkan hingga
berat badan bertumpu pada
ujung kaki bagian depan. (2)
Posisi lengan di depan badan
dengan kedua telapak
tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti
mangkuk di depan
atas muka (wajah). (3)
Dorongkan kedua lengan
menyongsong arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat. (4)
Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas wajah. (5)
Perkenaan bola yang baik
adalah tepat mengenai jari-jari tangan. (6)
Gerakan akhir:
Tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut
naik serta kedua lengan lurus, dan pandangan mengikuti arah gerakan bola. |
|
|
|
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak passing atas dengan
melambungkan dan menangkap bola dilakukan di tempat, sambil berjalan (maju-mundur dan menyamping) permainan bola
voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing atas dengan melambungkan
dan menangkap bola dilakukan di tempat, sambil berjalan (maju- mundur dan menyamping) permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Melambungkan dan menangkap bola kembali dengan
sikap jari-jari tangan membentuk sikap
passing atas. (2)
Pembelajaran dilakukan di tempat, sambil
berjalan (maju-mundur, dan menyamping), dilakukan secara perorangan atau kelompok.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak passing atas dengan
melambungkan dan menangkap bola sambil berjalan maju dan mundur permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola sambil berjalan maju dan mundur
permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Melakukan passing
atas yang dilambungkan teman (berpasangan/ berkelompok) sambil berjalan maju
dan mundur. (2)
Pembelajaran dilanjutkan dengan gerak menyamping,
yang melambung dan passing bergantian. |
|
|
|
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba
mempraktikkan tugas pada
lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait
penjelasan dan gambar
gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Aktivitas 3
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak passing bawah dan passing
atas secara perorangan atau berkelompok permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing bawah dan passing
atas secara perorangan atau berkelompok permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Aktivitas pembelajaran dilakukan secara perorangan atau
berkelompok. (2)
Pembelajaran dimulai dengan melakukan passing atas tegak lurus setelah bola turun lakukan pula passing bawah, dan setelah bola
naik/melambung ke atas, lakukan lagi passing atas, dan
seterusnya. (3)
Aktivitas pembelajaran pertama mempassing bola dilakukan di tempat, dan kemudian dilakukan sambil berjalan.
|
2)
Materi 2:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak passing
atas dan bawah bergerak maju, mundur, dan menyamping diawali dengan melambungkan bola oleh teman dari
depan permainan bola voli
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan
tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak passing atas
dan bawah bergerak maju,
mundur, dan menyamping diawali dengan melambungkan bola oleh teman dari
depan permainan bola voli.
Cara melakukannya:
(1)
Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman dari depan.
(2)
Pembelajaran dilakukan secara
berpasangan atau berkelompok.
(3)
Lakukan aktivitas pembelajaran ini 5 – 10 menit.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
passing atas dan bawah bergerak maju,
mundur, dan menyamping diawali dengan
melambungkan bola oleh teman dari depan permainan bola voli
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan
tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta mempraktikkan aktivitas
keterampilan gerak passing atas
dan bawah bergerak maju,
mundur, dan menyamping diawali dengan melambungkan bola oleh teman dari
depan permainan bola voli.
Cara melakukannya:
(1)
Aktivitas pembelajaran diawali
dengan melambungkan bola oleh teman.
(2)
Kemudian dilakukan secara
bergantian dan berpasangan.
(3) Selanjutnya dilakukan di tempat, dilanjutkan maju-mundur dan menyamping.
4)
Materi 4: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak passing atas dan bawah secara
langsung dalam formasi
lingkaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman yang berada ditengah-tengah lingkaran permainan bola
voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan
prosedur serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak
passing atas dan bawah
secara langsung dalam formasi lingkaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman
yang berada ditengah-tengah lingkaran permainan bola voli. Cara melakukannya: (1) Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman yang berada
ditengah-tengah lingkaran. (2)
Setelah melakukan passing bergerak berpindah, dari pinggir
lingkaran berpindah ke tengah
lingkaran. (3)
Kemudian dari tengah
lingkaran berpindah ke pinggir lingkaran.
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan
dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Refleksi: · Lakukan aktivitas aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing
bawah dan passing
atas permainan bola voli. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (asesmen proses) dan
ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk). |
|||||
|
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
|
|||
|
1. |
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing
bawah dan passing atas permainan
bola voli dengan berbagai formasi yang
dilakukan secara berpasangan atau berkelompok. |
|
|
|
|
2. |
Menunjukkan
nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong royong dalam proses pembelajaran keterampilan gerak passing
bawah dan passing atas permainan bola voli. |
|
|
|
|||||
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
passing bawah dan passing atas
permainan bola voli, peserta didik diminta untuk merasakan otot- otot apa saja yang dapat teregang dan
berkontraksi. Peserta didik diminta menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara
memperbaiki-nya dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak passing bawah
dan passing atas permainan bola voli. Kemudian laporkan
hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Catatan: · Bagi peserta
didik yang belum
mampu mencapai batas
kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak passing bawah
dan passing atas permainan bola voli yang ditentukan oleh guru, maka minta remidial. ·
Bagi peserta didik yang mampu
mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing bawah dan passing atas permainan
bola voli yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan pembelajaran pada materi yang lebih komplek dan bervariasi dalam bentuk pengayaan.
Lembar Refleksi Diri (Sikap)
1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
contreng (√) pada kolom “Ya” jika sikap
yang ada dalam
pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak”
jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau
Kurang Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi.
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
||||||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
||||||
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis |
sesuai |
|
|
||||||
|
kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
|
||||||||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai |
serta |
|
|
||||||
|
memprediksi tantangan yang dihadapi. |
|
||||||||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi |
untuk |
|
|
||||||
|
mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
|
||||||||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
|||||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri |
|
|
|||||||
|
dalam mencapai tujuan. |
|||||||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai |
|
|
|||||||
|
tujuan yang telah direncanakannya. |
|||||||||
|
7. |
Saya membuat tugas baru
dan
keyakinan baru
dalam melaksanakannya. |
|
|
|
||||||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|
|
||||||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain secara efektif. |
|
|
||||||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling
membantu. |
|
|
||||||||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
|
|
||||||||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|
|
||||||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang
lain menampilkan reaksi tertentu. |
|
|
||||||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
||||||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||||||||
Jika lebih
dari 10 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih
dari 8 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih dari
6 pernyataan terisi “Ya” |
|||||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan
Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada kolom “Ya”
jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum
sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|||||||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||||||
|
1. |
Saya telah dapat menjelaskan pengertian keterampilan gerak passing bawah dan
passing atas permainan bola voli dengan benar. |
|
|
|
||||||
|
2. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak passing bawah dan passing
atas permainan bola
voli dengan lengkap. |
|
|
|
||||||
|
3. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak passing bawah dan passing atas permainan bola voli dengan lengkap
dan benar. |
|
|
|
||||||
|
4. |
Saya telah dapat
memeragakan keterampilan gerak
passing bawah dan passing
atas permainan bola
voli secara terkontrol. |
|
|
|
||||||
|
5. |
Saya telah dapat menjelaskan pengertian keterampilan gerak passing bawah dan
passing atas permainan bola voli dengan benar. |
|
|
|
||||||
|
6. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak passing bawah dan passing
atas permainan bola
voli dengan lengkap. |
|
|
|
||||||
|
7. |
Saya telah dapat
merinci cara melakukan keterampilan gerak passing bawah dan passing
atas permainan bola
voli dengan lengkap
dan benar. |
|
|
|
||
|
8. |
Saya telah dapat
memeragakan keterampilan gerak
passing bawah dan passing atas permainan bola voli
dengan lengkap secara
terkontrol. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 6 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
Aktivitas 3
Setelah peserta didik
melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing bawah dan passing atas permainan bola voli, dilanjutkan dengan mempelajari
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak servis bawah
dan servis atas permainan bola voli. Servis merupakan teknik dasar untuk memulai
permainan bola voli. Selain itu, servis juga
ikut menentukan suatu regu untuk memenangkan permainan atau
pertandingan, karena suatu regu
hanya akan mendapatkan angka apabila servisnya tidak
gagal. Servis tangan bawah adalah servis yang sangat sederhana dan
diajarkan terutama untuk pemain
pemula. Servis tangan bawah adalah cara servis dengan mengayunkan lengan dari arah
bawah kemudian memukul
bola dengan genggaman tangan. Gerakannya lebih
alamiah dan tenaga
yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bentuk-bentuk aktivitas keterampilan gerak servis bawah
permainan bola voli, antara lain sebagai berikut:
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak servis bawah permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak servis bawah
permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Berdiri dengan kedua
kaki dalam posisi
melangkah. (2) Berat badan
bertumpu pada kedua
kaki dan sikap
badan agak condong
ke depan. (3)
Pegang bola setinggi pinggang atau lebih
rendah di depan
badan. (4)
Jari-jari yang akan digunakan memukul (servis) dirapatkan. (5)
Ayunkan lengan yang digunakan memukul bola ke
belakang bersama berat badan dipindahkan ke belakang (6)
Ayunkan kembali lengan
yang digunakan memukul
bola ke depan
bersamaan berat badan
dipindahkan pada kaki depan dan bola sedikit
dilambungkan. (7)
Pukul bola dengan telapak tangan pada bagian tengah
belakang saat pada posisi setinggi pinggang. (8)
Gerakan akhir, yaitu: ikuti gerakan badan ke depan
dengan melangkahkan kaki belakang ke depan. |
|
||||||
|
|
|
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak memukul-mukul bola ke lantai dengan telapak tangan rapat
permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memukul-mukul bola ke
lantai dengan telapak tangan
rapat permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Memukul-mukul bola
ke lantai dengan telapak tangan
rapat. (2)
Pembelajaran dilakukan di tempat dilanjutkan
dengan gerak maju-mundur dan menyamping, perorangan/kelompok.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak servis bawah melalui atas net atau tali yang dipasang melintang
dari jarak 3 meter (garis
serang) permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak servis bawah melalui atas net atau tali yang dipasang
melintang dari jarak 3 meter (garis
serang) permainan bola
voli. Cara melakukannya: (1)
Melakaukan servis bawah
melalui atas net
atau tali yang dipasang melintang, pertama dari jarak 3 meter (garis serang). (2)
Kedua dari jarak 6 meter dan terakhir
dari belakang garis
lapangan. (3)
Pembelajaran dilakukan secara
berkelompok. |
|
|
|
b)
Peserta didik menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait penjelasan dan gambar gerakan
dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Aktivitas 4
Servis tangan atas
adalah tindakan memukul bola dengan cara melemparkan bola ke atas lalu memukulnya dengan mengayukan tanga
dari atas sambil diikuti dengan lompatan untuk
memaksimalkan tenaga dan pukulan sehingga bola melucur dengan cepat mengenai lapangan tim lawan. Servis atas (floating service) adalah jenis servis
dimana jalannya bola tidak
mengandung putaran (bola bergerak mengapung atau mengambang). Saat ini servis atas
sangat populer, jika
dibandingkan dengan servis
yang lainnya.
1)
Materi 1: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak servis atas permainan
bola voli a)
Guru membagikan lembar kerja
yang berisikan tentang
fakta, konsep, dan prosedur
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak servis atas permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Berdiri tegak. (2)
Kedua kaki sikap
melangkah (kaki kiri
di depan, kanan
di belakang). (3)
Tangan kiri memegang bola di depan
badan. (4)
Pandangan ke
arah bola (depan). (5)
Lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, (6)
Lentingkan badan ke belakang. (7) Bersamaan dengan
gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang
dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan. (8) Gerakan akhir,
berat badan dibawa
ke depan dengan
melangkahkan kaki belakang (kanan) ke depan,
dan pandangan mengikuti arah gerakan bola. |
|
|
|
2)
Materi 2: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak memukul bola ke depan bawah secara
berpasangan permainan bola
voli a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memukul bola ke depan
bawah secara berpasangan
permainan bola voli. Cara melakukannya: (1) Dilakukan berkelompok dan berhadapan, ada kelompok servis
dan penerima servis dengan passing bawah. (2)
Bola dipukul servis
mengarah pada penerima servis. (3)
Setelah melakukan gerakan, pindah tempat.
3)
Materi 3: Fakta, konsep, dan prosedur,
serta mempraktikkan aktivitas keterampilan
gerak memukul bola melewati atas net/tali dalam formasi berbanjar
permainan bola voli a)
Guru membagikan lembar
kerja yang berisikan tentang fakta, konsep,
dan prosedur serta
mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak memukul bola melewati atas
net/tali dalam formasi berbanjar permainan bola voli. Cara melakukannya: (1)
Dilakukan berpasangan atau kelompok, bila dilakukan dalam
formasi berbanjar, yang sudah melakukan pukulan servis dan menerima servis
(dengan passing
atas/bawah), bergerak berpindah tempat. (2)
Berdiri sikap melangkah menghadap net/tali. (3)
Lambungkan bola dengan
tangan kiri dan pukul dengan
tangan kanan melewati atas net/tali. (4)
Bila memukul bola sudah dilakukan dari garis
serang lapangan, pindah ke belakang garis
lapangan untuk siap memukul lagi dan sebaliknya. |
|
|
|
b)
Peserta didik
menerima, mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar tugas. c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. d)
Melakukan klarifikasi terkait
penjelasan dan gambar
gerakan dengan peragaan jika diperlukan. e)
Guru melakukan asesmen
dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Refleksi: ·
Lakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak servis bawah
dan servis atas permainan bola voli. Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan
(asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli,
peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan- kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara
memperbaikinya dalam melakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli. Kemudian laporkan hasil capaian
belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada
guru. |
Catatan: ·
Bagi peserta didik yang belum mampu
mencapai batas kompetensi dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli yang ditentukan oleh guru, maka minta
remidial. · Bagi peserta didik
yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran
keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan
pembelajaran pada materi yang
lebih komplek dan bervariasi dalam bentuk pengayaan.
Lembar Refleksi Diri (Sikap)
1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
contreng (√) pada kolom “Ya” jika sikap
yang ada dalam
pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak”
jika belum sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik,
atau Kurang Baik sesuai
jumlah “Ya” yang
terisi.
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Saya membuat target asesmen yang realistis sesuai |
|
|
|
|
kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
|||
2. |
Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta |
|
|
|
|
memprediksi tantangan yang dihadapi. |
|||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah dan strategi untuk |
|
|
|
|
mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
|||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
|
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri |
|
|
|
|
dalam mencapai tujuan. |
|||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai |
|
|
|
|
tujuan yang telah direncanakannya. |
|||
7. |
Saya membuat tugas baru
dan
keyakinan baru
dalam |
|
|
|
|
melaksanakannya. |
|||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang |
|
|
|
|
lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
|||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain |
|
|
|
|
secara efektif. |
|||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan |
|
|
|
|
kekurangannya dapat saling
membantu. |
|||
11. |
Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam |
|
|
|
|
kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
|||
12. |
Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan |
|
|
|
|
tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
|||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan |
|
|
|
|
orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
|
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan berharga kepada masyarakat. |
|
|
|
||||||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||||||||||
Jika lebih
dari 10 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih
dari 8 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika lebih dari
6 pernyataan terisi “Ya” |
|||||||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan
Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada kolom “Ya”
jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum
sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|||||||||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||||||||
|
1. |
Saya telah dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak servis bawah dan servis
atas permainan bola voli dengan benar. |
|
|
|
||||||||
|
2. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli dengan lengkap. |
|
|
|
||||||||
|
3. |
Saya telah
dapat merinci cara
melakukan keterampilan gerak
servis bawah dan servis atas permainan bola voli dengan
lengkap dan benar. |
|
|
|
||||||||
|
4. |
Saya telah dapat memeragakan keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli secara terkontrol. |
|
|
|
||||||||
|
5. |
Saya telah dapat
menjelaskan pengertian keterampilan gerak servis bawah dan servis
atas permainan bola voli dengan benar. |
|
|
|
||||||||
|
6. |
Saya telah dapat
menyebutkan berbagai jenis
keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli dengan lengkap. |
|
|
|
||||||||
|
7. |
Saya telah
dapat merinci cara
melakukan keterampilan gerak
servis bawah dan servis atas
permainan bola voli dengan lengkap
dengan lengkap dan benar. |
|
|
|
||||||||
|
8. |
Saya telah dapat memeragakan keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli dengan
lengkap secara terkontrol. |
|
|
|
||||||||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||||||||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 6 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 4 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||||||||
|
|
||||||||||||
Aktivitas 5
Setelah
peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak servis bawah dan servis atas permainan bola voli,
dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas bermain bola voli dengan
menggunakan peraturan dimodifikasi.
Tujuan
bermain bola voli menggunakan peraturan dimodifikasi adalah memperagakan gerak spesifik dan taktik memainkan bola
di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Variasi rangkaian pembelajaran mengandung empat unsur dasar antara lain: passing
bawah, passing atas, servis, smash dan blocking.
Pembelajaran dimulai dengan gerakan-gerakan yang sederhana.
Kemudian dilanjutkan dengan
bentuk-bentuk yang lebih rumit dan berakhir pada penerapan keterampilan gerak yang dipelajari dalam jenis permainan dari rangkaian permainan yang sesuai.
1)
Materi: konsep peraturan permainan dan
modifikasi aktivitas permainan bola voli, serta mempraktikkan bermain bola voli
dengan berbagai modifikasi
a)
Guru membagikan lembar kerja yang berisikan tentang
konsep peraturan permainan dan modifikasi aktivitas
permainan bola voli, serta mempraktikkan bermain bola voli dengan
berbagai modifikasi.
(1)
Pemain 1 melakukan
servis ke pemain
2.
(2)
Pemain 2 menahan
bola dengan passing bawah ke
pemain 3.
(3)
Pemain 3 mengumpan
bola pada pemain 4 dengan passing atas.
(4)
Pemain 4 melakukan
pukulan smash yang didepannya pemain 5.
(5)
Setiap pemain yang telah melakukan
teknik gerak, berpindah
tempat, yakni:
(a) Pemain 1 pindah ke posisi 5
(b) Pemain 2 pindah ke posisi 3
(c) Pemain 3 pindah ke posisi 4
(d) Pemain 4 pindah ke posisi 2
(e) Pemain 5 pindah ke posisi 1
b)
Peserta didik menerima,
mempelajari, dan mencoba mempraktikkan tugas pada lembar
tugas.
c)
Guru melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
d)
Melakukan klarifikasi terkait
penjelasan dan gambar gerakan dengan
peragaan jika diperlukan.
e)
Guru melakukan asesmen
dan umpan balik
selama proses pembelajaran berlangsung.
Refleksi:
· Lakukan aktivitas
pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi. Unsur-unsur yang dinilai
adalah kesempurnaan melakukan
gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Hasil Refleksi |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
||
1. |
Aktivitas pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi. |
|
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila pada elemen mandiri dan gotong royong
dalam proses pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi. |
|
|
Setelah
peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi, peserta didik
diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas
pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
Kemudian laporkan hasil capaian
belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Catatan:
· Bagi peserta
didik yang belum mampu mencapai
batas kompetensi dalam melakukan
aktivitas pembelajaran bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi yang ditentukan oleh guru, maka minta remidial.
· Bagi
peserta didik yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran bermain
bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi
yang ditentukan oleh guru, maka lanjutkan pembelajaran pada materi yang lebih komplek dengan menggunakan peraturan yang
sesungguhnya dalam bentuk
pengayaan.
Lembar Refleksi
Diri (Sikap)
1. Isikan identitas Kalian.
2.
Berikan tanda contreng
(√) pada kolom “Ya” jika sikap yang ada dalam pernyataan sesuai
dengan sikap Kalian, dan
“Tidak” jika belum sesuai.
3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”.
5. Lingkari kriteria
Sangat Baik, Baik, atau Kurang Baik sesuai
jumlah “Ya” yang terisi.
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|||||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|||||
1. |
Saya |
membuat target asesmen yang realistis |
sesuai |
|
|
||||
|
kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. |
|
|||||||
2. |
Saya |
memonitor kemajuan belajar yang |
dicapai |
serta |
|
|
|||
|
memprediksi tantangan yang dihadapi. |
|
|
||||||
3. |
Saya |
menyusun langkah-langkah dan |
strategi |
untuk |
|
|
|||
|
mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. |
|
|
||||||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
||||||
5. |
Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja
secara mandiri |
|
|
||||||
|
dalam mencapai tujuan. |
||||||||
6. |
Saya berkomitmen dan menjaga
konsistensi dalam mencapai |
|
|
||||||
|
tujuan yang telah direncanakannya. |
||||||||
7. |
Saya |
membuat tugas baru dan
keyakinan baru |
dalam |
|
|
||||
|
melaksanakannya. |
|
|||||||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri
dengan tindakan orang |
|
|
||||||
|
lain untuk melaksanakan tujuan
kelompok. |
||||||||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh
orang lain |
|
|
||||||
|
secara efektif. |
||||||||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan |
|
|
||||||
|
kekurangannya dapat saling
membantu. |
||||||||
11. |
Saya |
membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam |
|
|
|||||
|
kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. |
||||||||
12. |
Saya |
tanggap terhadap lingkungan sosial
sesuai dengan |
|
|
|||||
|
tuntutan peran sosialnya di masyarakat. |
||||||||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan |
|
|
||||||
|
orang lain menampilkan reaksi
tertentu. |
||||||||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap
penting dan |
|
|
||||||
|
berharga kepada masyarakat. |
||||||||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||||||
Jika lebih
dari 10 |
Jika lebih
dari 8 |
Jika lebih dari
6 pernyataan terisi |
|||||||
pernyataan
terisi “Ya” |
pernyataan
terisi “Ya” |
“Ya” |
|||||||
Lembar Refleksi Diri (Pengetahuan dan
Keterampilan) Model Menyontreng 1. Isikan identitas Kalian. 2. Berikan tanda
cek (√) pada kolom “Ya”
jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Siswa, dan “Tidak” jika belum
sesuai. 3. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 4. Hitunglah jumlah
jawaban “Ya”. 5. Lingkari krteria
Sangat Baik, Baik, atau
Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi. |
|||||||||
Nama: ............................ Kelas: ........................ |
|
||||||
|
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
|
||
|
1. |
Saya telah dapat
menjelaskan konsep peraturan permainan dan modifikasi
aktivitas permainan bola
voli, dengan benar. |
|
|
|
||
|
2. |
Saya telah dapat menyebutkan berbagai
konsep peraturan permainan dan modifikasi
aktivitas permainan bola
voli dengan lengkap. |
|
|
|
||
|
3. |
Saya telah dapat merinci cara melakukan aktivitas bermain bola voli dengan berbagai modifikasi dengan lengkap dan benar. |
|
|
|
||
|
4. |
Saya telah dapat
memeragakan bermain bola
voli dengan berbagai modifikasi secara terkontrol. |
|
|
|
||
|
5. |
Saya telah dapat
menunjukkan kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan
dalam bermain bola voli dengan
berbagai modifikasi. |
|
|
|
||
|
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|
|||
|
Jika lebih dari
dan sama dengan 4 pernyataan terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan
terisi “Ya” |
Jika kurang dari 3 pernyataan terisi “Ya” |
|
|||
c. Kegiatan Penutup
(10 menit) 1)
Salah seorang peserta
didik di bawah
bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya. 2)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang
telah dicapai dan belum dicapai sesuai
dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih
sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran. 3)
Guru menginformasikan kepada
peserta didik, kelompok dan peserta didik
yang paling baik
penampilannya selama pembelajaran permainan bola voli. 4)
Guru menugaskan peserta
didik yang terkait
dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk membaca dan membuat
kesimpulan tentang aktivitas keterampilan gerak
passing bawah, passing atas, servis
bawah, dan servis atas dalam permainan bola
voli, hasilnya dijadikan sebagai tugas asesmen penugasan. 5)
Berdoa dipimpin oleh
salah satu peserta didik dan menyampaikan salam. 6)
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan
dengan tertib, dan bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan
ke tempat semula. |
|
||||||
Asesmen |
|||||||
1.
Asesmen Sikap
Asesmen
sikap didasarkan pada hasil refleksi sikap peserta didik dan pengamatan guru dengan menggunakan lembar observasi yang
telah dilakukan pada proses pembelajaran di setiap
aktivitas pembelajaran.
2.
Asesmen Pengetahuan
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
Kriteria Asesmen |
Tes Tulis |
Pilihan ganda dengan 4 opsi |
1. Perhatikan gambar
berikut ini, yang
merupakan keterampilan teknik dasar servis
bawah permainan bola
voli. |
Jawaban benar mendapatkan skor 1
dan salah 0. |
|
|
|
|
Berdasarkan gambar di atas, |
|||
keterampilan teknik dasar servis |
|||
bawah tahapan pelaksaaan |
|||
permainan bola voli tersebut adalah . |
|||
. . . |
|||
A. berdiri dengan kedua
kaki dalam |
|||
posisi melangkah. |
|||
B. pegang bola setinggi pinggang |
|||
atau lebih rendah di depan |
|||
badan. |
|||
C. pukul bola dengan telapak |
|||
tangan saat
pada posisi setinggi |
|||
pinggang. |
|||
D. jari-jari yang akan
digunakan memukul (servis) dirapatkan. |
|||
E. Pukul bola keras-keras dan tangan dibuka lebar |
|||
Kunci: C. pukul bola
dengan telapak |
|||
tangan saat pada posisi setinggi |
|||
pinggang. |
|||
Uraian |
1. Jelaskan urutan
gerakan yang harus |
Mendapatkan skor; 4, jika
seluruh urutan dituliskan dengan benar dan isi
benar. 3, jika
urutan dituliskan salah tetapi isi benar. 2, jika sebagian urutan
dituliskan dengan benar dan sebagian isi benar. 1, jika
urutan dituliskan salah dan
sebagian besar isi salah. |
|
tertutup |
dilakukan oleh smesher/spiker |
||
|
dalam permainan bola
voli. |
||
|
Kunci: |
||
|
1) Berdiri dekat net
dan menghadap |
||
|
net berjarak
kira-kira 60 cm. |
||
|
2) Sikap kedua kaki
dibuka selebar |
||
|
bahu dan kedua lengan
di samping |
||
|
badan. |
||
|
3) Tolakan kedua kaki ke atas |
||
|
bersamaan kedua lengan diayun
ke |
||
|
atas. |
||
|
4) Pukul bola pada bagian atasnya |
||
|
dengan telapak tangan terbuka |
||
|
bersamaan pergelangan tangan |
||
|
diaktifkan. |
||
|
5) Rendahkan kedua lutut
bersamaan |
||
|
kedua lengan ditarik
ke belakang. |
3.
Asesmen Keterampilan
a.
Tes kinerja aktivitas keterampilan gerak passing bawah dan passing atas permainan
bola voli.
1)
Butir Tes
Lakukan aktivitas keterampilan gerak passing bawah dan passing atas
permainan bola voli. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerakan (asesmen proses) dan ketepatan melakukan gerakan (asesmen produk).
2)
Petunjuk Asesmen
Berikan (angka) pada
kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik Asesmen
Keterampilan Gerak
Contoh lembar asesmen proses gerak untuk perorangan (setiap
peserta didik satu lembar asesmen).
Nama : Kelas:
No |
Indikator Esensial |
Uraian Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Posisi dan Sikap Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan Gerak |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
3. |
Posisi dan Sikap Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan mata |
|
|
||
Perolehan/Skor maksimum X 100% = Skor Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
(1)
Sikap awalan melakukan gerakan Skor
3 jika:
(a) ambil posisi
sikap siap normal.
(b) pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan
diturunkan.
(c) tangan dan lengan dalam keadaan terjulur
ke bawah depan dan lurus. Skor
2 jika : hanya dua
kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor 1 jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan Skor
4 jika:
(a) berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar
bahu dan lutut
direndahkan.
(b) rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan.
(c) dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola.
(d) perkenaan bola yang
baik tepat pada pergelangan tangan. Skor 3 jika
: hanya tiga kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor 2 jika :
hanya dua sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar. Skor 1 jika : hanya satu sampai dua
kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan Skor 3 jika:
(a) pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(b) badan sedikit
dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki.
(c) lengan yang mempassing bola berada di depan dengan
posisi badan rileks.
Skor 2 jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor 1 jika
: hanya satu kriteria yang dilakukan
secara benar.
b)
Pengolahan skor Skor maksimum: 10
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/10
c)
Konversi jumlah ulangan
dengan skor
Perolehan Nilai |
Klasifikasi Nilai |
|
Putera |
Puteri |
|
…… > 30 kali |
…… > 25 kali |
Sangat Baik |
22 – 29 kali |
18 – 24 kali |
Baik |
14 – 21 kali |
13 – 17 kali |
Cukup |
……. < 14 kali |
……. < 13 kali |
Kurang |
1.
Pengayaan
Pengayaan diberikan oleh guru terhadap
proses pembelajaran yang dilakukan pada setiap
aktivitas pembelajaran. Pengayaan dilakukan apabila setelah diadakan asesmen pada kompetensi yang telah diajarkan
pada peserta didik pada setiap aktivitas pembelajaran, nilai yang dicapai melampaui kompetensi yang telah ditetapkan oleh guru. Pengayaan dilakukan dengan cara
menaikkan tingkat kesulitan permainan dengan
cara mengubah jumlah pemain, memperketat peraturan, menambah alat yang digunakan, serta menambah tingkat kesulitan tugas keterampilan yang diberikan.
2.
Remidial
Remidial dilakukan oleh guru terintegrasi dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan intervensi yang sesuai dengan
level kompetensi peserta didik dari mana guru mengetahui level kompetensi peserta
didik. Level kompetensi diketahui dari refleksi yang dilakukan setiap kali
pembelajaran. Remedial dilakukan
dengan cara menetapkan atau menurunkan tingkat
kesulitan dalam materi pembelajaran.
1.
Refleksi Peserta Didik
a.
Kesulitan-kesulitan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli.
b.
Kesalahan-kesalahan
apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli.
c.
Bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang peserta didik alami/ temukan dalam melakukan aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli.
2.
Refleksi Guru
Refleksi yang dilakukan oleh guru terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas
pembelajaran. Hasil refleksi
bisa digunakan untuk menentukan perlakuan kepada peserta didik, apakah remedial
atau pengayaan. Remedial
dan pengayaanya di dalam
pembelajaran, tidak terpisah setelah pembelajaran. Hal-hal yang perlu mendapat
perhatian dalam refleksi guru antara
lain:
a.
Apakah kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan
baik?
b.
Kesulitan-kesulitan
apa saja yang
dialami/temukan dalam
proses
aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli.
c.
Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana cara memperbaiki proses
aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli tersebut.
d.
Bagaimana keterlibatan peserta didik dalam proses aktivitas pembelajaran keterampilan gerak permainan bola
voli tersebut.
Tanggal : .................................................................
Lingkup/materi pembelajaran : .................................................................
Nama Siswa : .................................................................
Fase/Kelas : E / X
1. Panduan umum
a. Pastikan Kalian dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti aktivitas pembelajaran.
b. Ikuti gerakan
pemanasan dengan baik, sesuai dengan
instruksi yang diberikan
guru untuk menghindari cidera.
c. Mulailah kegiatan
dengan berdo’a.
d. Selama kegiatan
perhatikan selalu keselamatan diri dan keselamatan bersama.
2. Panduan aktivitas pembelajaran
a. Bersama dengan teman, buatlah
kelompok sejumlah maksimal
9 orang.
b. Lakukan aktivitas
pembelajaran keterampilan gerak permainan bola voli secara berpasangan dengan temanmu satu kelompok.
c.
Perhatikan penjelasan berikut
ini:
Cara bermain aktivitas pembelajaran keterampilan gerak
permainan bola voli antara lain:
1)
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing bawah, passing bawah, melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan, dan passing
bawah melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan.
2)
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola, passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola dilakukan
di tempat, sambil berjalan (maju-mundur dan menyamping), dan passing atas dengan melambungkan dan
menangkap bola sambil berjalan maju dan
mundur.
3)
Aktivitas pembelajaran keterampilan gerak passing bawah dan passing atas secara perorangan atau berkelompok, passing atas dan bawah bergerak maju, mundur, dan menyamping diawali dengan
melambungkan bola oleh teman dari depan, passing atas
dan bawah menggunakan dua bola diawali
dengan melambungkan bola oleh
teman, passing atas dan bawah secara
langsung dalam formasi lingkaran
diawali dengan melambungkan bola oleh teman yang berada ditengah-tengah lingkaran
4)
Aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak servis bawah, memukul-mukul
bola ke lantai dengan telapak tangan
rapat, dan servis bawah melalui atas net atau tali yang dipasang melintang dari jarak 3 meter
(garis serang).
5)
Aktivitas pembelajaran keterampilan
gerak servis atas, memukul bola ke depan bawah
secara berpasangan, memukul bola melewati atas net/tali dalam formasi berbanjar.
6)
Bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
3.
Bahan Bacaan
Peserta Didik
a. Peraturan permainan
bola voli yang standar. Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh
melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber
lainnya.
b. Materi
keterampilan gerak permainan bola voli. Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh
melalui: buku, majalah, koran, internet, atau sumber
lainnya.
4.
Bahan Bacaan Guru
a. Teknik dasar permainan bola voli.
b. Bentuk-bentuk keterampilan gerak permainan bola voli.
c. Bentuk-bentuk permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
Glosarium |
·
Passing bawah merupakan teknik untuk mengoper bola
ke teman yg di lakukan dengan kedua
tangan di kepal dan dipukul dari bawah ke atas. Perkenaan bola di tangan ada
di bagian pergelangan tangan. Hasil
bola dari passing ini adalah melambung. |
·
Passing atas atau disebut
set up adalah usaha pemain
untuk mengoper bola yang dilakukan saat bola di atas kepala
dengan menggunakan kedua
tangan secara bersamaan. ·
Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta
didik, antara peserta didik dengan tenaga
pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar. ·
Permainan bola voli merupakan
suatu cabang olah raga berbentuk memvoli bola di udara bolak-balik diatas jaring/net, dengan maksud menjatuhkan
bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan. ·
Servis adalah pukulan awal
untuk melakukan permainan dan dapat juga dijadikan serangan awal
terhadap lawan. ·
Servis tangan bawah adalah servis
yang sangat sederhana dan diajarkan terutama untuk pemain pemula. Servis tangan bawah adalah cara servis dengan
mengayunkan lengan dari arah bawah kemudian memukul bola dengan
genggaman tangan. ·
Servis tangan atas adalah tindakan memukul bola
dengan cara melemparkan bola ke atas lalu memukulnya dengan
mengayukan tanga dari atas sambil
diikuti dengan lompatan untuk memaksimalkan tenaga dan
pukulan sehingga bola melucur dengan cepat mengenai lapangan tim lawan. ·
Tujuan dari variasi gerakan
tersebut adalah supaya
para pemain mampu
memperkirakan efek gerakan servis, blocking, smash dan passing. Dengan
mengetahui, mengenal, mempelajari
dan menguasai variasi tersebut, akan lebih mudah bagi seorang pemain
untuk berusaha memenangkan pertandingan voli. |
Referensi |
Muhajir. 2017.
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMA/MA Kelas
X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2017. Buku Guru
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk
SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir.
2020. Belajar dan Berlatih Permainan Bola Voli. Bandung: Sahara Multi
Trading. Tim Direktorat SMA. 2017. Panduan Asesmen
oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Direktorat SMA. 2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
Memeriksa dan
Menyetujui, Kepala SMKN 4 BANDUNG |
.Bandung, Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
Dr. Agus Setiawan, S.Pd, M.Si NIP. 196801241998031003 |
Nana Suryana, S.Pd, M.Pd NIP. 197003132008011005 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar